image

Rekor Fernando Alonso Selama 17 Tahun Berkarir di Formula 1

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 5 December 2018

SPORTKU.COM

Mari kita simak raihan yang sudah dicapai Fernando Alonso selama 17 tahun berkiprah di dunia balap yang sudah membesarkan namanya.

Fernando Alonso pertama kali mendaratkan kakinya di Formula 1 pada tahun 1999, di mana kala itu ia melakoni debut di Jerez bersama tim Minardi. Ia tidak langsung sebagai pebalap utama, melainkan diberi kesempatan untuk menjalani tes awal. Begitu juga pada tahun berikutnya.

Pada 2000 dan 2001, Alonso beralih ke tim Benetton dengan jabatan yang masih sama, yakni pebalap tes. Hingga akhirnya Alonso mendapat kursi di Minardi dan resmi menjadi pebalap Formula 1 pada kejuaraan Grand Prix Australia 2001.

Saat itu, Alonso hanya mampu menyelesaikan balapan di peringkat ke-12 dengan melahap 56 lap di Sirkuit Melbourne. Satu musim penuh dijalani tanpa kemenangan, tapi penampilannya yang cepat ternyata mendapat perhatian dari tim lain, yaitu Sauber. Pada September 2001 muncul kabar bahwa skuat Hinwil tersebut sedang mencari pengganti dari Kimi Raikkonen yang hengkang di awal 2002.

Nama Alonso sempat digadang-gadang menjadi pengganti pebalap Finlandia itu, dengan saingan terberatnya adalah Felipe Massa dan Jaguar Andre Lotterer. Sebulan kemudian, Sauber akhirnya merekrut Massa sebagai pebalap pengganti Raikkonen.

Alonso kemudian didaulat sebagai pebalap tes untuk tim Renault sepanjang satu musim 2002, dan diangkat sebagai pebalap kedua menggantikan Jenson Button pada 2003.

Selama di Renault, banyak torehan prestasi yang diraih Alonso. Mulai dari pebalap F1 termuda yang meraih pole position dan podium, hingga juara dunia termuda dalam sejarah F1 saat itu.

Tidak sampai di situ saja. Kiprah pebalap berusia 37 tahun itu lanjut ke McLaren pada tahun 2007, namun setahun setelahnya ia memutuskan hengkang dan kembali ke Renault. Hanya dua musim, Alonso kemudian direkrut oleh tim kuda jingkrak Ferrari.

Tapi sepertinya di hati Alonso masih tak bisa lepas dari tim McLaren, maka ia kembali bergabung dengan tim McLaren hingga memutuskan pensiun dari dunia yang telah membesarkan namanya, Formula 1.

Dari lika-liku perjalanan karir balapnya di atas, ada lima pencapaian yang sudah ditorehkan Alonso selama 17 tahun berkarir di F1, berikut ulasannya!

hamilton-bisa-bawa-ferrari-3319981befea42b.jpg

Baca Juga :
Harapan Alonso di Balapan Terakhir F1 GP Abu Dhabi

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 5 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Perubahan Peraturan WTCR 2019

Perubahan Peraturan WTCR 2019

WTCR
Verstappen-Ricciardo Adalah Pasangan Terbaik

Verstappen-Ricciardo Adalah Pasangan Terbaik

FORMULA 1
F1 Sudah Tak Menarik Lagi

F1 Sudah Tak Menarik Lagi

FORMULA E
Pemenang ePrix Ad Diriyah

Pemenang ePrix Ad Diriyah

FORMULA E

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company