image

Untuk Pertama Kalinya, Penonton Piala Dunia XC Lebih Banyak dari DH

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Piotr Staron | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Pinkbike | 3 December 2018

SPORTKU.COM

Seri Piala Dunia Cross Country (XC) 2018 ternyata lebih banyak menarik minat penonton daripada Downhill (DH). 

Fenomena ini terjadi untuk pertama kalinya. Pihak Red Bull melihat adanya peningkatan jumlah penonton sebanyak 50% di seluruh siaran langsung sepeda gunung (MTB) pada tahun 2018. Tetapi secara keseluruhan, XC mendapatkan pemirsa paling banyak.

Dengan balapan yang lebih pendek dan persaingan yang mendebarkan di sepanjang tahun, tidak mengherankan jika semakin banyak pemirsa yang ingin 'menangkap' aksi tersebut. Jumlah penonton XC telah diuntungkan dari pengenalan seri trek yang pendek tahun ini, yang berarti dua siaran di setiap balapan akhir pekan.

Christoph Tritscher, manajer Red Bull Media House untuk MTB mengatakan, “Saya pikir, ini berkaitan dengan perkembangan olahraga XC pada enam atau tujuh tahun terakhir. Perlombaan menjadi sedikit lebih pendek dan membantu TV. Dan di sisi lain, kami memiliki orang-orang baru yang datang, terutama di sisi wanita. Anda memiliki banyak wanita yang bersaing di level yang tinggi sehingga tahun ini kami memiliki balapan yang memukau.”

Baca juga:
TEAM SKY PERKENALKAN KIT BARU MUSIM 2019

Selain itu, ada rahasia tersembunyi dari kesuksesan XC dalam menyedot perhatian penonton. Bila downhill tumbuh di pasar MTB tradisional, seperti Amerika Utara dan Eropa Barat, XC mencapai pasar baru berkat event Olimpiade.

“Satu pasar yang besar juga adalah Brasil, terutama tahun lalu dengan adanya Olimpiade. Tentu saja, kita tidak bisa mengesampingkan Henrique Avancini yang cukup populer di Brasil. Saya pernah berbicara dengannya berkali-kali tahun ini dan dia memberi tahu saya bahwa dia bukan Neymar. Neymar adalah tingkat yang berbeda, dia lebih dari selebriti yang membumi di Brasil,” jelas Christoph.

Menanggapi hal ini, Martin Whiteley, perwakilan tim untuk Piala Dunia DH, telah meminta Red Bull untuk menyiarkan kualifikasi DH pada tahun depan. Pengulangan tersebut akan menampilkan 60 pebalap putra teratas dan 10 putri teratas saat menjalankan babak kualifikasi dengan urutan terbalik, dengan selisih satu menit, untuk membuat produk yang layak disiarkan. Tapi, hal ini belum dikonfirmasi oleh pihak Red Bull.

"Kami akan memutar 60 rider teratas sehingga nomor 60 turun terlebih dahulu, dan turun ke nomor satu. Akan ada interval satu menit karena pada interval 30detik, Anda dapat memiliki 9 rider di jalur, yang tidak mungkin dilakukan. Dengan celah satu menit, Anda mungkin memiliki tiga atau empat rider di jalur. Tetapi Anda dapat menyeberang ke tempat seseorang (rider) yang mengalami sedikit masalah,” kata Martin.

Siaran langsung adalah hasil undian bagi para sponsor sehingga, melihat kedua seri tersebut berkembang pesat adalah berita besar bagi para olahragawan dan atlet. Banyak kalangan berharap tren ini akan berlanjut pada 2019 dan seterusnya. 

Simak juga:
AKSI MENGAGUMKAN BRANDON SEMENUK

Rider putri yang bersaing di Piala Dunia XC 2018 (Foto: Piotr Staron)

penonton-piala-dunia-xc-5409392554a17e4.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Piotr Staron | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Pinkbike | 3 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company