image

Jordi Cruyff Peringatkan Barcelona Soal Real Madrid

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : MN2S | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Soccerway | 26 December 2018

SPORTKU.COM

Jordi Cruyff memperingkatkan Barcelona agar tidak senasib dengan Real Madrid pasca ditinggal oleh Cristiano Ronaldo.

Mantan punggawa Barcelona, Jordi Cruyff memperingkatkan klub berjuluk Blaugrana untuk mengantisipasi kepergian Lionel Messi di kemudian hari sehingga tidak senasib dengan Real Madrid yang ditinggal oleh Cristiano Ronaldo.

Sebelumnya, Ronaldo secara mendadak memutuskan untuk hengkang dari Madrid untuk bermain bersama raksasa Serie A, Juventus di awal musim. Padahal, sebelumnya tak ada tanda-tanda bahwa pemain asal Portugal itu akan meninggalkan klub.

Pasalnya, bersama Los Blancos, Ronaldo telah bermain selama sembilan tahun lamanya di mana ia menjadi pemain yang tak tergantikan di klub tersebut dan telah menyumbangkan banyak gelar bagi klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu, termasuk empat gelar Liga Champions.

Pasca kepegian Ronaldo, Madrid seperti kehilangan taji, bahkan klub asal Ibukota Spanyol itu sempat terlempar dari zona papan atas di klasemen sementara LaLiga di awal musim. Beruntung, sejak ditangani oleh Santiago Solari, penampilan Gareth Bale dkk berangsur baik.

Atas dasar itulah, Cruyff mengatakan bahwa kejadian yang dialami Madrid sepeninggal Ronaldo harus menjadi pelajaran bagi Barcelona yang bisa saja kehilangan Messi, entah itu pindah ke tim lain atau pensiun.

Baca juga
Arthur Doakan Neymar Kembali ke Barcelona

Lionel Messi (The Independent)
jordi-cruyff-mn2s--963251b5f099791.jpg

Pasalnya, Messi sendiri merupakan pemain paling berpengaruh bagi Barcelona sejak debutnya di tim senior pada tahun 2004 silam itu ia menjadi sosok yang tak tergantikan bagi tim yang bermain di Camp Nou tersebut.

"Apa yang terjadi pada Madrid adalah sebuah peringatan untuk Barca," ucap Cruyff seperti dikutip dari Soccerway, Rabu (26/12).

"Para pemain Madrid memang masih hebat, tapi di dalam sepakbola Anda memerlukan pemain yang sekalipun timnya sedang tertinggal 0-2, dia masih berpikir bisa menang. Itu yang terjadi dengan Messi. Itu lebih dari sepakbola... itu adalah keyakinan," sambungnya.

Meski Madrid baru saja memenangkan gelar Piala Dunia Antarklub, namun pria yang kini menukangi kesebelasan Chongqing Dangdai Lifan itu mengatakan bahwa tim tersebut belum menemukan sosok pengganti Ronaldo.

"Anda menganalisis Madrid dan Anda melihat bahwa Cristiano adalah orang yang memegang payung," kata Cruyff.

"Saat hujan, tidak ada yang basah. Sekarang, tidak ada yang memegang payung itu," sambungnya.

Baca juga
Red Bull Racing Perpanjang Kontrak

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : MN2S | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : Soccerway | 26 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company