image

FIA Prize Giving Gala Kembali Digelar Tahun Ini

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : FIA | Editor: Andi Wahyudi | 8 December 2018

SPORTKU.COM

FIA kembali mengadakan acara tahunan Prize Giving Gala yang dihelat pada Jumat (7/12) malam hari di St. Petersburg, Russia.

Kegiatan yang digelar di sebuah gedung konser yang terkenal di dunia itu memang diselenggarakan setiap akhir tahun sebagai simbol pemberian hadiah kepada para juara motorsport musim ini.

FIA Prize Giving Gala sudah lebih dulu diselenggarakan sejak tahun 2011, di mana kota New Delhi, India didaulat sebagai yang pertama mengadakan acara ini. Selanjutnya di tahun 2012 pesta perayaan dilangsungkan di Istanbul, Turki. Setahun setelahnya di Paris, Perancis, kemudian di Doha, Qatar, dan 2015 kembali ke Paris.

Pada 2016, gelaran berpindah ke Wina, yang merupakan salah satu dari sembilan negara bagian Austria. Setelahnya ajang kembali diadakan di kota yang terkenal dengan menara Eiffel. Dan tahun ini malam penghargaan dipentaskan di St. Petersburg, Russia.

Upacara penghormatan yang digagas oleh badan otomotif tertinggi di dunia adalah salah satu acara sosial yang paling dinanti oleh seluruh pebalap motorsport. Agenda tersebut berlangsung di bawah taburan bintang yang berkilau dan menjadi malam penobatan paling mengesankan dan spektakuler jelang pergantian tahun.

Sebagai Presiden FIA, Jean Todt mengatakan dalam sambutannya, "Satu tujuan yang selalu saya miliki untuk FIA, yaitu membangun jembatan antara dua pilar kami, Olahraga serta Mobilitas, dan itu terjadi," katanya. "Bekerja sama akan membuat kita lebih kuat."

Acara yang digelar di Philharmonia itu juga menampilkan dua mobil balap dari sang juara, yakni mobil Formula 1 milik tim Mercedes yang dikemudikan oleh Lewis Hamilton, dan mobil World Rally Championship.

Baca Juga :
FIA Rilis Kalender Resmi Formula 1 2019

Tiga pebalap teratas dari kejuaraan Formula 1 tahun ini, Lewis Hamilton, Sebastian Vettel, dan Kimi Raikkonen berada di atas panggung megah untuk menerima penghargaan, bersama dengan juara dari WRC Sebastien Ogier dan Julien Ingrassia, serta pemenang WRX Johan Kristoffersson dan kampiun Formula E Jean-Eric Vergne.

Selain untuk sang jawara, FIA juga memberikan sejumlah pangkat di kategori lainnya, termasuk penghargaan khusus dari Presiden FIA, FIA Action of the Year yang dipilh langsung oleh penggemar motorsport. FIA Personality of the Year yang ditunjuk oleh wartawan, serta FIA Rookie of the Year yang diseleksi oleh komisi. Berikut para peraihnya :

FIA Special Award
Victor Kiryanov (President of the Russian Automobile Federation)
Toto Wolff
Niki Lauda

FIA Action of the Year
Teemu Suninen Racing

FIA Personality of the Year
Lewis Hamilton

FIA Rookie of the Year
Charles Leclerc

Baca Juga :
Kalender Resmi Kejuaraan FIA Formula 2 2019

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : FIA | Editor: Andi Wahyudi | 8 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company