image

5 Motor Harian Setara MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : AHM | 25 December 2018

SPORTKU.COM

MotoGP menjadi salah satu ajang balap yang sarat dengan berbagai teknologi mutakhir.

Banyak teknologi yang diandalkan oleh para pabrikan yang turun di balapan MotoGP. Maka tak heran jika setiap pabrikan peserta MotoGP harus menggelontorkan duit hingga puluhan miliar. Biaya yang dikeluarkan juga termasuk ongkos untuk melakukan penelitian dan pengembangan.

Livio Suppo yang pernah menjabat sebagai Team Principal Repsol Honda mengatakan jika dalam dunia MotoGP, ada banyak hal yang bisa dipelajari serta informasi antara motor produksi massal dan motor balap. Tak sedikit pula teknologi pada motor produksi massal juga mengadopsi dari MotoGP.

Misalnya saja mengenai konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar di MotoGP adalah masalah utama pada setiap pabrikan. Pasalnya, setiap motor hanya dibatasi hingga 22 liter untuk bisa menyelesaikan lomba. Bayangkan saja, motor MotoGP dengan kapasitas mesin 1.000cc dan terkadang melaju hingga kecepatan di atas 300 km/jam.

"Teknologi pada motor produksi Honda sangat bagus dalam konsumsi bahan bakar dan sangat berguna untuk balap juga," kata Livio.

Setiap sepeda motor MotoGP sudah dipastikan menggunakan teknologi paling mutakhir dari setiap pabrikan yang terlibat. Sepeda motor MotoGP juga memiliki 30 hingga 40 sensor yang mengumpulkan data, seperti kinerja suspensi, temperatur rem dan knalpot dan sudut kemudi (steering angle).

Sensor-sensor tersebut akan bekerja masing-masing. Ketika sepeda motor selesai melakukan balapan atau sesi latihan, informasi tersebut bisa diunduh dan dianalisis oleh para mekanik. Namun ternyata, teknologi MotoGP juga sering kali ditanamkan oleh para produsen untuk diaplikasikan pada sepeda motor harian.

Berikut deretan sepeda motor harian yang hampir setara dengan motor MotoGP versi SPORTKU.com.

Baca Juga
Kaleidoskop MotoGP 2018: Drama Kemenangan Marquez

Text : Suhartono | Photo / Video : AHM | 25 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company