image Panduan ukuran sepeda secara umum (Sumber: Bicycle-guider) Panduan ukuran Road Polygon  (Sumber: Polygon) Panduan ukuran MTB Polygon (Sumber: Polygon)

Ingat! Sepeda Juga Punya Ukuran yang Berbeda Loh

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Media Source: Berbagai sumber | 14 December 2018

uploads/news/2018/12/draft-menentukan-ukuran-sepeda-yang-5250329f46459af.jpg

Menentukan Ukuran Sepeda Yang Sesuai

panduan-ukuran-sepeda-50029877ee2cc82
panduan-ukuran-sepeda-3290555f6f4d133
panduan-ukuran-sepeda-33574b8af406d43
SPORTKU.COM

Seperti halnya sepatu atau pakaian, sepeda yang beredar di pasaran saat ini ternyata memiliki ukuran yang berbeda.

Ukuran frame atau sepeda tersebut biasanya tertera pada frame dan umumnya terdapat di area seat tube (pipa untuk tiang sadel) atau area area lain – tergantung merek sepeda.

Untuk itu, sejumlah pabrikan telah memiliki atau menetapkan ukuran untuk dari setiap sepeda yang dibuatnya, terutama untuk sepeda yang masuk dalam kategori premium atau branded. Semakin mahal sebuah sepeda, maka makin banyak jumlah ukuran yang tersedia.

Ukuran atau size sepeda ini ditujukan agar rider atau pengguna sepeda bisa sesuai dengan sepedanya, baik dari sisi visual ataupun kenyamanan – hal itu juga terkait dengan geometri.

Ukuran sepeda di pasaran umumnya mengacu pada frame yang terdapat di sebuah sepeda yang siap pakai dan ukuran yang digunakan umumnya terdiri dari dua jenis, yakni menggunakan istilah S, M, L, XL, dan seterusnya atau menggunakan jarak dengan satuan inci atau centimeter (cm).

Size dengan satuan S, M, L kebanyakan digunakan untuk sepeda gunung (MTB). Sedangkan ukuran dengan satuan jarak banyak diterapkan pada road bike (sepeda balap).

Lantas, bagaimana untuk mendapatkan ukuran sepeda yang sesuai?

Untuk mendapatkan ukuran sepeda yang tepat, hal yang paling umum dilakukan adalah dengan mengacu pada tinggi tubuh seseorang. Artinya, ukuran sepeda yang digunakan oleh orang dengan postur yang kecil maka akan berbeda dengan mereka yang memiliki postur tubuh yang tinggi.

Mereka yang memiliki tinggi 160cm, maka ukuran sepeda yang disarankan adalah “S”. Sementara untuk mereka yang lebih tinggi, maka disarankan untuk menggunakan ukuran frame yang lebih besar lagi – bisa M, L dan seterusnya. Situs Bicycle-guider mengingatkan bahwa ukuran frame dari XXS hingga XXL dari setiap pabrikan bisa saja berbeda.

Baca juga:
MULAI 2020, SKY MUNDUR DARI AJANG BALAP SEPEDA PROFESIONAL

Demikian juga dengan road bike, untuk mereka yang memiliki tinggi badan 165cm, maka ukuran sepeda yang disarankan adalah sepeda yang berukuran 49 atau 50 (inci). Jarak tersebut umumnya mengacu dari panjang seat tube (pipa vertikal yang diisi dengan seat post atau tiang sadel) pada frame sepeda.

Untuk mendapatkan ukuran yang sesuai, maka sebelum membeli sepeda, Anda sebaiknya mengulik panduan ukuran sepeda terlebih dahulu. Atau, sebuah toko sepeda yang besar juga biasanya memiliki panduan tersebut.

Beberapa pabrikan sepeda, Polygon misalnya, telah memiliki panduan ukuran sepeda yang terdapat di situs resminya. Panduan tersebut bahkan tergolong rinci. Selain memiliki mengacu dari tinggi badan, pabrikan ini juga memiliki panduan lain, seperti jenis (tipe) sepeda hingga ukuran roda sepeda yang diinginkan, khususnya pada tipe MTB.

Dalam menentukan ukuran sepeda, sejauh ini ada beberapa beberapa metode yang digunakan sebagai panduan, mulai dari yang mengacu dari tinggi badan (metode paling sederhana) atau dengan mengukur jarak inseam (jarak dari area telapak kaki hingga selangkangan).

Namun, bagi kalangan tertentu, ukuran frame saja dianggap belum cukup untuk bisa mendapatkan sepeda yang ideal. Untuk itu, mereka biasanya juga melakukan bike fitting (menyesuaikan sepeda) dengan melakukan beberapa pengukuran yang lebih kompleks dan mencoba sepeda secara langsung.

Sebab, bisa jadi, dari hasil uji coba itu masih ada beberapa komponen yang membuat sepeda masih terasa kurang nyaman saat dikendarai – biasanya karena faktor panjang stem, panjang handlebar (setang), tinggi seat pos atau pun komponen lainnya.

Jadi, sebelum membeli sepeda baru, pastikan untuk mengetahui ukuran sepeda (frame) yang sesuai dengan Anda agar Anda bisa mendapatkan kenyamanan sekaligus membuat Anda tampak sesuai dan gagah saat mengayuh sepeda kesayangan.

Selamat bersepeda!

Baca juga:
HENGKANG DARI CITROEN, SEBASTIEN LOEB BERLABUH BERSAMA HYUNDAI MOTORSPORT



Panduan ukuran MTB Polygon (Sumber: Polygon)
panduan-ukuran-sepeda-33574b8af406d43.jpg

 

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Media Source : Berbagai sumber | 14 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company