image Ajang Piala Dunia CX (Facebook/UCI Cyclo-cross) Cyclocross: Persilangan Road Bike dan MTB (Facebook/UCI Cyclo-cross) Cyclocross: Persilangan Road Bike dan MTB (Facebook/UCI Cyclo-cross)

Cyclocross: Persilangan Road Bike dan MTB

Text : Adi Supriyatna | Media Source: UCI,Bikeradar | 2 December 2018

uploads/news/2018/12/persilangan-road-bike-dan-49136efe83783dc.jpg

Persilangan Road Bike dan MTB

cyclocross-persilangan-road-bike-2311220f7aed294
cyclocross-persilangan-road-bike-354800212d09709
cyclocross-persilangan-road-bike-399549004d572fe
SPORTKU.COM

Selain nomor MTB, Road Bike, BMX, yang telah populer, dalam olahraga balap sepeda, terdapat sebuah genre lain yang disebut Cyclocross.

Di Indonesia, cyclocross (CX) mungkin belum terlalu populer. Namun geliat CX mulai nampak dengan munculnya komunitas CX maupun lomba bersepeda ini.

Lantas, seperti apa olaharaga balap sepeda yang satu ini?

Dari sejumlah literatur, Cyclocross berawal di Eropa pada awal 1900-an, ketika tentara Perancis, Daniel Gousseau, bersepeda bersama teman-temannya melalui hutan. Karena adanya musim dingin di Eropa, dimana banyak orang yang tetap ingin bersepeda, banyak dari penggemar yang memodifikasi road bike mereka untuk bisa digunakan di medan off road.

Seperti triatlon, CX merupakan campuran dari beberapa upaya atletik, yaitu bersepeda dan berlari. Namun penekanan yang lebih kuat adalah pada keterampilan mengendarai sepeda. CX dilakukan di sebuah lintasan offroad, namun rider menggunakan sepeda yang mirip dengan road bike – dengan drop bar dan ban berukuran 700c.

CX sangat populer di Eropa. Oleh karena itu pula, sejumlah pebalap CX terkenal berasal dari negara di benua tersebut, seperti Belgia, Belanda, Prancis, Italia dan Republik Ceko.

CX banyak dilakukan penggemar sepeda pada musim dingin di Eropa. Lintasan yang berlumpur dan adanya rintangan buatan membuat genre ini menjadi lebih seru untuk dilakukan ataupun dilakukan.

Trek
Sebagian besar event atau lomba CX diadakan di jalur 1km hingga 3km, yang berupa campuran antara jalan aspal, berpasir, tanah, lumpur, area berlari dan terkadang berupa tangga.

Balapan biasanya berlangsung antara 30 menit hingga satu jam - ditambah putaran terakhir. Rintangan buatan biasanya dibuat setinggi 18 inci, yang kadang-kadang memaksa pebalap untuk memikul sepedanya masing-masing. Untuk menghemat waktu, para rider umumnya berlari sambil memikul sepedanya.

Baca juga:
PAULINE FERRAND-PRÉVOT ALAMI CEDERA MISTERIUS DI KAKI

Peralatan
Dengan kondisi medan berlumpur, tingkat aktivitas yang intens, dan banyak turunan, ada kelengkapan yang dirancang khusus untuk CX.

Sepeda balap cyclocross yang ideal adalah 'persilangan' antara road bike dan MTB. Material frame sepeda pun beragam, mulai dari aluminium ringan, karbon, baja atau rangka titanium, yang dilengkapi fork karbon, drop bars (untuk leverage pada tanjakan, dan untuk sprint), shifter yang terintegrasi, ban kasar (offroad) berukuran 700c x 30–38c (1.2–1.5in), gir rantai ganda atau tunggal (lebih kecil dari road bike) dengan pelindung rantai.

Area atau celah untuk lumpur pada frame sepeda adalah hal penting pada sepeda CX. Fork dan segi tiga belakang tetap membutuhkan area untuk lumpur, agar ban tidak tersumbat. Frame dan garpu pun biasanya dibuat lebih tangguh dari pada road bike standar, top tube lebih pendek dan bottom brackets dibuat sedikit lebih tinggi dari road bike.

Penggunaan rem cakram sangat populer untuk balap cyclocross. Tapi beberapa pebalap masih ada yang menggunakan rem linear-tarik (V) atau cantilevers, yang masih menawarkan banyak daya saat disetel ke kanan. Tuas rem atas pada bar (setang) sering ditambahkan untuk mendapatkan kontrol yang lebih baik.

Banyak sepeda CX yang digunakan untuk kemudahan penggunanya, yakni dengan penambahan mudguard (pelindung dari lumpur) dan rack mounts bagi mereka yang kerap kali melakukan perjalanan pulang pergi/bersepeda di akhir pekan.

Sepatu dan pedal
Dengan kondisi medan yang berlumpur, sebagian besar rider CX memilih sistem cleat dan pedal sepeda gunung. Sebab, komponen tersebut dirancang untuk mengatasi kondisi yang kotor dan tetap mampu bekerja. Pilihan yang populer adalah pedal Shimano SPD, Crank Brothers Candy dan Speedplay Syzr.

Demikian pula dengan sepatu. Sepatu MTB adalah pilihan yang populer, karena mereka cenderung memiliki lugs (gigi) dan kadang-kadang paku, yang membantu untuk sepau dapat mencengkram permukaan tanah lebih baik. 

Karena race CX pendek dan tajam, dan terlepas dari fakta bahwa mereka berlangsung di musim dingin, kit bersepeda reguler sebenarnya bisa digunakan. Tetapi dengan adanya medan lumpur, maka jersey yang tertutup sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Kini, CX telah memiliki ajang balapan berseri, yang berlangsung dari September hingga Januari, yang umumnya di belahan bumi utara. Event tersebut biasanya diakhiri dengan Kejuaraan Dunia (World Championships) UCI.

Baca juga:
ROBERT KUBICA PAKAI NOMOR START RIO HARYANTO

Cyclocross: Persilangan Road Bike dan MTB (Facebook/UCI Cyclo-cross)

cyclocross-persilangan-road-bike-354800212d09709.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Media Source : UCI,Bikeradar | 2 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company