image

Cara Elegan Raheem Sterling Melawan Rasisme

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Breaking The Lines | Editor: Andi Wahyudi | 19 December 2018

SPORTKU.COM

Meski mendapatkan tindakan rasis dari supoter Chelsea, Raheem Sterling nampaknya cukup santai dalam menyikapinya.

Wajah sepakbola Inggris belakangan menjadi tercoreng gara-gara ulah oknum supoter Chelsea yang melontarkan ejekan kepada pemain andalan Manchester City, Raheem Sterling dengan kata-kata rasis.

Kejadian bermula ketika Sterling sedang mengambil bola dari luar garis gawang, seketika pendukung The Blues mengeluarkan teriakan bernada rasis. Insiden ini pun menjadi viral ketika video aksi supoter mengejek dan mencela pemain Timnas Inggris itu diupload di sosial media.

Atas insiden ini, Manajemen Chelsea pun langsung bekerja sama dengan Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) dan pihak kepolisian metropolitan London untuk melakukan investigasi atas kejadian tersebut.

Hasilnya, empat orang yang terekam kamera yang melakukan tindakan rasisme itu dihukum dengan larangan menyaksikan pertandingan dalam stadion hingga waktu yang belum ditentukan.

Namun seolah belum puas, oknum suporter Chelsea kembali berulah. Mereka menyanyikan chant anti-semit atau kebencian terhadap orang Yahudi ketika Chelsea berhadapan dengan kesebelasan Vidi di ajang Liga Europa.

Atas dasar ini, pihak EUFA pun melakukan penyelidikan yang hasilnya akan diketahui pada Januari 2019 mendatang. Sementara itu pihak klub sendiri menyayangkan aksi oknum suporter yang menyanyikan kebencian terhadap suatu kaum.

"Anti semitisme dan segala jenis kebencian terkait ras atau agama lainnya sangat menjijikkan bagi klub ini dan mayoritas fans kami. Ini tidak ada tempat di Chelsea atau di komunitas kami. Kami telah menyatakan ini hal yang salah dan jelas pada banyak kesempatan dari pemilik, dewan, pelatih dan pemain,” ungkap juru bicara klub.

Sterling yang menjadi korban rasisme pun mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Rekan setimnya, Ilkay Guendogan yang juga pernah menjadi korban rasisme lantaran berfoto dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan itu mengatakan bahwa memang tak mudah menjadi korban dari sikap yang tak terpuji tersebut.

Baca juga
Rocky Mountain Perkenalkan 2 Varian E-MTB Terbarunya

Raheem Sterling ketika mendapatkan perlakuan rasis dari suporter Chelsea (British GQ)

raheem-sterling-breaking-the-31304b4959e5859.jpg

"Jelas itu (tindakan rasisme) adalah sesuatu yang harus kita semua lawan, kita semua harus memainkan peran individu untuk membuat situasi lebih baik untuk semua orang. Kita harus menghadapinya," kata Gundogan dikutip dari Sky Sports.

"Ini tidak mudah karena saya mengalaminya juga pada musim panas lalu. Saya tahu bagaimana rasanya dan sakit. Tetapi pada akhirnya kami tidak punya pilihan lain selain tetap kuat dan berusaha melewati masa itu dan mencoba melakukan yang terbaik di lapangan. Untuk tetap sukses, itulah yang penting," sambungnya.

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri memuji sikap tenang Sterling yang tak terprovokasi. Sebaliknya, pelatih asal Italia itu menyerang balik oknum penggemar Chelsea yang dianggapnya telah melakukan hal yang menjijikkan.

"Pertama-tama, saya ingin mengatakan, saya mengutuk diskriminasi dalam bentuk apapun. Saya harus menghentikannya. Rasisme itu menjijikkan," ungkap Sarri seperti dikutip dari Reuters.

Sementara Sterling sendiri mengatakan bahwa rasisme terjadi diakibatkan banyak hal. Ia menuduh media ikut melestarikan tindakan tersebut. Lewat akun Instagram milknya yang berlamat di @sterling7, ia menyindir Daily Mail, salah satu media besar di Inggris sebagai media yang rasis.

Sterling mencontohkan bahwa ia menulis hal berbeda tentang rekan setimnya, yakni Tosin Adarabioyo dan Phil Foden. Adarabioyo yang berkulit hitam ditulis sebagai pemain yang menghambur-hamburkan uang untuk membeli sebuah mansion dengan biaya 2,25 juta poundsterling meski belum pernah bermain di Liga Primer Inggris.

Sementara Foden, yang berkulit putih diberitakan mengeluarkan biaya sebesar 2 juta poundsterling untuk membeli rumah bagi ibunya.

“keduanya bermain untuk tim yang sama, keduanya telah melakukan hal yang benar. Yang membeli rumah baru untuk ibu yang telah menghabiskan banyak waktu dan cinta untuk membantu mereka mendapatkan di mana mereka berada, tetapi lihat bagaimana surat kabar mendapatkan pesan di sana untuk pemain muda kulit hitam,” tulis Sterling.

“Anak muda kulit hitam ini terlihat dalam cahaya yang buruk. Yang membantu menyulut rasialisme sebagai perilaku agresif, jadi untuk semua surat kabar yang tidak mengerti mengapa orang rasis di zaman ini dan semua yang harus saya katakan adalah memiliki pemikiran kedua tentang publisitas yang adil dan memberi kesempatan yang sama kepada semua pemain,” sambungnya.

 
 
 
View this post on Instagram

Good morning I just want to say , I am not normally the person to talk a lot but when I think I need my point to heard I will speak up. Regarding what was said at the Chelsea game as you can see by my reaction I just had to laugh because I don’t expect no better. For example you have two young players starting out there careers both play for the same team, both have done the right thing. Which is buy a new house for there mothers who have put in a lot of time and love into helping them get where they are, but look how the news papers get there message across for the young black player and then for the young white payer. I think this in unacceptable both innocent have not done a thing wrong but just by the way it has been worded. This young black kid is looked at in a bad light. Which helps fuel racism an aggressive behaviour, so for all the news papers that don’t understand why people are racist in this day and age all i have to say is have a second thought about fair publicity an give all players an equal chance.

A post shared by Raheem Sterling x ???? (@sterling7) on 

Baca juga
Target Brandon Vera di Tahun 2019

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Breaking The Lines | Editor: Andi Wahyudi | 19 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Konsekuensi Aturan Bosman di Bursa Transfer

Konsekuensi Aturan Bosman di Bursa

TOPIC OF THE WEEK
Catatan Ferrari di Tangan Arrivabene

Catatan Ferrari di Tangan Arrivabene

TOPIC OF THE WEEK
Mesin Pencetak Uang Bernama Dortmund

Mesin Pencetak Uang Bernama Dortmund

TOPIC OF THE WEEK
Ini yang Ditawarkan Simon Mcmenemy

Ini yang Ditawarkan Simon Mcmenemy

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company