image

Rencana Lewis Hamilton Usai Pensiun Dari Balap

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 20 December 2018

SPORTKU.COM

Lima gelar juara dunia sudah diraih bahkan menyamai rekor legenda F1 Juan Manuel Fangio. Lantas apalagi yang akan Hamilton gapai?

Pebalap berkebangsaan Inggris Raya itu tidak hanya berhasil meraih gelar juara dunia F1 2018, tapi juga sukses membawa tim Mercedes meraih gelar kelimanya di musim ini. Malahan raihan titel yang ia klaim sebanyak lima kali jua, nyaris menyamai rekor yang ditorehkan oleh legenda F1 Michael Schumacher, yakni tujuh kali.

Kendati untuk menyamai hasil tertinggi itu bukanlah merupakan tujuan utama Hamilton selanjutnya. "Jujur, itu tidak pernah menjadi tujuan saya. Saya mulai dengan target untuk menyamakan kedudukan dengan pebalap idola saya, Ayrton Senna," ungkap Hamilton usai menyegel gelar juara dunia musim ini.

Pebalap 33 tahun itu mengakui bahwa untuk mensejajarkan diri dengan Schumi masih sangat jauh. Tapi, ia akan terus bekerja keras dan melakukan apa saja yang ia cintai dan menikmatinya. Kontrak dengan Mercedes pun masih berlangsung hingga akhir musim 2020. Jadi, paling tidak masih ada dua tahun lagi kesempatan Hamilton untuk tetap menjadi pilot jet darat.

Lalu, akan kemana Hamilton setelah akhir tahun 2020? Yang jelas, ia berusaha untuk tidak terlalu banyak berpikir tentang pensiun. Meski ia tidak pernah tahu apa yang akan terjadi setelah tak lagi berada di Formula 1. Mungkin, perasaan seperti itu selalu ada di benak para olahragawan dan olahragawati ketika memutuskan untuk berhenti berkompetisi.

Pada tahun 2017, pebalap yang meraih 83 kali pole position itu pernah mengatakan keinginannya untuk pindah ke balap Nascar usai pensiun dari Formula 1. Ia mengaku memiliki kecintaan yang luar biasa terhadap olahraga balap di luar F1, seperti MotoGP dan Nascar. Hamilton pun tidak menampik ingin menjajal peluang yang ada sebagai karier masa depannya setelah purnabakti dari F1.

Baca Juga :
Hamilton Jajal Motor Bersama Pebalap World Superbike

Belum lama ini, Lewis Hamilton membagi pengalaman serunya di laman sosial media, dengan mengendarai motor gede bersama pebalap World Superbike Alex Lowes dan Michael van der Mark di Jerez, meski di tengah kegiatan ia mengalami insiden ringan saat menunggangi motor Yamaha YZF-R1.

"Selamat pagi! Terbangun dengan perasaan luar biasa hari ini," cuitnya. Hamilton juga mengatakan bahwa dirinya selalu mencintai kendaraan roda dua lebih dari pada roda empat. "Saya selalu menginginkan untuk memiliki sepeda motor sejak saya masih kecil, tetapi saya sangat bersyukur ayah saya membelikan saya sebuah gokart."

Bagi Hamilton, mengendarai sepeda motor di lintasan sirkuit memiliki tingkat disiplin yang jauh berbeda, namun juga membutuhkan beberapa dasar balapan yang sama seperti mobil yaitu: waktu, kesabaran, keberanian, fokus, kelincahan, dan bersiap untuk menghadapi segala risiko yang membuat olahraga ini semakin menarik.

"Ya, saya ingin sekali bisa balapan motor. Tapi orang-orang ini sudah lebih dulu berada di level yang lebih tinggi. Jadi kurasa saya hanya dapat menikmati untuk mengendarai dan menguji sebatas di lintasan trek saja," ujarnya.

Keinginan itu akhirnya sirna juga, ketika beberapa waktu lalu Hamilton berbicara kepada pewarta tentang rencananya usai pensiun dari balapan Formula 1. Ia memastikan jika belakangan ini banyak aktivitas yang dilakoni di luar balapan, seperti salah satunya menjadi brand ambassador bersama merek busana ternama.

Hamilton sepertinya ingin mengecap hal baru selain bidang yang sudah ia geluti sejak umur delapan tahun. "Saya sudah membalap sejak umur delapan tahun. Jadi, semua fokus sudah tercurahkan pada satu hal ini. Dan acap kali saya tidak sedang membalap, saya mencoba hal lain yang sekiranya ingin saya lakukan dan nikmati."

"Bertahun-tahun saya berada di olahraga balap, jadi lebih banyaknya saya mengetahui seluk beluk dari kompetisi ini. Jadi, ketika nanti akhirnya saya harus pensiun dari F1, sepertinya saya lebih tertarik untuk mempelajari hal baru, mungkin mengambil jabatan di bawah Toto (Toto Wolff, Bos Mercedes F1)," pungkasnya.

Lewis Hamilton Saat Datang ke Acara FIA Prize Giving Gala 2018


Baca Juga :
Mercedes Ada Kemungkinan Ganti Bottas Dengan Ocon di Pertengahan Musim

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 20 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company