image

Catatan Liga 1 2018: Penuh Drama dan Klimaks Untuk Persija

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono, Persib | Editor: Andi Wahyudi | 19 December 2018

SPORTKU.COM

Kompetisi kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 sudah berakhir dan menghasilkan Persija Jakarta sebagai kampiun.

Dimulai pada 23 Maret dan berakhir 9 Desember 2018, Liga 1 2018 diikuti 18 tim yang menghasilkan 306 pertandingan dalam kurun waktu 10 bulan tersebut. Banyak drama, peristiwa tragis, sampai momen gembira yang dilahirkan di gelaran tersebut.

Mulai dari gelar juara settingan yang pernah heboh beberapa waktu lau, serta masih banyaknya masalah di operator kompetisi hingga PSSI. Liga 1 tetaplah magnet bagi seluruh masyarakat Indonesia yang membutuhkan hiburan di tanah air. 

Perjalanan Persija sebagai juara pun patut mendapat apresiasi sangat besar mengingat perjuangan keras yang sudah dilakukan tim asuhan Stefano Teco Cugurra tersebut. Berpindah-pindah kandang, konsentrasi yang terpecah kala melakoni Piala AFC, Macan Kemayoran pada akhirnya berhasil mengulang mimpi manis 17 tahun silam: menjadi juara. 

Namun, catatan hitam kembali hadir di musim ini kala satu orang suporter Persija, Haringga Sirla meninggal dunia September lalu saat menyaksikan pertandingan antara Persib vs Persija. Bahkan akibat hal ini, kompetisi sempat terhenti sementara waktu. 

Tapi bukan hanya itu saja. Berikut ini beberapa catatan penting di Liga 1 2018 yang SPORTKU himpun. 

Penampilan Luar Biasa Persib di Putaran Pertama

Yang pertama adalah penampilan luar biasa dari Persib Bandung di bawah arahan pelatih asal Argentina, Mario Gomez. Maung Bandung sukses bertengger di puncak klasemen sementara dengan raihan 29 poin dan menjadi jawara paruh musim. 

Tangan dingin Gomez sukses meramu Persib yang dihiasi skuat muda dan berpengalaman menjadi tim yang sangat kokoh. Mereka mencatatkan 9 kemenangan, 5 hasil imbang, dan 4 kali kalah. Untuk itu, dengan catatan tersebut, banyak yang memprediksi Persib merupakan kandidat kuat menjadi juara musim ini. 

Asian Games Hentikan Kompetisi Liga

Hadirnya pesta olahraga Asian Games 2018 mengharuskan operator Liga 1 menghentikan kompetisi sementara. Alasannya jelas, Asian Games adalah salah satu event olahraga terbesar yang pernah terjadi di Indonesia.

Maka dari itu, jauh-jauh hari sebelum dimulainya liga, INASGOC terlebih dulu meminta PT Liga Indonesia Baru dan PSSI menghentikan segala aktifitas kala Asian Games berlangsung. Dan hal itu diamini PSSI karena akhirnya kompetisi diliburkan selama hampir satu bulan. 

Meninggalnya Suporter Persija

Noda hitam kembali menimpa sepak bola Indonesia pada 23 September 2018. Kala itu terjadi pertarungan klasik antara Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Tetapi, peristiwa yang tidak diinginkan menimpa seorang pemuda 23 tahun di luar stadion beberapa jam sebelum laga digelar. 

Secara tragis, pria bernama Haringga Sirla dikeroyok oleh suporter Persib Bandung dengan membabi buta. Hasilnya, sepak bola Indonesia kembali memakan korban jiwa karena nyawa Haringga tidak bisa diselamatkan. 

Cukup tragis, ditambah meski adanya kejadian ini, Panitia Pelaksana (Panpel) Persib tetap menjalankan laga sesuai jadwal. Setelah kejadian, BOPI dan Kemenpora melakukan pertemuan dan mendesak PSSI untuk menghentikan liga sementara karena kasus Haringga menjadi yang kesekian kalinya terjadi. 

Upaya tersebut membuahkan hasil, tepat pada 25 September atau dua hari usai peristiwa berdarah di GBLA, PSSI lewat Ketua Umum, Edy Rahmayadi resmi menghentikan liga. 

Baca Juga :
Parade 5 Gol Terbaik Piala AFF 2018

 

Skuat Persib melakukan doa bersama untuk almarhum Haringga (Foto: Persib)

starting-eleven-persib-2018-75473f21a0f0e1a.jpg

  • INTRO
  • 1

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono, Persib | Editor: Andi Wahyudi | 19 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company