image

Rachel Atherton: Rekor Tidaklah Penting

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : British Cycling, Pinkbike | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Pinkbike | 11 December 2018

SPORTKU.COM

Rachel Atherton masih menjadi salah satu rider downhill wanita terkuat di dunia saat ini.

Sejauh ini, rider asal Inggris itu telah mengoleksi rekor sebagai juara umum Piala Dunia dan Juara Dunia, yang masing-masing sebanyak 6 kali. 12 tahun sejak kemenangan pertamanya di ajang Piala dunia, rekor Rachel mendekati hasil yang ditorehkan Anne-Caroline Chausson.

Meski demikian, Rachel mengaku tidak peduli dengan rekornya. Dia menegaskan bahwa dia hanya menyukai balapan dan menang.

“Saya tidak tahu bahwa enam gelar juara akan menjadi bersejarah. Secara pribadi pada dasarnya saya tidak tahu apa yang terjadi, saya hanya mengikuti balapan,” ungkap rider tim Trek Factory Racing itu.

Baca juga:
PINARELLO DUKUNG TIM KONTINENTAL HAGENS BERMAN AXEON

Kendati demikian, Rachel mengaku memiliki banyak keberuntungan dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya dia sempat mengalami cedera pada musim ini.

“Saya sangat gugup. Saya sakit secara fisik. Di Kejuaraan Dunia, kondisinya sangat menghebohkan. Saya benar-benar sempat 'kacau' sampai saya tepat berada di track. Tekanan datang sangat besar. Ketika Anda berada di puncak, orang-orang berharap kepada Anda untuk berada di sana. Anda juga berharap pada diri sendiri, bukan?” tambahnya.

Rachel kemudian menjelaskan bahwa banyaknya cedera akan menjadi akhir pekan yang menegangkan. Tapi dia tetap berusaha untuk melakukan semuanya dengan benar.

“Semakin banyak cedera yang Anda miliki, itu hanyalah akhir pekan yang sangat menegangkan. Di penghujung hari, Anda mempertaruhkan hidup dan balapan yang berbahaya. Vouilloz pernah berkata: “rasa gugup ada untuk Anda dan bila Anda bisa mengendalikannya dan menggunakannya di jalan yang benar, maka Anda adalah seorang atlet yang luar biasa." Saya selalu berusaha melakukannya dengan cara yang benar,” jelas Rachel lagi.

Menurut Rachel, race pada kategori putri saat ini juga jauh lebih baik dibandingkan 3 atau 5 tahun lalu. Podium ke-5 di setiap balapan, selalu berubah. Para rider memiliki teknik yang baik dan dia juga sering kali belajar dari hal itu.

Namun, Rachel menyatakan, para rider yang berada di luar posisi lima besar, tidak benar-benar didukung dan mereka tetap bekerja untuk mencapai Piala Dunia. Itu adalah sesuatu yang luar biasa.

“Saya pikir sponsor pasti perlu ditingkatkan. Saya kira konyol bila perusahaan besar tidak memiliki pebalap wanita dan saya pikir akan sangat memalukan bagi pihak mereka” pungkas Rachel.

Baca juga:
EMOSI RAHMAD DARMAWAN TAK TERBENDUNG USAI SIMIC CETAK GOL

Rachel Atherton, rider wanita andalan Trek Factory Racing
trek-factory-racing-dh-245a1ec7ca.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : British Cycling, Pinkbike | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Pinkbike | 11 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company