image

Mulai Tahun Depan, Zat dan Metode Doping ini "Haram" untuk Para Atlet

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : FIFA | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: WADA | 5 December 2018

SPORTKU.COM

Badan Anti-Doping Dunia (WADA) telah menerbitkan Daftar Zat dan Metode Terlarang 2019.

Ringkasan tersebut terdiri dari Modifikasi Utama dan Catatan Penjelasan 2019 dan Program Pemantauan 2019. Daftar, yang disetujui oleh Komite Eksekutif (ExCo) WADA pada 20 September 2018, bakal berlaku mulai 1 Januari 2019.

Daftar ini, yang merupakan salah satu dari enam Standar Internasional yang bersifat wajib bagi semua Penanda Tangan Kode Anti-Doping Dunia (Code), menunjukkan zat dan metode apa saja yang dilarang, baik di dalam maupun di luar persaingan, dan zat apa yang dilarang pada olahraga tertentu.

Direktur Jenderal WADA Olivier Niggli mengatakan: “WADA dengan senang hati mengumumkan Daftar Terlarang 2019. Diperbarui setiap tahun, ini adalah salah satu pilar program anti-doping global. Setiap tahun, kami meninjau daftar ini disusun melalui konsultasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Sangat penting bagi kita untuk tetap berada di depan mereka yang berusaha untuk menipu sistem sehingga dalam meninjau daftar ini, para ahli meninjau berbagai sumber, seperti penelitian ilmiah dan medis, tren dan intelijen yang dikumpulkan dari aparat penegak hukum dan perusahaan farmasi.”

Daftar ini dirilis tiga bulan sebelum resmi diberlakukan sehingga para atlet dan pendukung mereka dapat mengenali dengan modifikasi apa pun. Pada akhirnya, para atlet bertanggung jawab atas zat-zat yang terdapat di tubuh mereka dan metode-metode dalam yang tertuang dalam daftar.

SIMAK JUGA:
AKSI TIM NORCO FACTORY RACING DI AJANG PIALA DUNIA DH MUSIM 2018

Tim pendukung atlet juga bertanggung jawab atas pelanggaran aturan anti-doping jika ditentukan untuk terlibat. Akibatnya, jika ada keraguan mengenai status suatu zat atau metode, mereka seharusnya menghubungi Organisasi Anti-Doping negara masing-masing (Federasi Internasional atau Organisasi Anti-Doping Nasional) untuk meminta saran.

Proses revisi tahunan daftar doping dipimpin oleh WADA, dimulai dengan pertemuan pada awal bulan Januari dan diakhiri dengan publikasi Daftar pada 1 Oktober lalu.

Ini adalah proses konsultasi ekstensif yang mencakup pengumpulan informasi Kelompok Pakar Kelompok WADA, yang mengedarkan draf daftar di antara pemangku kepentingan, memasukkan pengajuan mereka ke dalam pertimbangan dan merevisi draf, diikuti dengan peninjauan oleh Komite Kesehatan, Medis, dan Penelitian (HMR).

Komite HMR kemudian membuat rekomendasinya kepada ExCo WADA, yang menyetujui daftar doping, selama pertemuan di bulan September.

Untuk substansi atau metode yang akan ditambahkan ke daftar doping, harus memenuhi dua dari tiga kriteria, yaitu memiliki potensi untuk meningkatkan atau meningkatkan performa olahraga, memiliki risiko kesehatan aktual atau potensial bagi para atlet serta melanggar semangat olahraga.

Perlu dicatat, untuk atlet yang memiliki alasan medis yang sah untuk menggunakan substansi terlarang atau metode yang ada dalam daftar doping tersebut, dapat diakomodasi jika mereka memenuhi kriteria yang digariskan dalam Standar Internasional untuk  Penggunaan Terapeutik Pengecualian (ISTUE). Proses TUE mendapat sambutan luar biasa dari para atlet, dokter dan pemangku kepentingan anti-doping di seluruh dunia.

Untuk diketahui, WADA selalu memperbarui daftar obat-obatan dan metode yang dilarah untuk dikonsumsi atau dilakukan para atlet maupung tim pendukungnya. 

Untuk mengetahui daftar zat dan metode terlarang untuk 2019 secara lengkap, terdapat di sini! 

BACA JUGA:
FERNANDO ALONSO PAKAI MESIN CHEVROLET DI BALAPAN INDIANAPOLIS 500

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : FIFA | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : WADA | 5 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Produk Olahraga Nasional Go International

Produk Olahraga Nasional Go International

HOT ISSUE
Pebalap Keroyok Pebalap Hingga Memar

Pebalap Keroyok Pebalap Hingga Memar

HOT ISSUE
Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia

Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia

HOT ISSUE
Pembuatan Lisensi Atlet Balap Sepeda

Pembuatan Lisensi Atlet Balap Sepeda

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company