image BLITS (kiri) dan Kasuari (kanan) Kerusakan BLITS usai kecelakaan di perjalanan

Mobil Listrik Blits Mendapat Ujian Pertamanya di Medan

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Dokumentasi BLITS | Editor: Andi Wahyudi | 18 December 2018

uploads/news/2018/12/mobil-listrik-blits-mendapat-513564bc4e5e0cd.jpg

Mobil Listrik Blits Mendapat Ujian

blits-mobil-listrik-explore-43605a5a9bf5c35
blits-mobil-listrik-explore-145262606328685
SPORTKU.COM

Perjalanan explore Indonesia yang dilakoni mobil listrik BLITS, tidak berjalan mulus. Tim eksplorasi mendapat ujian dalam perjalanannya.

Mobil listrik BLITS mengalami kecelakaan tepat 60 kilometer sebelum memasuki Kota Medan. Akibatnya, mobil patwal, BLITS, dan Kasuari yang tengah ikut dalam ekspedisi ini, menjadi korban dalam insiden tersebut. Disebutkan dalam informasi resmi, mobil listrik besutan Universitas Budi Luhur dan ITS ini mengalami insiden lantaran mobil patwal melakukan rem mendadak. BLITS yang tepat berada di belakang patwal tidak kuasa melakukan pengereman mendadak dan menabrak mobil patwal. Apesnya, BLITS seketika ditabrak dari belakang oleh mobil Kasuari.

Akibatnya, kedua mobil tersebut harus menghentikan perjalanannya dan rela dinaikan ke atas mobil towing untuk di bawa ke bengkel rekanan yang terletak di Kota Medan. Meskipun mengalami insiden, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat tim ekspedisi untuk melakukan perbaikan di dua kendaraan tersebut.

Baca Juga :
BLITS Mulai Tapaki Jalur Sumatera untuk Explore Indonesia

“Kerusakan terparah terjadi pada BLITS karena bagian depan menabrak patwal dan belakang ditabrak oleh Kasuari. Tetapi Insiden ini tidak menyurutkan semangat Tim PLN BLITS Explore Indonesia untuk menyelesaikan misi keliling nusantara sejauh 15.000km,” jelas ungkap Yoga Uta Nugraha, Projek Leader Blits dalam keterangan resminya.

Bagi Kasih Hanggoro, Ketua BPH Yayasan Budi Luhur Cakti, kejadian ini merupakan hal yang harus dihadapi untuk balapan rally Dakar mendatang. Pasalnya, untuk berlaga di ajang rally Dakar, akan lebih ekstrim lagi lantaran reli tersebut merupakan reli paling ganas di dunia.

”Dalam insiden kecelakaan ini yang penting kru PLN BLITS Explore Indonesia dalam keadaan selamat. Kru BLITS di lapangan bisa mengatasi masalah ini, dan tetap semangat dalam PLN BLITS Explore Indonesia. Ini bisa menjadikan pengalaman berarti bagi tim BLITS untuk misi PLN BLITS Explore Indonesia, dan menuju Rally Dakar paling ganas di dunia,” jelas Hanggoro yang pernah mengikuti Rally Dakar di Argentina.

BLITS (Budi Luhur – ITS) itu sendiri didesain untuk Rally Dakar Argentina mulai dari tubular sasis, bentuk bodi, electric motor, sampai dengan ketahan baterai. Projek BLITS merupakan inovasi mobil listrik karya anak bangsa. BLITS ditargetkan untuk mengikuti Rally Dakar yang merupakan rally paling ganas di dunia. 

PLN BLITS Explore Indonesia juga diikuti oleh mobil hybrid series KASUARI untuk menjelajah Nusantara sejauh 15.000km. Universitas Budi Luhur dan ITS dalam perjalanan ini menggandeng beberapa pihak seperti PT PLN, PT Pertamina, Kemenristekdikti, dan PT Goodyear Indonesia.

Baca Juga :
Mobil Rally Dakar Pertama Indonesia Resmi Diluncurkan

Kerusakan BLITS usai kecelakaan di perjalananblits-mobil-listrik-explore-97696856198dd36.jpg

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Dokumentasi BLITS | Editor: Andi Wahyudi | 18 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company