image Haji Rahmat di ajang Malaysian Rally Championship Ahmad Fadillah Alam di ajang Porsche Asia Cup 2018

Pebalap Indonesia yang Berkarir di Asia

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : SPORTKU, Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 20 December 2018

uploads/news/2018/12/karir-pebalap-indonesia-di-122878c0b34d48f.jpg

Karir Pebalap Indonesia di Asia

jeje-malaysian-rally-championship-165994d9845f5ad
zarfan-rahcmadi-issom-seri-33438b881e6cfda
SPORTKU.COM

Dari sekian banyak talenta pebalap Tanah Air, ada beberapa dari mereka yang ikuti ketatnya persaingan dalam balapan di luar negeri.

Sebut saja nama-nama seperti Ahmad Fadillah Alam, Setiawan Santoso, Renaldi Hutasoit, Andrew Haryanto, Julian Johan, H Rahmat, dan beberapa nama lainnya. Mereka memang kini tengah melakoni balapan di dua negara, Indonesia dan Asia, terkecuali untuk Renaldi Hutasoit dan Andrew Haryanto, mereka memang jarang tampil di publik Indonesia lantaran satu dan lain hal. Melihat sepak terjang, sebagian dari mereka sukses menorehkan prestasi yang prestisius.

Pertama, yang masih hangat adalah keberhasilan pereli H Ramhat atau yang akrab disapa Ame. Pereli Tanah Air tersebut, memang tengah mengepakan sayapnya di ajang reli Indonesia dan Asia. Beberapa kali Ame bersama Donny Wardono, berhasil menjadi pemenang di rangkaian Malaysian Rally Championship (MRC).

Dari putaran pertama yang berlangsung di Johor, Perlis dan Terengganu, Ame yang menggeber Mitsubishi Evolution ini, menjadi langganan podium pertama di kejuaraan tersebut. Bahkan, saat ia mencoba reli di Thailand, Ame pun menunjukan kepiawaiannya dengan menjadi juara di sana.

Baca Juga :
Toyota Gazoo Racing Festival, Bukan Sekedar Ajang Balapan 

Kedua, Ahmad Fadillah Alam. Pebalap muda dari Jakarta ini juga tengah meniti karir dalam ajang Porsche 911 GT3 Asia Cup. Fadil, yang bernaung di bawah Presidio Jakarta Ban, mampu memberikan perlawanan terbaiknya di ajang tersebut. Memang, dalam penuturannya kepada SPORTKU beberapa waktu lalu, ada pihak yang memandang rendah dirinya dikarenakan ia berasal dari Indonesia. Tidak mau termakan isu tersebut, Fadil justru tampil konsisten di setiap putaran.

Ketiga, Setiawan Santoso. Pebalap yang memang senang dengan kecepatan ini beberapa kali dikenal sebagai pebalap Indonesia yang eksis di ajang balap Asia. Untuk karirnya di Indonesia, Setiawan, memang terlihat mahir dalam memacu dan mengendalikan dua mobil balapnya, Honda S2000 dan BMW M3. Beberapa kali ia juga kerap eksis di ajang Ferrari Challenge Asia Pacific. Baginya, ikut balapan di beberapa negara memang menjadi kesenangan tersendiri.

Pebalap lain yang juga eksis di ajang Ferrari Challenge Asia Pacific adalah Renaldi Hutasoit (Aldi). Aldi, memang menjadi pebalap profesional di ajang tersebut. Hampir di setiap seri, dirinya selalu hadir dan membawa pulang piala kebanggaan. Nama Renaldi Hutasoit sendiri bukanlah nama baru di kancah motorsport Indonesia. Untuk karir di Indonesia, ia sempat beberapa kali bertandem dengan Fastron Jakarta Ban Racing Team untuk turun di kejuaraan ETCC 3000.

Pebalap berikutnya yang cukup mencuri perhatian adalah Julian Johan (Jeje). Pereli sekaligus offroader ini, memang memiliki kecintaan yang besar terhadap dunia balap tanah. Hingga di satu kesempatan, ia mendapat tawaran untuk menekuni karir di negeri Jiran, Malaysia untuk eksis di Malaysian Rally Championship (MRC) di bawah naungan One Motorsports.

Karir Jeje di Malaysia memang tidak terlalu moncer, dua dari tiga seri yang diikuti, sukses membuahkan podium. Namun untuk seri terakhir yang berlangsung di Terengganu, ia belum beruntung untuk bisa membawa pulang piala kejuaraan.

Terakhir ada nama Andrew Haryanto. Pebalap yang kini meniti karir dalam kejuaraan Audi R8 LMS Cup menjadi pebalap Indonesia yang senantiasa menguji adrenalin di ajang tersebut. Dikutip dari driverdb.com, Andrew memang terbilang moncer dalam balapan di Asia. Mulai dari tahun lalu, ia sukses membawa pulang podium tertinggi dalam gelaran Lamborghini Super Trofeo Middle East-Am. Sedangkan di tahun ini, ia juga meraih keberhasilan dalam dua gelaran balap, yakni Audi R8 LMS Cup dan Total 24 Hours of Spa - group N class.

Baca Juga :
Pebalap Indonesia Lintas Genre

 

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : SPORTKU, Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 20 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

5 Fakta Baru di TTI

5 Fakta Baru di TTI

CIRCUIT
Safety Car McLaren British GT

Safety Car McLaren British GT

SPORTCAR
Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

CIRCUIT
Mobil Balap Baru Toyota

Mobil Balap Baru Toyota

SPORTCAR

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company