image

Catatan Liga 1 2018: Penuh Drama dan Klimaks Untuk Persija

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono, Persib | Editor: Andi Wahyudi | 19 December 2018

 

Sanksi Komdis Hancurkan Persib

starting-eleven-persib-2018-11424962f5fd3cd.jpg

Setelah meninggalnya Haringga, Komite Disiplin (Komdis) PSSI bergerak cepat menyelidiki kasus ini. Sampai pada akhirnya, muncul sanksi yang diterima oleh Maung Bandung, hukuman yang diberikan sangat berat karena Persib harus menjalani laga kandang di luar pula jawa serta tanpa penonton sampai akhir musim 2018.

Berikutnya, ada empat pemain yang juga mendapat hukuman larangan bertanding akibat tensi panas di laga kontra Persija. Keempat pemain itu adalah Jonathan Bauman, Ezechiel N’Douasel, Ardi Idrus, serta Bojan Malisic.

Berikutnya ada asisten pelatih, Fernando Soler, yang dilarang masuk ke stadion sampai musim kompetisi berakhir akibat intimidasi kepada wasit. Dengan hukuman bertubi-tubi itu, Persib mulai limbung. Keperkasaan yang mereka perlihatkan di putaran pertama seolah tak berbekas.

Alhasil, setelah meraih kemenangan atas Persija, Persib menjalani lima laga berikutnya tanpa kemenangan dengan hasil tiga kali kalah dan dua imbang. Posisi mereka pun terjun ke urutan tiga sampai dan peluang juara musnah.

Heboh Mafia di Sepak Bola Indonesia

Masalah mafia kembali menyerang sepak bola Indonesia. Adalah manajer Madura FC, Januar Herwanto, secara berani membuka aib PSSI di sebuah acara televisi swasta pada 28 November. Di sana, Januar blak-blakan membuka mafia yang didalangi oleh salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco), Hidayat. 

Kemudian, terseret pula nama Vigit Waluyo yang diklaim sebagai bandar besar mafia Indonesia. Hal tersebut diungkapkan mantan seorang runner pengaturan skor, Bambang Suryo. 

Yang lebih mengejutkan tentu saja pernyataan yang dibuat mantan pesepakbola Indonesia, Rochy Putiray, yang mengatakan bahwa gelar juara Liga 1 sudah disetting sejak awal. “Ayo siapa yang berani taruhan sama saya kalau Persija tahun ini juara,” ujar Rochy 

Ucapan Rochy jelas kian memborbardir kondisi panas sepak bola tanah air. Meski ucapannya belum terbukti karena tidak ditindaklanjuti. 

Klimaks Untuk Persija Jakarta

Tidak ada yang menyangka Persija pada akhirnya bisa merengkuh gelar tahun ini, mengingat perjuangan keras yang dilewati oleh skuat Macan Kemayoran. Mulai dari berpindah-pindah kandang karena adanya Asian Games 2018 sampai konsentrasi yang terpecah di Piala AFC. 

Sempat menduduki posisi buncit di klasemen, perlahan tapi pasti Persija merangkak ke papan atas. Sampai pada akhirnya motivasi tinggi dan semangat membara dari para pemain, Persija keluar sebagai juara usai menekuk Mitra Kukar di laga pamungkas Liga 1. 

Persija keluar sebagai juara. Suka cita The Jakmania pun pecah di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 12 Desember 2018. Gelar yang sangat dirindukan dan dinanti setelah 17 tahun menanti.

Bisa dibilang 2018 merupakan tahun bagi Persija karena sebelumnya mereka sukses meraih trofi Boost Sports Super Fix Cup di Malaysia dan Piala Presiden 2018. Terakhir, mereka akhirnya mencapai klimaks dengan keberhasilan menggondol trofi Liga 1 2018. 

Persija Jakarta Juarai Liga 1 2018

persija-vs-mitra-kukar-966910bc7ff3ff8.JPG

Baca Juga :
Akhir Penantian Panjang Persija Jakarta

 

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono, Persib | Editor: Andi Wahyudi | 19 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company