image

Rafid Topan, Pebalap Motor Indonesia Bernilai Kontrak Tinggi

Text : Suhartono | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 7 December 2018

SPORTKU.COM

Menjadi pebalap dengan bayaran tinggi merupakan dambaan banyak pebalap. Apalagi bila mampu menembus kancah balap internasional.

Semua pebalap pastinya ingin tampil di Kejuaraan Dunia seperti MotoGP, WSBK (World Superbike) maupun ajang balap lainnya. Banyak lika-liku untuk mewujudkan mimpi bisa balapan di Kejuaraan Dunia. Hanya mereka pebalap dengan skill mumpuni yang bisa menembusnya. Tentu dalam hal ini juga bicara mengenai peluang atau keberuntungan. Seperti halnya Rafid Topan Sucipto. Pebalap asal DKI Jakarta ini merupakan salah satu pebalap dengan talenta yang baik.

Maka tak heran jika dirinya juga pernah membalap di Kejuaraan Dunia Moto2 pada tahun 2013 lalu bersama QMMF Racing, tim yang berbasis di Qatar. Kini, karier balap Rafid Topan pun masih terus bersinar. Meski hanya berada di level Asia di kancah balap Asia Road Racing Championship (ARRC).

Balapan di ARRC pun, Rafid Topan punya harga jual tinggi. Dikatakan olehnya saat bertemu tim SPORTKU.com, Rafid Topan memiliki kontrak dengan tim senilai lebih dari Rp500 juta. Kontrak tersebut belum termasuk bonus dan start money yang dia terima di setiap seri balapan.

Untuk tim sendiri, Rafid Topan tak memiliki banyak kriteria. Baginya, siapa yang berani bayar gede, bisa saja untuk memboyongnya. Dirinya pun gak mikirin mau balapan di event mana. "Kalau yang berani kontrak saya gede, berarti tim itu sudah siap. Pasti hasilnya bagus," sambung Rafid Topan.

Baca Juga
Intip Berapa Gaji Pebalap Motor Indonesia

"Kalau kontrak saya, nominal gak bisa saya sebutin detail. Tapi kontrak di atas Rp500 juta untuk satu musim. Kontrak Rp500 juta itu untuk balapan di Asia (ARRC)," jelas Rafid Topan yang juga pernah membalap di Tim Forward Racing saat Moto2 Malaysia 2018 sebabagi rider pengganti.

Sementara itu, Rafid Topan menjadi andalan tim satelit Yamaha Yamalube KYT TJM WR Super Battery di ARRC 2018. Rafid Topan pernah berhasil merebut kemenangan di Race 2 ARRC India 2018 Kelas Asia Production 250cc (AP250). Selain itu, Rafid Topan juga menjadi jawara di Race 1 ARRC Thailand 2018. Meski hanya sebagai pebalap di tim satelit, namun Rafid Topan bisa mengakhiri balapan di posisi 3 dan membawa tim menjadi runner up.

Nama Rafid Topan di kancah balap nasional memang tak terbantahkan lagi. Sudah banyak prestasi yang mampu dia raih. Bahkan nama Rafid Topan pun cukup diperhitungkan di level internasional. Dia juga tercatat menjuarai Race 1 dan Race 2 di balapan CEV International Championship 2016 di Kelas Superstock 600 seri Catalunya.

Dengan berbagai prestasi yang dia torehkan, maka tak mengherankan saja jika pebalap berambut kriting itu juga berani memasang tarif mahal. Lalu, adakah pebalap motor Indonesia dengan nilai kontrak lebih besar dari Rafid Topan?

Rafid Topan Sucipto saat balapan di ARRC 2018

rafid-topan-arrc-427454974640e1d.JPG

Baca Juga
Mau Tahu Berapa Gaji Pebalap Motocross Nasional? Bikin Ngelus Dada
Begini Cara Pebalap MotoGP Oper Gigi

Text : Suhartono | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 7 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company