image

Diduga Langgar FFP, Man. City Terancam Dicoret Dari Liga Champions

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 5 December 2018

SPORTKU.COM

Manchester City saat ini berpotensi mendapat hukuman dilarang tampil di Liga Champions musim depan menyusul pelanggaran Financial Fair Play (FFP).

Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) beberapa tahun terakhir memang sangat tegas dalam memberlakukan aturan FFP. Dan saat ini, jawara Premier League musim lalu, City terancam mendapat sanksi sangat berat akibat sebuah bocoran data dari surat kabar Jerman, Der Spiegel. 

Dalam laporan tersebut Der Spiegel, City dituduh memalsukan sumber pendapatan klub yang diakui dari sponsor. Tetapi, pada laporan itu, banyaknya uang yang masuk ke kantong klub merupakan uang pribadi sang bos, Sheikh Mansour. 

Atas dasar itulah, UEFA kembali melakukan penyelidikan untuk memastikan kebenaran laporan tersebut. Jika terbukti bersalah, hukuman yang diberikan tidak main-main, karena The Citizen akan dilarang berkompetisi di Liga Champions musim depan.

“Kami sedang menilai situasi. Kami memiliki badan independen yang mengerjakan kasus ini. Tentu kalian (jurnalis) akan memiliki jawaban dari masalah ini," jelas Presiden UEFA, Aleksander Ceferin dikutip Soccerway.

Baca Juga:
5 Aksi 'Gila' Suporter Sepak Bola di Dunia

Sebelumnya, City sudah memberi pernyataan resmi yang menganggap laporan itu tidak berdasar. “Sudah jelas upaya untuk merusak reputasi klub diatur dan sangat jelas,” bunyi pernyataan City.

Terkait masalah ini, City sebenarnya sudah mendapat hukuman pada medio 2014 lalu. Saat itu, UEFA menjatuhkan sanksi berupa denda sebesar 50 juta pound atau setara Rp977 miliar.

Kemudian, ketika masalah ini ditanyakan kepada Pep Guardiola selaku pelatih, dia menjawab dengan santai. “UEFA melakukan apa yang harusnya mereka lakukan, jika menemukan sesuatu, klub yang merespon dan saya tahu bagaimana kami akan menyelesaikannya," tegas Pep.

Selain City, sebenarnya ada klub kaya lain yang dicurigai melakukan pelanggaran FFP, yakni Paris Saint-Germain (PSG). Akan tetapi, sampai sekarang penyelidikan yang dilakukan terhadap PSG belum juga terbukti. 

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin

city-uefa-80330226c982bda.jpg

Baca Juga:
Rodalink Buka Outlet ke-40 di Cinere

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 5 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Klub Indonesia Anti Degradasi

Klub Indonesia Anti Degradasi

FOOTBALL
Soal Tudingan Persija Juara Settingan

Soal Tudingan Persija Juara Settingan

FOOTBALL
Ronaldo Sindir Real Madrid

Ronaldo Sindir Real Madrid

FOOTBALL
Persija Berbenah Untuk Musim Depan

Persija Berbenah Untuk Musim Depan

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company