image

Nibali Incar Gelar Juara Double Giro dan Tour

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : UAE Team | Editor: Andi Wahyudi | 28 December 2018

SPORTKU.COM

Vincenzo Nibali (Bahrain-Merida) telah berlomba di Giro d'Italia dan Tour de France dalam tahun yang sama. Tapi belum mencatat prestasi.

Nibali memang belum meraih gelar juara double atau juara di 2 tour bergengsi tersebut pada tahun yang sama. Meski demikian, kegagalan Nibali dinilai wajar oleh pelatihnya, Paolo Slongo, mengingat ada sejumlah faktor. Paolo Slongo menyatakan bahwa tidak ada contoh yang nyata terkait peluang Nibali untuk menjadi juara Giro dan Tour sekaligus pada tahun 2019.

“Ini adalah pertama kalinya kami sangat ingin melakukan yang terbaik pada persaingan di GC (klasemen umum) di Giro dan Tour. Informasi tentang preseden itu tidak banyak digunakan,” kata Slongo.

“Data dari beberapa tahun terakhir ini lebih menarik. Kami telah berlomba di Tour dan Vuelta yang mirip kondisinya, sehingga kami memiliki data tentang itu. Bahkan pada tahun itu Vincenzo telah memulai balapan pada Januari. Pada 2019, kami mulai lebih lambat dan berharap memiliki energi yang lebih untuk Grand Tour. Jadi itu berbeda,” jelas Slongo.

Saat berusia 23 tahun, Nibali berada di posisi 11 di Giro 2008 dan posisi 20 di Tour. Dengan kata lain, dia adalah atlet yang sangat berbeda dengan veteran lainnya, yang ada lebih dari 1 dekade, yang akan membuat konser untuk mencoba di kedua race tersebut pada tahun depan.

Dari sisi fisik, kondisi Nibali pada tahun 2016 relatif sama dengan masa lalu. Tapi keikutsertaannya di Giro dan Tour waktu itu memiliki konteks yang berbeda.

Setelah memenangkan Giro, dengan pertarungan yang dramatis di Pegunungan Alpen, Nibali menjadikan Tour hanya sebagai persiapan untuk menghadapi Olimpiade Rio.

Baca juga:
PERAYAAN PERPISAHAN TITO TOMASI DENGAN MAVIC

Upaya Nibali untuk meraih gelar juara ganda pada 2019 tampaknya muncul sebagai bagian dari kompromi antara preferensi pebalap untuk Giro dan keinginan tim untuk tampil di Tour. Namun bukan hanya faktor itu, Slongo juga menyatakan bahwa keadaan lainnya turut berkontribusi pada keputusan tersebut.

Walaupun Tour 2014 dianggap mewakili performa terbaik Nibali selama race tiga minggu itu, Slongo tidak percaya akan hal itu. Dia memiliki kapasitas untuk mengambil dua Grand Tour secara berturut-turut pada saat itu dalam karirnya.

"Vincenzo berusia 34 tahun sekarang, dan dia mencapai tingkat kematangan fisik yang sangat tinggi. Semakin Anda tua, semakin tinggi beban kerja yang dapat Anda pertahankan. Jadi menurut kami, mengapa tidak mencoba untuk melakukan itu?” kata Slongo lagi.

"Pantani adalah pebalap terakhir yang melakukannya (juara double) dan itu adalah siklus yang sama sekali berbeda. Froome dan yang lainnya belum melakukannya. Jadi kami tahu, itu tidak akan mudah. Tetapi untuk pebalap seperti Nibali, kondisi tersebut dapat merangsangnya dan menjadinya sebagai tantangan. Kami belum pernah melakukan sebelumnya. Tetapi kami sudah sering membicarakannya. Jadi mengapa tidak mencobanya? " pungkas Slongo.

Pada tahun 2018, Chris Froome dan Tom Dumoulin melakukan upaya bersama untuk meraih gelar juara ganda – di Giro dan Tour. Froome memenangkan Giro dan berada di posisi ketiga klasemen umum di Tour. Sementara Dumoulin finish tempat kedua klasemen umum di setiap balapan tersebut.

Data Fakta

  • Vincenzo Nibali adalah pebalap Italia yang tergabung dengan Bahrain-Merida pada musim 2019.
  • Nibali menjadi juara Tour de France (2014) dan Giro (2013 dan 2016).
  • Saat ini terdapat 7 Pebalap yang menyandang gelar juara ganda (Giro-Tour) di tahun yang sama. Mereka adalah Jacques Anquetil, Fausto Coppi, Bernard Hinault, Miguel Induráin, Eddy Merckx, Marco Pantani dan Stephen Roche.


Vincenzo Nibali Juarai Milan-San Remo
vincenzo-nibali-juarai-milan-san-368397a3b10d772.jpg

Baca juga:
RAIH DUA KEMENANGAN, SOLSKJAER CATAT REKOR

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : UAE Team | Editor: Andi Wahyudi | 28 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Upaya Pemecahan Rekor Hour Record

Upaya Pemecahan Rekor Hour Record

RIDER
Polygon Gaet Dan Wolfe

Polygon Gaet Dan Wolfe

RIDER
Arti Kemenangan Lutsenko

Arti Kemenangan Lutsenko

RIDER
Tugas Anneke Beerten di Specialized

Tugas Anneke Beerten di Specialized

RIDER

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company