image

Honda Racing Indonesia Mulai Mengancam Toyota Team Indonesia

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | 5 December 2018

uploads/news/2018/12/toyota-team-indonesia-dalam-59019678f8fd129.jpg

Toyota Team Indonesia dalam Ancaman

issom-seri-6-2018-437424200ce5e61
issom-seri-6-2018-58599d9bbce8c68
issom-seri-6-2018-9585092b453b72a
SPORTKU.COM

Prestasi Toyota Team Indonesia di tahun lalu yang memborong semua podium pertama, tahun ini gagal terulang.

Hal tersebut dikarenakan taji Honda Racing Indonesia lewat pebalap gaeknya, Alvin Bahar, mulai memberikan ancaman. Jika sedikit kilas balik perjuangan Alvin Bahar untuk mengoyak kedigdayaan Haridarma dan kawan-kawan di Kejurnas ITCC 1.600 Max, terjadi di putaran keempat beberapa waktu lalu, saat balapan berlangsung di malam hari. Saat itu, Alvin memang belum puas dengan performanya. Baginya, ia tidak mau julukan 'Raja Malam' disematkan begitu saja.

Sebagai tekadnya, dalam dua balapan yang tersisa di sirkuit Sentul, ayah Avila Bahar tersebut terus merancang strategi dan formula baru untuk bisa mengulang kemenangannya atas musuh bebuyutannya di atas lintasan. Hasilnya, kerja keras Alvin Bahar beserta tim berbuah manis saat putaran keenam yang dilangsungkan November lalu. Saat itu, Alvin tak tersentuh sama sekali oleh Haridarma Manoppo. Julukan pun bertambah, 'Alvin Bahar Raja Siang'.

Performa Haridarma saat itu seperti kehilangan arah, ia justru kalah cepat dengan rekan satu timnya, Demas Agil, yang notabene merupakan pebalap baru di kubu Toyota Team Indonesia untuk divisi touring. Melihat hal tersebut, skenario pun dimulai dengan melakukan team order antara Demas Agil dan Haridarma. Hal ini dimaksudkan untuk memuluskan jalan Haridarma Manoppo untuk memperkecil jarak dengan Alvin Bahar.

Baca Juga :
Alvin Bahar Menang dari Kepungan Pebalap TTI di Putaran Terakhir

 

Hasil akhir di seri keenam tersebut, Alvin Bahar posisi pertama, Haridarma posisi kedua, dan posisi ketiga di tempati oleh Avila Bahar, putera Alvin Bahar. Ini adalah momen terbaik dalam karir balap Alvin dan Avila. Keduanya berpose dengan gagah di atas podium, ibarat foto keluarga yang ditemani oleh Haridarma di antara mereka.

Meski Alvin sukses merajai putaran keenam tersebut, namun poin di klasemen, Alvin Bahar masih kalah oleh Haridarma. Pebalap yang sebelumnya juga turun di kejuaraan ETCC 3000 dengan menggeber Mercedes-Benz, unggul sekitar lima poin dari Alvin Bahar. Posisi Haridarma belum aman, masih ada satu seri, yakni BSD Grand Prix yang baru saja dilangsungkan akhir pekan kemarin (2/12).

Waktu pun berganti, persiapan demi persiapan terus dimatangkan oleh kedua tim tersebut. Hingga tiba waktu kualifikasi dan superpole (1/12). Tak disangka, performa All New Honda Jazz dengan nomor satu tersebut, langsung mengambil jurus kaki seribu ketika superpole dilangsungkan. Alvin unggul dengan torehan waktu satu menit 42,555detik. Haridarma? Masih belum menemukan ritme terbaiknya di lintasan tersebut.

Sejak usai superpole, pebalap dengan predikat Juara Nasional tujuh kali tersebut memang tidak memasang target sebagai Juara Nasional. Baginya, skenario tersebut terlalu jauh dari angan-angan, mungkin bisa dikatakan Alvin akan sangat beruntung apabila sukses meraih Juara Nasional saat balapan dikuasai oleh pebalap Toyota Team Indonesia.

Baca Juga :
Haridarma Manoppo Juara Nasional 2018

 

Balapan yang berlangsung sekitar 13 putaran, Alvin semakin beringas lantaran performanya tidak bisa dihentikan oleh Demas Agil dan Haridarma. Demas yang mencoba untuk memacu mobilnya dengan lebih keras, tidak membuahkan hasil untuk menyalip Alvin Bahar. Justru ia mengalami sedikit insiden saat di tikungan setelah chicane pertama. Akibatnya, performa mobilnya mengendur dan Haridarma berhasil mengambil alih posisi kedua.

Apes bagi Demas, namun beruntung bagi Haridarma. Target Juara Nasional di tahun ini berhasil ia capai dengan keberuntungan. Ia berdalih memang mobilnya tidak dalam settingan terbaiknya. "Bahasanya adalah mobil saya salah setting," ujar Hari usai meraih predikat Juara Nasional keduanya bersama Toyota Team Indonesia. Lalu bagaimana dengan Alvin Bahar? Ia memang tidak begitu kecewa, pasalnya sebelum balapan ia menyadari hal tersebut, karena jika Haridarma berada di posisi kedua, gelar tersebut kembali milik pebalap dengan nomor mobil 39.

Ketika disinggung mengenai performa Honda Racing Indonesia, Kepala Tim Toyota Team Indonesia, Memet Djumhana, mengatakan ini adalah ancaman serius bagi skuatnya. Menurutnya, tahun depan akan lebih kompetitif, sehingga ia bersama timnya harus bisa meramu settingan yang terbaik untuk pebalapnya agar bisa kembali mendominasi jalannya balapan.

Bagi Alvin Bahar, ini adalah sebuah prestasi yang signifikan jika dibandingkan tahun lalu. Seperti yang telah saya bahas sebelumnya, tahun ini Alvin berhasil memenangkan tiga dari tujuh balapan, sementara Haridarma, juga merajai tiga kali balapan, sedangkan satunya lagi, dikuasai oleh anak bawang, Demas Agil.

Dengan bangkitnya Honda Racing Indonesia bersama Alvin Bahar, sudah sepatutnya Toyota Team Indonesia mulai mewaspadai pergerakan tersebut. Progres yang ditampilkan oleh Alvin Bahar bisa dikatakan mampu mengimbangi Haridarma di musim ini. Andai Toyota Team Indonesia tidak melakukan beberapa perubahan, dan melihat performa Honda Racing Indonesia ke arah yang lebih baik, bukan tidak mungkin tahun depan akan menjadi milik Alvin Bahar.

Baca Juga :
Alvin Bahar Tidak Lagi Mengejar Juara Nasional Tahun Ini

 

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | 5 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Akhir Penantian Panjang Persija

Akhir Penantian Panjang Persija

TOPIC OF THE WEEK
MotoGP 2019 Mulai Bergejolak

MotoGP 2019 Mulai Bergejolak

TOPIC OF THE WEEK
Happy Birthday Emerson Fittipaldi!

Happy Birthday Emerson Fittipaldi!

TOPIC OF THE WEEK
Kisah Hidup Luka Modric

Kisah Hidup Luka Modric

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company