image Toe-clippable (Foto: Active) Pedal Standar/Datar/Flat (Foto: Shimano)

Mengenal Ragam Pedal Sepeda

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Sheldonbrown | 19 December 2018

uploads/news/2018/12/ragam-pedal-sepeda-3763397f7759f40.jpg

Ragam Pedal Sepeda

ragam-jenis-pedal-sepeda-3030981bcab056b
ragam-jenis-pedal-sepeda-85116ce7e3e97e6
SPORTKU.COM

Pedal menjadi salah satu komponen penting pada sebuah sepeda.

Tanpa komponen yang berfungsi sebagai pijakan kaki ini, pesepeda tidak bisa menggerakkan atau menjalankan sepedanya.

Secara umum, pedal yang terdapat di pasaran saat terdiri dari 3 jenis. Masing-masing memiliki kelemahan dan kekurangan masing-masing bagi pesepeda.

Berikut ketiga tipe pedal tersebut:

Pedal Standar/Datar/Flat
Pedal tipe ini umumnya berupa pedal yang mendatar. Pedal ini memungkinkan cyclist untuk menjaga kaki – tepatnya tapak kaki - tetap berada di bidang datar untuk mempercepat laju sepeda.

Pedal jenis ini paling populer digunakan oleh kalangan pemula atau mereka yang memang menyukai karakter dari pedal jenis ini.

Kelebihan pedal jenis ini adalah sifatnya yang praktis, terutama ketika pesepeda harus sering menurunkan kaki ke jalan atau pada saat musim dingin ketika cyclist mengenakan alas kaki yang besar untuk menjaga kaki tetap hangat.

Tapi kekurangannya, pedal jenis kurang efektif bagi pesepeda yang ingin mendapatkan kecepatan yang maksimal namun dengan upaya yang efisien atau ringan.

Pedal jenis ini banyak direkomendasikan untuk pemula

Baca juga:
ROCKY MOUNTAIN PERKENALKAN 2 VARIAN E-MTB TERBARUNYA

Toe-clippable
Pedal jenis ini merupakan pengembangan dari pedal standar atau flat yang ditambahkan dengan komponen tambahan. Komponen tersebut ditujukan untuk 'mengikat' bagian ujung kaki agar kaki bisa tetap berada di atas dataran pedal dan pesepeda dapat mengayuh pedal secara maksimal.

Dengan bentuknya yang khas, pedal ini juga dikenal sebagai "perangkap-tikus" atau "quill".

Pedal jenis ini bekerja dengan klip, seperti sanggurdi dan tali yang dapat disesuaikan untuk menahan kaki tetap di tempatnya. Pedal ini sangat populer digunakan sampai tahun 1980-an. Tapi kini, pedal jenis sudah banyak ditinggalkan penggunanya.

Pedal Clipless
Pedal Clipless dapat membuat sepatu tetap menempel pada pedal, tanpa harus mengencangkan tali pada sepatu.

Sistem pada pedal jenis biasanya memiliki cleat (penjepit) yang tersembunyi sehingga sepatu dapat digunakan untuk berjalan seperti biasa.

Saat ini, terdapat sejumlah sistem pedal clipless di pasaran, yang umumnya dikembangkan oleh pabrikan sepeda atau komponen, seperti Shimano dengan SPD, Look dengan Keo atau Cranbrothers dengan Eggbeaters.

Pedal jenis ini umumnya digunakan oleh kalangan atlet maupun amatir yang serius.

Demikianlah ragam jenis pedal yang ada saat ini. Setelah mengenali jenis pedal tersebut, Anda bisa lebih bijak memilih pedal yang sesuai dengan kebutuhan maupun karakter anda saat bersepeda. 

Baca juga:
FERRARI SIAPKAN PESTA UNTUK HUT KE-50 MICHAEL SCHUMACHER

Pedal Standar/Datar/Flat (Foto: Shimano)

 

ragam-jenis-pedal-sepeda-85116ce7e3e97e6.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Sheldonbrown | 19 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company