image

Regulasi dan Lokasi Baru WSSP300 2019

Text : Suhartono | Photo / Video : WSBK | Editor: Andi Wahyudi | 10 December 2018

SPORTKU.COM

World Supersport 300 (WSSP300) akan melakukan berbagai perubahan mulai 2019 mendatang.

Musim balap 2019 akan melihat beragam perubahan di ajang balap WSSP300, kelas paling kecil di World Superbike (WSBK). FIM dan Dorna WSBK Organization telah mengumumkan rencananya untuk membagi para pebalap WSSP300 menjadi dua kelompok.

Di tahun keduanya pada musim balap 2018, peserta WSSP300 memang terus mengalami penambahan. Pada setiap serinya, lebih dari 30 pebalap berada di grid position. Bahkan jika digabung dengan pebalap wildcard, setiap serinya bisa mencapai 40 pebalap.

Dengan banyaknya pebalap di garis start, memang cukup berbahaya. Kecelakaan bisa saja terjadi dan mengancam keamanan para pebalap. Oleh sebab itu, untuk menghindari kejadian tersebut maka pebalap akan dibagi menjadi dua grup.

Dari dua kelompok pebalap di WSSP300 2019 nanti, semuanya akan menjalani babak latihan bebas atau free practice (FP) hingga babak kualifikasi. Di akhir sesi kualifikasi, 30 pebalap terbaik dari kedua grup akan disatukan untuk bersaing di babak final pada hari Minggu.

Baca Juga
Indonesia CBR Raceday Sapa Pecinta Kecepatan

Sementara itu, pebalap yang tak masuk posisi 30 besar di babak kualifikasi masih akan tetap diberikan kesempatan berkompetisi. Mereka masih diberi kesempatan untuk diambil 6 pebalap terbaik. Selanjutnya 6 pebalap terbaik ini akan bergabung dengan 30 pebalap lainnya di grid untuk mengikuti balapan di babak final.

“Kami menganggap WSSP300 sebagai batu loncatan yang sangat sukses untuk seri WSBK bagi para atlet muda kami. Perubahan 2019 akan memberikan balapan yang lebih ketat dari sebelumnya, dengan hanya pebalap tercepat yang berjuang sepanjang akhir pekan," ungkap Fabio Muner, FIM Sports Director.

Selain ada perubahan format balapan, Dorna juga akan membawa para pebalap merasakan sensasi balapan di Sirkut Losail, Qatar. Hingga saat ini, Qatar sendiri memang belum merilis jadwal resmi untuk penyelenggaraan WSSP300 musim 2019 mendatang.

“Kami senang dengan keberhasilan WSSP300 sejak musim perdananya pada tahun 2017, dan kami selalu mencari cara untuk menawarkan pengalaman lebih besar bagi pebalap. WSSP300 akan berlomba di luar Eropa pada 2019, yang kami rasa adalah langkah alami dalam ekspansi. Tujuan jangka panjang kami adalah untuk melihat talenta muda tumbuh, dan menjadikan ini kelas pengumpan sejati ke WSSP dan akhirnya ke WSBK," tutup Gregorio Lavilla, WorldSBK Sporting Director.

WSSP300 2019 ada perubahan regulasi dan penambahan lokasi baru
regulasi-dan-lokasi-baru-53290899cca0226.jpg

Baca Juga
Indonesia Gelar Swimrun Pertama di Asia Tenggara dan Australia
Valentino Rossi Sudah Kedaluwarsa

Text : Suhartono | Photo / Video : WSBK | Editor: Andi Wahyudi | 10 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Galeri Foto Livery Baru Ducati

Galeri Foto Livery Baru Ducati

MOTOGP
Andalan Kawasaki di WSSP300 2019

Andalan Kawasaki di WSSP300 2019

SUPERBIKE
Honda Kalah Cepat dari Ducati

Honda Kalah Cepat dari Ducati

MOTOGP
CEO Sepang Tantang Hafizh Syahrin

CEO Sepang Tantang Hafizh Syahrin

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company