image

Mencegah Kulit Terbakar Saat Bersepeda

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Dok. Sportku | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Bikeradar | 18 December 2018

Oleskan tabir surya berkali-kali

Bevis Mann dari Assosiasi Dermatologists Inggris (BAD) menyarankan agar pesepeda mengaplikasikan tabir surya sebelum bersepeda dan mengoleskannya kembali setiap jam berikutnya. Sebab tabir surya akan keluar melalui keringat hingga 80 persen.

Sementara itu, Martyn Frank, mantan dokter tim pro Rapha Condor Sharp (RCS) mengatakan, tim RCS berhasil mengunakan tabir surya lebih cepat dari produk lainnya.

“Rutin adalah kunci untuk tidak membuat kesalahan. Semua pebalap pro memiliki rutinitas dan semuanya, termasuk tabir surya,” kata Martyn.

Gunakan tabir surya dengan Sun Protection Factor (SPF) yang lebih tinggi dari yang Anda butuhkan, karena tabir surya diuji dengan 2mg pada setiap sentimeter persegi kulit, yang jauh lebih banyak daripada kebanyakan orang.

“Kami menyarankan untuk menggunakan setidaknya SPF 30 atau SPF 50, jika Anda memiliki kulit yang cerah,” kata Mann.

Pada saat penggunaan, jangan lupa untuk mengoleskannya ke area, seperti leher, telinga, bagian atas lutut, dan area yang mengalami kebotakan, yang rentan melalui ventilasi helm. Kenakan pula pakaian yang memiliki perlindungan terhadap sinar UV.

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan bahwa terdapat 6 jenis kulit. “Jenis-jenis kulit dikategorikan ke dalam enam jenis, dari phototype sati - kulit yang sehat, sangat mudah terbakar dan tidak cokelat - sampai phototype enam, yang kulit lebih gelap dan tidak akan mudah terbakar,” kata Mann.

Deteksi dini terhadap melanoma memiliki tingkat ketahanan 95 persen, sehingga memeriksa tahi lalat sangat penting. Sun Awareness Campaign menyarankan untuk mencari asimetri tahi lalat, mengaburkan pinggirannya, perubahan warna dan peningkatan ukuran karena sebagian besar melanoma berdiameter lebih dari 6mm.

Coulson juga merekomendasikan agar kita waspada bila ada bercak yang kasar dan bersisik yang muncul di tempat yang terang dan terbuka, seperti pipi, hidung, bagian atas telinga atau tangan, yang berlangsung selama lebih dari tiga bulan. Sebab itu mungkin saja pra-kanker. Pesepeda yang berkulit terang sangat rentan.

Tip penting untuk menghindari sengatan matahari

James Bowthorpe, pemecah rekor balap keliling dunia tahun 2009, berhasil mengalahkan luka bakar akibat matahari, berikut adalah kiatnya:

#1 Kenakan helm dengan bagian ujungnya yang dapat melindungi telinga, hidung dan bibir
#2 Oleskan tabir surya setiap hari di wajah Anda dan oleskan lebih dari sekali dalam sehari.
#3 Kenakan kacamata hitam dengan perlindungan UV - meski tidak dalam kondisi bersepeda, mata kita juga bisa terbakar.
#4 Lindungi bagian paha dan punggung tangan dengan krim matahari, karena area tersebut akan terus-menerus terpapar sinar UV.
#5 Kenakan baju lengan panjang jika Anda bersepeda dalam waktu yang lama dan carilah pakaian yang memiliki rating UV yang tinggi.

Baca juga:
AUDI ABT TERPURUK DI SERI PEMBUKA FORMULA E


Ilustrasi: GFNY 40K Jakarta Bersama M. Fadli
gfny-40k-jakarta-bersama-36872a01b95b8df.JPG

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Dok. Sportku | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Bikeradar | 18 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company