image

Valtteri Bottas Ikut Kejuaraan Reli di Finlandia Musim Depan

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : WRC | Editor: Andi Wahyudi | 12 December 2018

SPORTKU.COM

Pebalap F1 kelahiran Finlandia, Valtteri Bottas, akan melangsungkan debut reli di tanah kelahirannya pada Januari mendatang menggunakan kendaraan besutan Ford.

Ini adalah kesempatan unik bagi Bottas yang siap turun di ajang reli tahunan bertajuk Arctic Lapland Rally yang digelar sekitar dua bulan sebelum putaran pertama kejuaraan Formula 1 2019 bergulir, atau lebih tepatnya (24-26/1).

Arctic Lapland Rally merupakan kompetisi reli yang diselenggarakan di jalan tertutup salju di kawasan Rovaniemi, Lapland, Finlandia. Kejuaraan ini pertama kali diluncurkan sejak 1966 silam dengan status Kejuaraan Reli Eropa. Namun kini ajang balap mobil reli itu sudah resmi menjadi bagian dari Kejuaraan Reli Finlandia.

Bottas akan melakoni debut reli dengan menunggangi mobil Ford Fiesta, kendaraan yang sebelumnya dijagokan oleh Sebastian Ogier ketika meraih gelar World Rally Championship di dua musim terakhir. Pebalap Mercedes F1 itu juga akan didampingi oleh co-driver yang merupakan rekan setim Marcus Gronholm saat mengantarkan ke tangga juara dunia pada tahun 2000 dan 2002, Timo Rautiainen.

"Ini adalah kesempatan unik untuk mengintip ke dunia reli," kata pemenang Grand Prix tiga kali ini. "Pengalaman yang benar-benar baru bagi saya, di mana sebelumnya saya tidak pernah mempunyai kemahiran di dunia balap mobil reli. Namun, sebagai seorang pebalap, saya harus mencoba tantangan ini menggunakan kendaraan jenis apapun."

Baca Juga :
Valtteri Bottas Jawab Rumor Mengenai Orang Ketiga di Mercedes

Dalam persiapan debut reli bersama Rautiainen, Bottas terlebih dahulu akan menjajal mobil Ford dalam dua hari tes sebelum balapan sebenarnya berlangsung. "Ini adalah tantangan besar karena sebelumnya Valtteri tidak pernah mengendarai mobil reli, dan dia tidak tahu apa-apa," kata pebalap berusia 54 tahun ini.

Tantangan terbesar bagi Bottas, menurut Rautiainen, adalah dengan memahami seluk beluk pace note, mulai dari cara membuatnya, hingga belajar menyetir sambil mendengarkan instruksi dari pace note. "Kami akan melihat video onboard dan sistem yang digunakan oleh driver yang berbeda sebelum memilih, tetapi itu harus menjadi metode yang sederhana," pungkas Rautiainen.

Keikutsertaan Bottas di kejuaraan Arctic Lapland Rally menambah rentetan pebalap jet darat asal Finlandia yang juga sebelumnya pernah terjun langsung, seperti Keke Rosberg, Mika Hakkinen, dan Kimi Raikkonen. Ada juga mantan pebalap McLaren dan Renault, yaitu Heikki Kovalainen yang juga pernah tampil di ajang ini.

Baca Juga :
Nasib Valtteri Bottas Mendapat Dukungan Dari Mantan Pebalap F1

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : WRC | Editor: Andi Wahyudi | 12 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company