image Para pebalap MotoGP tak pakai gigi netral di motor balapnya

Begini Cara Pebalap MotoGP Oper Gigi

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 6 December 2018

uploads/news/2018/12/begini-pebalap-motogp-oper-793784342194a10.jpg

Begini Pebalap MotoGP Oper Gigi

tinggalkan-kawasaki-azlan-shah-59382e297616548
SPORTKU.COM

MotoGP menjadi salah satu tontonan menarik dan wajib untuk disaksikan pada setiap akhir pekan balapan.

Sering kali balapan MotoGP menampilkan aksi-aksi dari para pebalap yang saling overtake. Manuver para pebalap dari satu lap ke lap berikutnya pun banyak memberikan warna tersendiri. Balapan MotoGP memang memiliki banyak hal menarik. Tentu bukan hanya saat pebalap adu skill di sirkuit.

Banyak hal dari dunia MotoGP yang masih membuat kita penasaran dan berdecak kagum. Salah satunya tentang bagaimana pebalap MotoGP mengoperasikan motornya. Terutama saat mereka melakukan oper gigi. Aktivitas oper gigi merupakan salah satu yang harus dilakukan oleh para pebalap. Bayangkan saja, motor balap MotoGP bisa melaju dengan kecepatan hingga 300 km per jam. Lalu bagaimana pebalap oper gigi?

Pola pergeseran untuk oper gigi pada motor MotoGP adalah kebalikan dari pola pergeseran sepeda motor pada umumnya. Biasanya pada sepeda motor, khususnya motor sport yang dipakai untuk harian, gigi pertama turun dan sisanya naik. Tapi hal tersebut berbeda dengan motor MotoGP yang memiliki gigi pertama dan seterusnya turun.

Baca Juga
Tim Satelit Yamaha Cetak Prestasi, Tim Pabrik Loyo

Sekadar info, para pebalap MotoGP bisa melakukan lebih dari 500 kali oper gigi di tiap aksinya. Pekerjaan yang tak mudah karena juga membutuhkan konsentrasi tinggi. Oper gigi pada motor MotoGP yang memiliki gigi pertama dan seterusnya turun juga bertujuan agar pebalap tidak mudah lelah dan lebih efisien.

Perseneling pada motor MotoGP juga tidak memiliki gigi netral. Ada tombol khusus di stang berwarna biru. Itu adalah tombol launch mode yang akan digunakan ketika pebalap melakukan start. Ketika start posisi gear netral, pebalap MotoGP tidak perlu memindahkan gigi dengan tuas, cukup menekan tombol berwarna biru tersebut untuk mulai melaju.

Selain itu, saat mengoper gigi para pebalap MotoGP juga tidak usah repot-repot memakai kopling. Para pebalap bisa langsung injak tuas perseneling. Tujuannya yakni agar kecepatan motor tetap terjaga meski memasukkan gigi, juga menjaga supaya rpm tidak turun.

Baca Juga
5 Hal Membuat Motor MotoGP Berharga Miliaran
Tradisi Semprot Anggur Bersoda di MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 6 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Mengenal Teknologi SSG pada MotoGP

Mengenal Teknologi SSG pada MotoGP

DID U KNOW
Rahasia Tubuh Bugar Ryan Giggs

Rahasia Tubuh Bugar Ryan Giggs

DID U KNOW
Nih, Besarnya Kontrak Rafid Topan

Nih, Besarnya Kontrak Rafid Topan

DID U KNOW
Pebalap Indonesia Ditodong Rp6 Miliar

Pebalap Indonesia Ditodong Rp6 Miliar

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company