image

BMW Motorrad Indonesia Belum Lirik Balap

Text : Suhartono | Photo / Video : BMW Press - BMW Group, Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 5 December 2018

SPORTKU.COM

Pabrikan sepeda motor BMW sejauh ini memang masih belum terlibat penuh di berbagai ajang balap dunia.

Masih sulit untuk bisa menemukan keberadaan motor-motor balap BMW di kancah balap internasional. Di MotoGP, pabrikan asal Jerman ini juga belum terlibat. Untuk bisa membalap di MotoGP, memang dibutuhkan biaya yang tak sedikit. BMW sampai saat ini baru terjun di World Superbike (WSBK).

Sementara itu, Asia Road Racing Championship (ARRC) yang membuka kelas baru Asia Superbike 1000cc (ASB1000) membuka peluang baru bagi para pabrikan untuk menjajal motor andalan mereka. Tidak menutup kemungkinan pula jika nantinya BMW juga akan terjun langsung di ARRC dengan mengandalkan S1000RR.

"Kalau kita lihat, BMW ini sebenarnya belum pernah partisipasi di event sekelas MotoGP, mungkin di WSBK (World Superbike) ada ya. Jadi sebenarnya kita bisa lihat, genetik dari BMW ini lebih ke arah adventure. Dan sepeda motor 1000cc BMW ini baru develop sejak 2009 atau 2010. Jadi masih sangat baru bagi mereka," ungkap Joe Frans, CEO PT Maxindo Moto BMW Motorrad Indonesia selaku distributor sepeda motor BMW.

"BMW juga baru saja selesai develop untuk generasi keempat BMW S1000RR. Jadi sebenarnya kalau saya lihat mereka tidak terlalu fokus ke balap atau superbike. Tapi dengan segala teknologi yang sekarang mereka sudah aplikasikan ke dalam motor, sudah bisa dibilang teknologinya sudah cukup advance sebenarnya."

Baca Juga
Bintangs Siapkan Event Festival Otomotif Tangsel

"Sehingga yang namanya motor 1000cc 4 silinder itu bisa dikendarai dengan nyaman, bahkan untuk harian. Dan salah satu kendaraan tersebut sekarang juga dipakai oleh Ali Adrian -pebalap World Supersport 300 (WSSP300)- untuk harian. Jadi sebenarnya untuk balapnya, kita di Indonesia masih belum. Di Asia juga belum," tegas Joe Frans.

"Dari principal sendiri sampai sekarang belum ada rencana untuk terjun di balap. Tapi mungkin tahun depan, sebatas yang saya dengar gosip, kalau misalnya mereka akan announce sesuatu, mungkin kita akan geser ke arah sana (balap). Tapi sampai saat ini belum," sambung Joe Frans yang sempat yang nonton langsung balap di Aragon, Spanyol menemani Ali Adrian.

"Bisa dibilang kan BMW Motorrad ini merek untuk kalangan hobi di Indonesia. Jadi sebenarnya line up motor-motor BMW sangat mahal. Untuk BMW 4 silinder 1000cc saja harganya bisa sampai Rp700 juta lebih. Mungkin dibandingkan dengan kompetitor harganya di bawah jauh. Jadi kita memang main di mereka yang benar-benar hobi.

Untuk debut ASB1000 di ARRC 2019 mendatang, hingga saat ini sudah ada dua tim yang mengumumkan akan pakai sepeda motor BMW S1000RR. Dua tim tersebut adalah Next Gen Motorsport dari Australia dan Onexox TKKR Racing Team dari Malaysia.

Ali Adrian (kiri) dan Joe Frans

bmw-motorrad-indonesia-belum-89048879335ef3c.jpg

Baca Juga
Perjuangan Sulit Andi Gilang, Gerry Salim Tak Berkutik di ARRC Thailand 2018
Vinales Cocok dengan Mesin Baru Yamaha M1 2019

Text : Suhartono | Photo / Video : BMW Press - BMW Group, Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 5 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Fitriansyah Kete Catat Waktu Tercepat

Fitriansyah Kete Catat Waktu Tercepat

MOTOPRIX
Regulasi Helm MotoGP 2019 Diperketat

Regulasi Helm MotoGP 2019 Diperketat

MOTOGP
Highlights Seri 4 Lenka MiniGP

Highlights Seri 4 Lenka MiniGP

ROAD RACE
Regulasi dan Lokasi Baru WSSP300

Regulasi dan Lokasi Baru WSSP300

SUPERBIKE

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company