image

Perangi Rasisme, Gareth Southgate Puji Raheem Sterling

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Socceruncle | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Soccerway | 26 December 2018

SPORTKU.COM

Gareth Southgate memuji Raheem Sterling yang berani berbicara untuk menyoroti kasus rasisme dalam sepakbola.

Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate memuji upaya Raheem Sterling yang secara terbuka telah berbicara terkait kasus rasisme dalam sepakbola. Menurut pelatih berusia 48 tahun itu, apa yang dilakukan oleh pemain andalan Manchester City itu patut applause.

"Saya benar-benar memuji apa yang dia lakukan dan saya pikir dia harus sangat bangga menjadi cukup berani untuk berdiri karena itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan,” kata Southgate seperti dikutip dari Soccerway, Selasa (25/12).

Sebelumnya, Sterling menjadi korban rasisme yang dilakukan oleh oknum suporter Chelsea di Stamford Bridge pada awal Desember 2018 lalu. Atas insiden tersebut, empat suporter yang melakukan tindakan rasial itu mendapatkan hukuman berupa pelarangan untuk menyaksikan The Blues bermain di stadion.

Meski demikian, Sterling justru menyoroti insiden ini lebih dalam. Menurutnya, bahwa rasisme terjadi lantaran media ikut melestarikan tindakan tersebut.

Sterling mencontohkan bahwa ia menulis hal berbeda tentang rekan setimnya, yakni Tosin Adarabioyo dan Phil Foden. Adarabioyo yang berkulit hitam ditulis sebagai pemain yang menghambur-hamburkan uang untuk membeli sebuah mansion dengan biaya 2,25 juta poundsterling meski belum pernah bermain di Liga Primer Inggris.

Baca juga
Transfer Gagal Mourinho di MU

Gareth Southgate dan Raheem Sterling (Socceruncle)
gareth-southgate-dan-raheem-567714782bcd1b1.jpg

Sementara Foden, yang berkulit putih diberitakan mengeluarkan biaya sebesar 2 juta poundsterling untuk membeli rumah bagi ibunya.

"Lihat bagaimana media membuat pesan di seberang untuk pemain hitam muda dan kemudian untuk pemain putih," kata Sterling dikutip dari Instagram resmi miliknya.

"Saya rasa ini adalah tidak dapat diterima yang membantu menyulut rasisme, perilaku agresif, sehingga untuk semua surat kabar yang tidak mengerti mengapa orang rasis di hari ini dan segala usia semua saya harus katakan adalah memiliki pikiran yang adil," sambungnya.

Southgate sendiri mengatakan bahwa belakangan tindakan rasisme mengalami peningkatan dan ia pun merasakannya. Untuk itulah, ia berharap agar tindakan rasisme dalam sepakbola tak terulangi di kemudian hari.

"Kami telah melihat insiden rasisme dalam beberapa bulan terakhir yang selalu tidak dapat diterima, tetap tidak dapat diterima dan akan tidak dapat diterima jika terjadi di masa depan. Kami harus berharap tidak terulang,” ungkap Southgate.

"Sepak bola adalah cermin masyarakat dan sayangnya rasisme ada di masyarakat dan karenanya ada saat-saat ketika orang menggunakan kesempatan di lapangan sepakbola untuk memicu itu. Kami harus berdiri kuat sebagai permainan untuk memastikan itu tidak terjadi,” sambungnya.

Baca juga
Mengambil Pelajaran dari Ketatnya Persaingan

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Socceruncle | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Soccerway | 26 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company