image

Fernando Alonso Pakai Mesin Chevrolet di Balapan Indianapolis 500

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 5 December 2018

SPORTKU.COM

McLaren umumkan akan kembali ke balapan Indianapolis 500 pada bulan Mei mendatang bersama pebalapnya, Fernando Alonso.

Pebalap Spanyol itu akan menunggangi mobil dari pabrikan Woking, Inggris yang dibekali mesin Chevrolet dengan spesifikasi 2.2-liter twin turbocharged direct injected V6.

Sebelumnya, pada balapan Indy500 tahun 2017 McLaren masih bermitra dengan pabrikan Jepang, yakni Honda. Namun aliansi itu kemudian berakhir dan McLaren pindah ke unit daya Renault untuk musim ini. Honda pun diketahui tengah bekerja sama dengan Toro Rosso.

Renggangnya ikatan McLaren dan Honda membuat hubungan keduanya sulit untuk kembali akur, terlebih untuk berkolaborasi pada kampanye Indy500 di musim-musim berikutnya. Maka tidak heran jika akhirnya McLaren membuat kesepakatan baru bersama Chevrolet.

"McLaren dan Chevrolet memiliki silsilah yang sama di motorsport Amerika Utara," kata kepala eksekutif McLaren Zak Brown pada hari Selasa (4/12). "Kesempatan untuk menyatukan kembali kedua merek untuk acara spesial ini terlalu bagus untuk dilewatkan."

Ditambahkan, "Seperti McLaren, Chevrolet memiliki balapan di jantungnya. Reputasi perusahaan di balapan ikonik ini adalah peringkat pertama dan mereka akan menjadi mitra yang kuat."

Alonso yang pertama kali balapan Indycar namun berakhir prematur karena kegagalan mesin, sangat senang dengan pengaturan mesin baru di 2019. Ia berharap dapat segera memenangkan kejuaraan tersebut dan menjadi pebalap kedua dalam sejarah yang berhasil meraih penghargaan Triple Crown.

Baca Juga :
MENGENAL ISTILAH "GELAR TRIPLE CROWN" DI DUNIA BALAP MOBIL

Titel tersebut memanglah bukan sebuah gelar resmi yang ada pialanya, namun julukan ini jelas menjadi catatan karir luar biasa bagi pebalap. Mengapa demikian? Karena untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Julukan itu bisa diberikan kepada seorang pebalap yang berhasil meraih tiga gelar juara bergengsi, yaitu GP Monako, Indianapolis 500 dan Le Mans 24 Hours.

Sepanjang sejarah dunia balap mobil, hanya baru satu orang yang berhasil meraih gelar prestisius Triple Crown, yaitu Graham Hill. "Ini akan menjadi hak istimewa untuk memakai Merek Bowtie di Indy 500 2019," kata Alonso. "Memiliki mobil dengan kekuatan Chevrolet membuat kita berada pada posisi terbaik untuk bersaing di depan."

Sementara itu, wakil presiden Chevrolet untuk kendaraan performa dan olahraga motor, Jim Campbell berkomentar, "Sangat menyenangkan untuk bermitra dengan Fernando Alonso dan McLaren untuk 2019 di Indianapolis 500."

"Chevrolet dan McLaren memiliki sejarah balap bertingkat yang dimulai pada pertengahan 1960-an," tambahnya, mengacu pada lebih dari 40 kemenangan bersama dalam kejuaraan Can-Am di awal 1970-an. Campbell juga mengakui bahwa Alonso memiliki bakat mengemudi yang luar biasa, dan gairah untuk memenangkan balapan terbesar di dunia.

"Sebelumnya saya pernah merasakan sedikit kekuatan Chevy pada Jimmie's Nascar, dan saya menyukainya. Kesempatan untuk bersaing di balapan Indy500 adalah suatu kehormatan, jadi saya bangga memiliki Chevrolet sebagai bagian dari tim," pungkas Alonso.

Selain itu, juara dunia F1 dua kali ini juga akan bekerja sama dengan merek General Motors lainnya, yakni Cadillac, untuk sebuah balapan di Daytona pada pertengahan musim mendatang.

Baca Juga :
Fernando Alonso Awali Musim 2019 Dengan Balapan Daytona

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 5 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Pencapaian MBCIRC di Tahun 2018

Pencapaian MBCIRC di Tahun 2018

TOURING
Rinaldo Pertahankan Singgasananya Sebagai Juara

Rinaldo Pertahankan Singgasananya Sebagai Juara

GYMKHANA
Rudi SL Tuntaskan Puasa Gelar

Rudi SL Tuntaskan Puasa Gelar

ETCC
Perjalanan Panjang untuk Juara Nasional

Perjalanan Panjang untuk Juara Nasional

GYMKHANA

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company