image Kimi Raikkonen ketika berkarir di NASCAR

Kimi Raikkonen Tidak Hanya Eksis di Formula 1!

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 27 December 2018

uploads/news/2018/12/perjalanan-karir-kimi-raikkonen-958983c91d9d592.jpg

Perjalanan Karir Kimi Raikkonen

top-10-pebalap-formula-187340e6bfb77f5
SPORTKU.COM

Kimi Raikkonen begitu melekat di ingatan penggemar Formula 1. Namun tahukah bahwa Kimi Raikkonen tidak hanya balapan di Formula 1?

Jika bicara karir yang dijalani oleh Kimi Raikkonen, memang hampir 80 persen semuanya berada di balik kemudi mobil Jet Darat. Mulai 2001 hingga saat ini, pebalap kelahiran Finlandia tersebut terus konsisten di jalur Formula 1. Namun jangan salah, meskipun lekat sebagai Ferrari, sejatinya Kimi tidak hanya balapan di Formula 1, melainkan pernah mencicipi balapan lain seperti NASCAR dan WRC.

Pengalaman baru tersebut memang tidak begitu lama dijalani oleh pebalap berjulukan Iceman. Terhitung dari 2009 hingga 2012, Kimi bergonta-ganti cabang balap setelah memutuskan untuk hengkang dari panggung Formula 1. Ajang balap WRC dipilih lebih dulu sebagai pelampiasan untuk memuaskan adrenalinnya. Dalam karirnya di ajang reli dunia tersebut, Kimi bergabung bersama Tommi Makinen Racing (2009), Citroen Junior Team (2010) dan ICE 1 Racing (2011).

Kimi menjalani sebanyak 21 balapan reli dengan total 59 poin. Dalam kiprahnya, Kimi Raikkonen sukses meraih kemenangan saat reli berlangsung di Vosgien, Prancis, 2010. Kimi memenangkan enam stage dalam reli aspal tersebut. Namun saat seri berikutnya, ia tidak bisa start lantaran mobilnya mengalami crash ketika shakedown berlangsung. Reli pertama yang diikuti oleh mantan rekan satu tim Sebastian Vettel ini adalah reli Finlandia 2009 dan reli terakhirnya di reli Wales 2011.

Baca Juga :
Lewis Hamilton Diprediksikan Tidak Akan Pensiun dari Formula 1 

Selanjutnya, setelah mengadu nasib di WRC, Kimi Raikkonen pun terus mengasah kemampuannya di ajang balapan lain. Ia memilih NASCAR dan memulai debutnya 20 Mei 2011 dalam kejuaraan North Carolina Education Lottery 200 yang berlangsung di Charlotte Motor Speedway dan menuntaskan balapannya di posisi 15. Selama balapan NASCAR, Kimi bernaung di dua tim berbeda yakni Kyle Busch Motorsports dan NEMCO Motorsports. Kehadirannya di NASCAR tidak memberikan kemenangan satu pun selama ia berkarir.

Karirnya pun berlanjut lagi ke ajang Formula 1. Kimi memang tidak bisa dilepaskan begitu saja dari ajang balap Jet Darat tersebut. Dalam masa pelariannya, ia pun harus kembali ke dunia yang semestinya, Formula 1. Sejak memutuskan untuk kembali ke F1, ia tidak langsung berseragam Ferrari, melainkan sempat berada dua tahun di Tim Lotus dengan prestasi terbaiknya menempati peringkat ketiga di klasemen 2012.

Sementara itu, bicara tim yang pernah menjadi bagian dari Kimi Raikkonen terbilang cukup banyak. Di awal karirnya aktif dalam balap Formula 1, pebalap kelahiran 17 Oktober 1979 ini bergabung dengan Sauber. Tidak lama memang ia menempati kursi pebalap di Sauber. Sedangkan tahun berikutnya, ia memilih hijrah untuk berlabuh bersama McLaren. Iceman cukup banyak menghabiskan karirnya bersama McLaren. Tercatat, Kimi menghabiskan sekitar lima tahun di tim tersebut.

Selang berkarir bersama McLaren, Kimi pun melanjutkan dengan hijrah ke tim besar asal Italia, Scuderia Ferrari. Beruntung saat bernaung di bawah Scuderia Ferrari, Kimi seperti menemukan ritme terbaiknya di atas lintasan sirkuit. Tiga tahun bersama, di 2007 Kimi Raikkonen langsung meraih titel Juara Dunia pertamanya bersama Ferrari. Baru kemudian ia memutuskan hengkang dari F1 dan menekuni WRC dan NASCAR di sela-sela kesibukannya.

Rupanya adrenalin yang kuat memaksa Kimi untuk kembali dalam pertarungan Formula 1. Ia bergabung bersama Lotus di tahun 2012 dan 2013 sebelum akhirnya dipinang kembali oleh Scuderia Ferrari dari 2014 hingga 2018. Sedangkan musim depan, Kimi akhirnya kembali ke dalam pelukan Sauber yang merupakan tim pertamanya saat menjalani karir Formula 1 silam.

Baca Juga :
Kimi Raikkonen Beberkan Alasannya Hijrah dari Ferrari

Aksi Kimi Raikkonen saat balapan WRC 

top-10-pebalap-formula-715290ddbcbb4f5.jpg

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 27 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company