image

Pelatih Bosnia Rindu Sepak Bola Indonesia

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono, Dok. Milomir Seslija | Editor: Andi Wahyudi | 21 December 2018

SPORTKU.COM

Pelatih asal Bosnia & Herzegovina, Milomir Seslija, mengaku sangat rindu dengan Indonesia.

Milo sapaan akrabnya pernah mencicipi kompetisi tanah air kala melatih Arema FC, Persiba Balikpapan, dan terakhir Madura United. Bersama Arema, Milo bisa dibilang cukup sukses mengantarkan klub berjuluk Singo Edan tersebut karena sukses meraih trofi Bali Island Cup, Bhayangkara Cup, kemudian menjadi runner up ISC.

Setelah Arema, Persiba Balikpapan menjadi pelabuhan selanjutnya bagi pria yang kini berusia 54 tahun tersebut. Bersama Persiba, dirinya mendapat periode buruk, bahkan sampai muncul kabar meninggalkan klub tanpa izin.

Dan pada tahun 2018, namanya kembali ke sepak bola Indonesia saat dirinya ditunjuk menangani Madura United. Sempat membawa Madura bercokol di papan atas, secara perlahan penampilan inkonsisten Laskar Sape Kerrab membuat manajemen menghentikan kariernya.

Namun, harus diakui sebagai pelatih asing, dirinya merupakan salah satu yang terbaik seperti yang pernah diungkapkan pemain senior, Hamka Hamzah, beberapa waktu lalu. Dan kini, kekosongan di kursi pelatih Arema, memunculkan nama Milo sebagai salah satu kandidat.

Bagaimana tanggapan Milo mengenai kabar ini, simak petikan wawancara SPORTKU.com bersama Milo:

Halo coach Milo apa kabar? 
Hallo teman, kabar baik.

Bagaimana di Sarajevo?
Ya di sini sudah memasuki musim dingin, sangat dingin suhu mencapai minus 6 derajat, lebih baik cuaca di Indonesia pastinya.

Apa kegiatan Anda saat ini?
Sekarang saya masih berkecimpung di sepak bola, memberikan pelatihan di sini, karena saya punya lisensi UEFA Pro, saya berikan pelatihan, edukasi, dan mengeksplor kemampuan saya sebagai pelatih. Saya juga sesekali menonton pertandingan sepak bola di Eropa.

Masih mengikuti sepak bola Indonesia?
Tentu saja, saya selalu menonton sepak bola Indonesia, saya selalu mengikuti kabar di Indonesia dan yang terbaru saya tahu Simon menjadi pelatih timnas Indonesia.

Anda mendengar berita besar mengenai sepak bola Indonesia, soal pengaturan skor?
Ya, saya mendengarnya, tapi saya sebenarnya tidak pernah tahu dan merasakan hal itu ketika di Indonesia jadi saya tidak bisa berkomentar banyak. Yang jelas, itu sangat buruk pastinya untuk sepak bola

Banyak masalah di Indonesia, seperti apa Anda melihatnya?
Semuanya masalah selalu ada, terkadang memang terdengar buruk mendengar hal seperti ini, tapi saya selalu katakan bahwa Indonesia punya sepak bola yang bagus asal mendapat perhatian lebih dan dukungan. Saya yakin Indonesia bisa menjadi tim terbaik di Asia karena punya semuanya untuk jadi yang terbaik.

Jadi, Anda punya rencana kembali ke Indonesia?
Tentu saja, saya selalu ingin kembali ke Indonesia, saya rindu Indonesia, saya juga cinta dengan Indonesia. Tentu jika ada tawaran dan kesempatan saya akan kembali.

Anda pernah mengatakan ingin kembali ke Arema, dan saat ini mereka tidak memiliki pelatih?
Tentu saja Arema selalu ada di hati saya, saya punya momen bagus di sana, bersama suporter, pemain, dan klub. Saya selalu senang bisa kembali ke sana, tapi sampai saat ini belum ada kontak dengan saya, mungkin setelah tahun baru klub baru membentuk skuat.

Hamka Hamzah pernah mengatakan kalau Anda salah satu pelatih asing yang tepat untuk Arema.
Saya senang mendengar hal itu dari Hamka Hamzah, dia pemain yang sangat hebat, dan saya punya pengalaman yang hebat ketika masih bersama di Arema

Jadi, belum ada klub yang menghubungi Anda?
Tawaran sebenarnya ada, seperti klub Vietnam, namun saya belum memutuskan sekarang, mungkin setelah tahun baru, saya akan memutuskan

Klub Indonesia? 
Belum ada sampai sekarang kontak dari klub Indonesia. Seperti yang saya bilang mungkin setelah tahun baru klub akan memutuskan. Seperti kita tahu liga baru akan dimulai Maret atau April, jadi sampai sekarang belum ada kontak.

Menurut Anda bagaimana Liga 1 musim lalu yang dimenangi Persija?
Persija tim yang sangat kuat, mereka berjuang sangat keras musim lalu. Menurut saya, perbedaan antara satu tim dan tim lain di Indonesia sangat tipis, siapa saja bisa menjadi juara, ada Bali United, Bhayangkara, Madura, dan Persib Bandung, semuanya tim kuat. Perbedaan sangat kecil di Liga 1, itulah yang membuat kompetisi ini sangat menarik.

Anda melihat timnas Indonesia di AFF, sebagai pelatih apa yang membuat Indonesia berbeda di tangan Luis Milla dan Bima Sakti?
Ya saya menyaksikan timnas Indonesia, saya kira Indonesia sudah melakukan sekuat tenaga. Bima Sakti pelatih bagus, dia sudah lama bekerja dengan Milla, jadi dia seharusnya mengerti menangani tim dengan baik. Tapi setiap pelatih pasti punya cara kerja berbeda. Sekarang ada Simon yang menjadi pelatih dan menurut saya dia pelatih bagus.

Oke, terima kasih atas waktunya coach Milo
Sama-sama, terima kasih banyak, saya selalu berharap kembali ke Indonesia, Insya Allah saya bisa ke sana lagi.

Milo bersama keluarga di kampung halamannya, Foto: Dok. Milomir Seslija

milomir-seslija-702404efad782b5.jpeg

Baca Juga :
Asa Timnas Indonesia Bersama Simon McMenemy

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono, Dok. Milomir Seslija | Editor: Andi Wahyudi | 21 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company