image

Kalender Resmi Kejuaraan FIA Formula 2 2019

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Jagonya Ayam | Editor: Andi Wahyudi | 7 December 2018

SPORTKU.COM

FIA resmi merilis kalender ajang kejuaraan Formula 2 yang akan berlangsung sebanyak 12 putaran di tahun 2019.

Kompetisi dari program pendukung balapan Formula 1 ini sejatinya akan memasuki musim ketiga di tahun depan. Masih sama seperti 2018, di mana delapan putaran akan diadakan di benua Eropa, dan sisanya tersebar sesuai kalender yang akan diulas di bawah ini.

Sirkuit Internasional Bahrain akan menjadi ajang pembuka dari FIA Formula 2 Championship yang digelar pada (29-31/3) mendatang. Sebulan kemudian, balapan ini mengunjungi Baku pada (26-28/4), dan setelahnya paddock akan bergeser ke Barcelona yang jatuh pada (10-12/5), lalu berhenti di Monte Carlo (23-25/5).

Bulan Juni, Formula 2 dihelat sebanyak dua kali, yakni di Le Castellet pada (21-23) dan Spielberg pada (28-30). Aksi pun bakal berlanjut di Silverstone pada bulan ketujuh (12-14), diikuti Budapest (2-4/8).

Setelah rehat selama tiga minggu, seluruh pebalap akan kembali berkumpul di Spa-Francorchamps pada (30/8) hingga (1/9), sebelum akhirnya mereka pergi ke Monza pada (6-8/9). Selanjutnya, dua putaran terakhir di musim ini akan dimulai di Sochi pada (27-29/9) dan berakhir di Yas Marina (29/11) sampai (1/12).

CEO FIA Formula 2 Bruno Michel mengatakan, "Saya sangat senang bisa mengonfirmasi 12 putaran dari kalender FIA musim depan yang akan berjalan bersamaan dengan kejuaraan akhir pekan Formula 1," katanya. "Tapi perlu dicatat, bahwa kita berlari di sirkuit yang memang lebih ingin memiliki F2."

Baca Juga :
Raih Gelar Juara Umum Formula 2 2018, Ini Fakta Kemenangan George Russell

Dikarenakan alasan biaya, Michel menambahkan bahwa pihaknya terpaksa membatasi jumah putaran menjadi 12. Berarti seharusnya kejuaraan ini dapat berjalan beriringan dengan kejuaraan jet darat yang memiliki seri lebih banyak, yaitu 21. "Kalender ini sudah diatur secara seimbang, baik antara delapan putaran di Eropa dan empat lainnya di luar negeri," ujarnya.

Semua seri yang akan berlangsung nantinya, lanjut Michel, "Tidak akan berjalan di waktu yang bersamaan dengan Formula 1. Jadi pebalap kami bisa menyaksikan secara langsung kehebatan pebalap-pebalap F1, juga dengan mempelajari trek F1, serta belajar bekerja cepat, efisien, dan penuh keterbatasan waktu," pungkasnya.

Berikut adalah kalender resmi kejuaraan FIA Formula 2 yang baru saja dirilis minggu ini.

29 - 31 Maret
Sakhir, Bahrain

26 - 28 April
Baku, Azerbaijan

10 - 12 Mei
Barcelona, Spanyol

23 - 25 Mei
Monte Carlo, Monako

21 - 23 Juni
Le Castellet, Perancis

28 - 30 Juni
Spielberg, Austria

12 - 14 Juli
Silverstone, Inggris

2 - 4 Agustus
Budapest, Hungary

30 Agustus – 1 September
Spa-Francorchamps, Belgia

6 - 8 September
Monza, Italia

27-29 September
Sochi, Russia

29 November – 1 Desember
Yas Marina, Abu Dhabi

Kilas Balik FIA Formula 2 2018 di Abu Dhabi

Baca Juga :
Mick Schumacher Akan Balapan Formula 2 Musim Depan

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Jagonya Ayam | Editor: Andi Wahyudi | 7 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Aldio Oekon Juara Nasional ETCC

Aldio Oekon Juara Nasional ETCC

ETCC
Prestasi Pangarang Slalom Team 2018

Prestasi Pangarang Slalom Team 2018

GYMKHANA
Bungkam Stigma Negatif Lewat Prestasi

Bungkam Stigma Negatif Lewat Prestasi

GYMKHANA
Bottas Jawab Rumor Orang Ketiga

Bottas Jawab Rumor Orang Ketiga

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company