image

Mengintip Kesederhanaan Sadio Mane

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Guardian | Editor: Andi Wahyudi | 3 December 2018

SPORTKU.COM

Memiliki mobil mewah Bentley, namuna Sadio Mane masih mau membersihkan toilet mesjid tempat ia beribadah.

Sejak datang ke Liga Primer Inggris pada pada tahun 2014 silam, Sadio Mane telah menjelma sebagai superstar di ajang sepakbola tertinggi daratan Inggris tersebut. Pemain yang berposisi sebagai winger tersebut tak tergantikan sebagai winger di liverpool.

Di musim 2018/2019 kali ini, pemain yang beroperasi di kedua sektor sayap Liverpool itu telah mencetak tujuh gol dari 19 penampilannya di semua kompetisi bersama klub yang berbasis di Anfield Stadium tersebut.

Dengan insting tajamnya dalam mencetak gol serta kemampuan olahbola yang luar biasa menjadikan Mane panutan dan idola banyak orang. Meski demikian pemain berkebangsaan Senegal tersebut dikenal sebagai sosok yang sederhana.

Sebagai contoh saat Mane sukses mencetak gol di mana ia mengantarkan Liverpool menang dengan skor 2-1 melawan Leicester City pada awal September 2018 lalu ia menunjukan rasa syukurnya dengan membersihkan toilet di Masjid Al Rahma, sebuah masjid di kawasan Liverpool.

Bahkan aksi bersih-bersih toilet mesjid yang dilakukan oleh Mane menjadi viral ketika ada orang yang sengaja merekamnya dan mempublikasikan di sosia media. Padahal, pemain berusia 26 tahun itu sejatinya tak ingin apa yang ia perbuat itu diketahui orang banyak.

Apa yang ditunjukan oleh Mane tersebut pun mendapatkan pujian, salah satunya berasal dari Abu Usamah Al-Tahabi yang notabene merupakan imam dari masjid tersebut di mana ia mengatakan bahwa mantan punggawa Southampton itu tak ingin menunjukan bahwa dirinya merupakan seorang pesepakbola populer.

“Sadio sebetulnya meminta agar jangan membagi-bagikan videonya. Dia ingin tetap melakukan semuanya diam-diam dan ia tidak melakukannya untuk publisitas," kata Abu Usamah seperti dikutip dari BBC.

"Dia sering datang ke masjid ini. Di rumahnya dia memiliki (mobil) Bentley - tetapi dia datang ke sini dengan mobil biasa, jadi dia tidak ingin dikenali. Dia bukan orang yang mencari kehebohan. Dia sama sekali tidak congkak," sambungnya.

Kisah kebaikan yang ditunjukan Mane tak hanya berakhir di sini. Sebelumnya, saat final Liga Champions musim 2017/2018 lalu, ia sempat membagikan jersey Liverpool kepada penduduk di tempat kelahirannya di Bambali, Senegal.

baca juga
Paracyclist Jerman Michael Teuber Pecahkan Rekor Jam

Sadio Mane (The Independent)sadio-mane-fox-sports-4797996ba5b9d99.jpg

"Ada 2.000 di desa. Saya membeli 300 kaos Liverpool untuk dikirim ke orang-orang di desa, sehingga para penggemar bisa memakai untuk menonton pertandingan final," ungkap Mane.

Mudah Didekati dan Pemalu

Kepribadian Mane yang santun membuat dirinya pun menjelma sebagai pemain yang paling dicintai oleh penggemar Liverpool. John Gibbons, pembawa acara podcast The Anfield Wrap mengatakan bahwa sosok pemain yang dikenal dengan kecepatan larinya tersebut bukan sosok yang sederhana.

“Dia berbelanja di [supermarket] Asda di Hunts Cross dengan mengenakan pakaian tradisional ketika seorang penggemar memegangi bayi dan meminta berfoto bersamanya," kata Gibbons.

"Mane kemudian berdiri di sana lalu menggendong bayi itu dan tersenyum. Itu faktanya dia hanya di supermarket biasa. Banyak orang yang pernah bertemu dengannya mengatakan dia sangat mudah didekati dan agak pemalu," sambungnya.

Di lapangan, Mane yang sudah menjadi andalan bagi Liverpool sejak tahun 2016 itu enggan dicap sebagai pemain paling penting. Bahkan ia rela berkorban banyak bagi tim. Contohnya ketika Mohamed Salah didatangkan, mantan pemain Red Bull Salzburg itu mau bermain di posisi yang bukan favoritnya.

"Ketika Liverpool menandatanganinya, dia bermain di sayap kanan dan menjadi pemain terbaik di posisi itu musim ini. Kemudian kami menandatangani [Mohamed] Salah dan Sadio pindah ke kiri," kata Gibbons.

"Dia tidak membuat keluhan dan melanjutkannya. Dia diminta untuk melakukan lebih banyak peran tim dan bermain sedikit lebih dalam sementara Salah adalah bintang," sambungnya.

Mane sendiri baru saja menandatangani kontrak baru di Liverpool . Berkat kerja kerasnya sejauh ini, manajemen klub pun memberikan kontrak jangka panjang di mana ia akan tetap berada di sana sapai tahun 2023 mendatang.

"Saya sangat senang, sangat senang memperpanjang waktu saya di Liverpool," ungkap Mane seperti dikutip situs resmi Liverpool.

"Ini adalah hari yang luar biasa bagi saya dan sekarang saya menantikan segalanya - membantu tim, membantu klub mencapai impian kami dan, terutama, untuk memenangkan piala," sambungnya.

Baca Juga :
Sadio Mane: Saya Dijuluki Ronaldinho di Kampung Saya

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Guardian | Editor: Andi Wahyudi | 3 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company