image

Penyiar TV dan Mantan Pebalap Profesional Paul Sherwen Meninggal Dunia

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingnews | 4 December 2018

SPORTKU.COM

Penyiar TV untuk acara balap sepeda dan mantan pebalap profesional Paul Sherwen meninggal dunia pada Minggu sore lalu.

Paul Sherwen meninggal di usia 62 tahun. Ucapan bela sungkawa pun membanjiri media sosial untuk Sherwen, termasuk dari Phil Liggett, yang menjadi mitranya di bidang penyiaran selama beberapa dekade.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Minggu lalu, stasiun TV NBC mengatakan: "Kami turut bersedih dan menyampaikan bela sungkawa kepada teman dan keluarga Paul Sherwen, yang meninggal pagi ini di rumahnya di Uganda,” ungkap pernyataan NBC.

"Paul identik dengan Tour de France di AS dan akan sangat dirindukan oleh para penggemarnya dan keluarga NBC Sports, yang merasa terhormat untuk menjadi bagian dari Tour yang ke-40 pada Juli lalu. Duka kami bersama istri Paul, Katherine, anak-anak mereka, dan semua dari komunitas bersepeda yang menjadi penggemar Paul Sherwen selama bertahun-tahun bersama olahraga yang dia cintai,” lanjut pernyataan tersebut.

Baca juga:
CYCLOCROSS: PERSILANGAN ROAD BIKE DAN MTB

Sherwen terkenal karena komentarnya, dimulai saat menjadi penyiar TV Inggris, Channel 4, saat masih menjadi pebalap profesional pada 1986. dari sana, dia bermitra dengan sesama penyiar Phil Liggett. Bersama Liggett, ia meliput 33 edisi Tour de France, serta banyak balapan lainnya, mengomentari untuk jaringan NBC Amerika dan SBS di Australia.

Sherwen memulai karir balap sepeda profesionalnya di Prancis, bersama skuad Fiat Raphaël Géminiani pada tahun 1978. Setahun sebelumnya, ia berlomba untuk Athletic Club de Boulougne-Billancourt - tim amatir yang menghasilkan orang-orang, seperti Jacques Anquetil, Bernard Thévenet dan Stephen Roche.

Dia kemudian bergabung dengan La Redoute, berlomba di lima Tour de France, dan tujuh secara total. Sherwen memperoleh reputasi tersendiri saat melalui tahapan gunung berat yang panjang, termasuk etape 11 ke Morzine-Avoriaz pada tahun 1985, sebuah etape yang ia kendarai sendiri selama enam jam setelah kecelakaan di awal race.

Sorotan karir Sherwen lainnya adalah finish ditempat ke-11 pada Milan-San Remo 1980, dan posisi 15 di Paris-Roubaix 1984, serta kemenangan etape di Tour Méditerranéen dan Four Days of Dunkirk.

Keberhasilan terbesar Sherwen sebagai seorang pebalap profesional datang selama dua tahun terakhir dari karir balapnya, di skuat asal Inggris di Raleigh. Di sana, ia memenangkan Kejuaraan Balapan Sirkuit Nasional Inggris (British National Circuit Race Championships) pada 1986 dan Kejuaraan Road Race Nasional Inggris (British National Road Race Championships) pada tahun berikutnya, dengan mengalahkan bos tim JLT-Condor masa depan, John Herety.

Selamat jalan Paul Sherwen! 

Baca juga:
PRAWIRA BANDUNG HENTIKAN DOMINASI BIMA PERKASA JOGJA

Paul Sherwen semasa menjadi pebalap profesional (Foto: Flickr)

paul-sherwen-meninggal-dunia-32103ff56e6b26b.jpg

 

 

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Cyclingnews | 4 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company