image

Atlet Jepang Pecahkan Rekor Dunia di Kejuaraan Cina

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : The Japan Times | Editor: Andi Wahyudi | 12 December 2018

SPORTKU.COM

Perenang Jepang, Seto Daiya, memecahkan rekor dunia dari nomor 200 meter gaya kupu-kupu putra di Kejuaraan Cina.

Diberitakan oleh Republika, perenang kelahiran 24 Mei 1994 silam itu menyentuh dinding finish dengan catatan waktu 1menit 48,24detik, unggul dari perenang Afrika Selatan Chad Le Clos yang meraih waktu lebih lambat (1menit 48,32detik) dan perenang tuan rumah Li Zhuhao (1menit 50,39detik).

"Saya tidak menyangka bisa menciptakan rekor ini. Sekarang saya berkonsentrasi pada nomor 400 meter dan berharap bisa memecahkan rekor dunia juga," kata Seto usai mengikuti Kejuaraan Renang Dunia FINA lintasan pendek di Hangzhou, Cina.

Selain membukukan rekor dunia, Seto juga sebelumnya pernah meraih medali emas di medley 400 meter individu pada tahun 2012 dan 2014, serta pada tahun 2016 ia berhasil menyabet juara di kejuaraan dunia short course, kejuaraan dunia long course pada 2013 dan 2015. Dan yang tidak kalah bergengsi, Seto adalah perenang Asia pertama yang menjadi juara dunia dalam medley individual.

Baca Juga :
Perenang Muda Jepang Jadi Atlet Terbaik di Asian Games 2018

Sementara itu, peraih perak Clos yang sebelumnya merupakan pemegang rekor kejuaraan berlabel internasional "FINA Swimming World Championships 25 meter" yang digelar dua tahun lalu di Windsor, Kanada, pada nomor yang sama, juga nampak legowo menerima kekalahan tersebut.

Sedangkan Li Zhuhao, terlihat bahagia meskipun hanya meraih perunggu dalam penampilan di depan pendukungnya sendiri itu. "Ini medali pertama saya di kejuaraan dunia. Tentu sangat berarti," ujarnya. Kendati perenang andalan Cina lainnya, Wang Shun, masih tetap perkasa di nomor individual medley 200 meter putra sekaligus memperbarui rekor barunya.

Kejuaraan Dunia Renang FINA digelar di kolam renang lintasan pendek 25 meter itu berbeda dengan kejuaraan dunia lainnya yang digelar di kolam lintasan sepanjang 50 meter. Karena kejuaraan tersebut juga dihelat setiap dua tahun sekali dan selalu pada tahun genap.

Baca Juga :
Tekad Perenang Tanpa Kaki di Ajang Renang Dunia

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : The Japan Times | Editor: Andi Wahyudi | 12 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company