image

Sinar Terang Karir Yanto Basna di Thailand

Text : Handy Fernandy | Editor: Andi Wahyudi | 13 December 2018

SPORTKU.COM

Yanto Basna membuktikan bahwa pemain Indonesia juga bisa bersaing di Liga Thailand yang dikenal sebagai liga terbaik di Asia Tenggara.

Nampaknya keputusan Yanto Basna meninggalkan kesebelasan Sriwijaya pada Januari 2018 lalu dengan hijrah ke Thailand bersama kesebelasan Khonkaen FC merupakan salah satu keputusan terbaik dalam karir sepakbolanya—meski diawali dari kekecewaan lantaran dirinya tak digaji oleh klub asal Palembang tersebut.

Bermain di klub tersebut, pesepakbola berusia 23 tahun itu sukses menunjukan bakatnya dan mendapatkan pujian dari stakeholder sepakbola Thailand. Bahkan berkat kedisiplinannya menjaga lini belakang klub The T-Rexs membuat klub tersebut hanya kebobolan 30 gol alias sebagai tim kedua paling jarang kebobolan di Thai League 2.

Tak heran, pemain yang bernama lengkap Rudolof Yanto Basna itu begitu dicintai, bahkan pemain yang pernah mencatatkan sebagai player of the week di Liga Dua Thailand itu mendapatkan julukan "The Wall Is Khonkaen” atau yang diartikan tembok pertahanan kuat di Thailand.

Berkat penampilannya yang memikat sepanjang musim 2018, Yanto Basna pun tak butuh lama untuk mencicipi ketatnya Thai League 1. Meski timnya gagal lolos lantaran hanya finish di urutan keempat, namun ia bermain di kompetisi utama Thailand lantaran dirinya resmi direkrut oleh Sukhotai FC dengan durasi kontrak selama setahun dengan opsi perpanjangan kontrak.

Sukhotai FC sendiri bukanlah tim besar, di musim lalu mereka hanya menempati peringkat ke-11 di klasemen akhir, meski demikian pindahnya Yanto Basna dari liga 2 ke liga 1 dalam satu musim tentu menjadi tantangan sendiri bagi dirinya apakah mampu menunjukan prestasi.

Pemain yang mengawali debut profesional sebagai pesepakbola bersama Mitra Kukar itu mengatakan bahwa Liga Thailand hanya menjadi tempat dirinya berpijak sebelum bermain di level tertinggi. Ia mengaku mendambakan bermain di Liga Jepang.

”Saya nyaman di Thailand, dalam arti bukan nyaman yang negatif. Saya merasa nyaman yang masih banyak tantangan di sana,” kata Yanto Basna seperti dikutip dari Bolasports.

”Target main di Jepang itu penting, tetapi jika saya masih di Thailand, ada sasaran lain untuk musim 2019,” sambungnya.

Baca juga
5 Wonderkids Asal Indonesia

Pemain Indonesia Punya Peluang Besar Main di Thailand

Yanto Basna saat direkrut Sukhothai FC (Pictame)
yanto-basna-topikpapua--46484e6b3a0365e.jpg

Yanto Basna memang bukan pemain asal Indonesia pertama yang bermain di Liga Thailand. nama-nama seperti Irfan Bachdim, Greg Nwokolo, Sergio Van Dijk, hingga Victor Igbonefo yang lebih dulu menjajal atmosfer sepakbola di negara yang menjadi raja dalam hal sepak bola di Asia Tenggara itu.

Tak heran, meski banyak yang gagal, namun Yanto Basna yakin pemain Indonesia sejatinya memiliki kemampuan untuk bersaing di Liga Thailand.

"Mungkin dengan begini bisa membuka peluang dan minat anak-anak Indonesia lain agar bisa berkarier di luar. Jangan takut keluar dari zona nyaman," ungkap Yanto Basna seperti dikutip dari Indosport.

Menurut mantan pemain terbaik Piala Presiden 2016 lalu itu banyak pelajaran yang didapat ketika bermain bersama Khonkaen FC, terutama masalah kedisplinan yang dianggapnya jauh berbeda dengan saat bermain di Indonesia.

"Di Thailand banyak hal bisa saya dapat, termasuk kedisiplinan. Bayangkan di sana, kalau ada pemain terlambat satu menit saja untuk latihan atau berangkat ke bandara bisa kena denda,"ungkap Yanto Basna seperti dikutip dari Tribunnews.

"Sistem kompetisinya juga ketat, jadi kami tidak bisa sesuka hati," sambungnya.

Memang, Yanto Basna harus membuktikan diri apakah dirinya memang pantas berada di level tertinggi. Bukan tidak mungkin, ia bisa menjadi pintu masuk bagi pemain asal Indonesia untuk berkarir di Liga Thailand di masa depan.

Baca juga
Petchmorrakot Petchyindee Academy Tebar Ancaman

Text : Handy Fernandy | Editor: Andi Wahyudi | 13 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Presiden Jokowi Beri Apresiasi Timnas

Presiden Jokowi Beri Apresiasi Timnas

FOOTBALL
Sarri: Kepa Tetap Pilihan Utama

Sarri: Kepa Tetap Pilihan Utama

FOOTBALL
Solari: Kami Kalah Terhormat!

Solari: Kami Kalah Terhormat!

FOOTBALL
Hajar Madrid, Valverde Merasa Aneh

Hajar Madrid, Valverde Merasa Aneh

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company