image

F1 2019 Tanpa Alonso Bagai Real Madrid Tanpa Cristiano Ronaldo

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter | Editor: | 8 December 2018

SPORTKU.COM

Salah satu bos tim Formula 1 turut mengomentari kepergian Fernando Alonso dari kejuaraan yang telah memberinya banyak frustasi.

Setelah 17 tahun berkarir di balapan jet darat, Alonso akan segera menutup tirai kehidupannya di F1 pada akhir musim ini. Meskipun ia dikabarkan tidak akan selamanya meninggalkan dunia balap yang telah memberinya gelar juara dunia dua kali.

"Saya tidak menutup kemungkinan untuk kembali ke F1, karena saya pikir sekarang ini sedang berada di level terbaik sepanjang karir saya," kata Alonso beberapa waktu lalu.

Pebalap 37 tahun itu belum memenangkan kejuaraan Grand Prix sejak musim 2013, maka jika ia tetap bertahan dengan performa McLaren yang menurutnya tidak kompetitif, akan menjadi bumerang buruk bagi karir mengemudinya kelak.

Tidak hanya Alonso, rekan setimnya di McLaren F1 Stoffel Vandoorne juga dipastikan hengkang dan memilih untuk melanjutkan karir kehidupannya di balapan mobil listrik, Formula E. Dua kursi kosong tersebut langsung dimanfaatkan oleh tim untuk merekrut pebalap muda berbakat Lando Norris dan Carlos Sainz Jr.

Sementara itu, bos tim yang pernah menaungi Alonso selama berkarir di Formula 1, Flavio Briatore ikut mengomentari kepergian mantan anak buahnya itu. "Saya butuh waktu 2-3 hari untuk menyadarinya, bahwa Fernando akan meninggalkan F1 setelah 17 tahun berprofesi."

"Satu-satunya yang mungkin bisa membawa Fernando kembali ke olahraga yang pernah membuat dirinya frustasi adalah tim papan atas seperti Mercedes atau Ferrari," lanjutnya. Jika dia ditempatkan di mobil yang tepat, dengan bakat yang dia miliki, saya pikir dia masih bisa menjadi pebalap terkuat bersama dengan Hamilton."

Selain itu, bos tim Renault ini juga mengeluarkan pernyataan yang mengagumkan, bahwasannya Formula 1 di 2019 tanpa Fernando Alonso akan sebanding dengan tim sepak bola Real Madrid di era raksasa pasca ditinggalkan oleh strikernya, Cristiano Ronaldo.

Baca Juga :
Rekor Fernando Alonso Selama 17 Tahun Berkarir di Formula 1

"F1 tanpa Alonso adalah seperti Real Madrid tanpa Cristiano Ronaldo," katanya kepada Motorlat. "Dia adalah salah satu dari beberapa bintang yang dapat dikenali. Jika mengenali para pebalap F1 yang sekarang ini, dan tiba-tiba saja mereka keluar, saya hanya akan mengingat orang-orang seperti Lewis, Sebastian, dan Kimi, mungkin hanya itu."

Menurut Briatore juga, Alonso membutuhkan periode untuk merelaksasi dirinya sendiri. "Bertahun-tahun dia membuat hidupnya frustasi karena kinerja konyol dari McLaren. Tapi Fernando selalu berperilaku tanpa cela dan masih bisa melaju melampaui level tertinggi," terangnya.

Musim depan, Alonso akan memulai tahun pertamanya tanpa kejuaraan F1 satu putaran pun. Ia memutuskan untuk hengkang dan meraih impiannya menjadi orang kedua setelah Graham Hill, yang mengambil mahkota Triple Crown.

Titel yang sebenarnya bukan merupakan sebuah gelar resmi yang ada pialanya, tapi julukan itu jelas menjadi catatan karir luar biasa bagi pebalap. Karena, untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Julukan itu bisa diberikan kepada seorang pebalap yang berhasil meraih tiga gelar juara bergengsi, yaitu GP Monako, Indianapolis 500 dan Le Mans 24 Hours.

Alonso sendiri sudah menambatkan gelar GP Monako pada tahun 2006 dan 2007, serta juara Le Mans di tahun 2018. Langkahnya pun tinggal sedikit lagi, maka musim depan ia akan fokus kepada kejuaraan Indianapolis 500.

"The Triple Crown adalah target yang menarik karena sangat sulit untuk dicapai. Rencanaku tidak berubah. Suatu hari nanti, saya akan meraih gelar Triple Crown itu. Dan tentunya akan membuat saya berada di tingkat yang baik sebagai seorang pebalap lengkap yang bisa memenangkan seri apapun dengan tim manapun," pungkas Alonso.

Baca Juga :
Alonso Akan Kembali ke F1 Jika Mercedes Atau Ferrari Membuka Lowongan

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter | Editor: | 8 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company