image Aksi Tarquini di WTCR Macau

Beberapa Perubahan Peraturan untuk WTCR Musim Depan

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : WTCR | 16 December 2018

uploads/news/2018/12/perubahan-peraturan-wtcr-2019-60032df3a7a5e50.jpg

Perubahan Peraturan WTCR 2019

wtcr-macau-tarquini-juara-dunia-94881b6cd2b52fe
SPORTKU.COM

Gelaran balap touring dunia, WTCR, akan mengalami beberapa perubahan untuk musim depan. FIA telah menandatangani perubahan tersebut.

FIA World Motor Sport Council telah melakukan ratifikasi sejumlah perubahan organisasi terhadap peraturan menjelang musim balap World Touring Car Cup 2019. Dari beberapa pembahasan yang disahkan, salah satunya juga mengatur tentang jumlah mobil dari sebuah brand untuk mengikuti musim depan.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip melalui touringcartimes, penyelenggara telah memutuskan untuk setiap produsen otomotif hanya bisa mengirimkan empat mobil dan dua tim. Selain itu, mereka juga telah menegaskan bahwa akan ada perubahan mengenai waktu pelaksanaan balapan. Kini gelaran WTCR akan memakan waktu tiga hari di 2019. Sesi free practice pertama akan mengambil hari pertama di akhir pekan dengan durasi yang lebih panjang yakni 45 menit.

Baca Juga :
WTCR Bidik Malaysia untuk Menjadi Tuan Rumah di 2019

Selain itu, adapun perubahan lainnya yang juga diatur untuk musim depan adalah mengenai Q3 dari sesi kualifikasi kedua. Perubahan tersebut akan memungkinkan mereka pebalap tercepat di Q2 untuk memilih nomor start untuk sesi berikutnya di Q3. Ini adalah sebuah hal yang sebelumnya pernah disampaikan oleh pebalap Honda, Esteban Guerrieri.

Dari sisi pengujian mobil pun juga disoroti oleh penyelenggara. Regulasi kini mengatur pebalap untuk membatasi melakukan pengujian di musim depan. Jadi, dengan kata lain pebalap tidak bisa melakukan latihan di sirkuit yang dipakai dalam WTCR untuk program pengembangan mobil. Namun, bagi pebalap WTCR yang berkecimpung di ajang 24 Hours Nurburgring, itu bisa dikondisikan.

Terakhir, regulasi baru juga mengatur mengenai banyaknya kru yang mengurus satu mobil dari setiap mobil. Sehingga, nanti dari kru tersebut akan diberikan ban lengan yang mengartikan bahwa mereka boleh untuk berada di area balap selama durasi balapan berlangsung.

wtcr-macau-tarquini-juara-dunia-94881b6cd2b52fe.jpg

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : WTCR | 16 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

5 Fakta Baru di TTI

5 Fakta Baru di TTI

CIRCUIT
Safety Car McLaren British GT

Safety Car McLaren British GT

SPORTCAR
Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

CIRCUIT
Mobil Balap Baru Toyota

Mobil Balap Baru Toyota

SPORTCAR

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company