image

Rangkuman Satu Musim Gelaran Balap ISSOM 2018

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : SPORTKU | Editor: Andi Wahyudi | 28 December 2018

SPORTKU.COM

ISSOM 2018 telah usai dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu. Berikut catatan menarik dari gelaran tersebut selama satu musim 2018.

Dari sebelas slot yang mengisi ajang balap tersebut, terdapat beberapa slot yang statusnya menjadi Kejuaraan Nasional atau kejurnas. Diantara slot tersebut adalah Kejurnas Indonesia Touring Car Championship (ITCC), Kejurnas ITCC 1.600 Max, European Touring Car Championship (ETCC) 2000 Pro dan ETCC 3000 Pro. Dari kejuaraan tersebut juga telah melahirkan Juara bergengsinya.

1. Kejurnas ITCC 1.500
Di ajang kejurnas ini, nama pebalap Fitra Eri sukses mengunci gelar bergengsi tersebut. Bahkan, jalan untuk mengamankan gelar Juara Nasional, bukan perkara mudah untuk Fitra Eri. Ia beberapa kali harus bertarung sengit dengan rival-rival terdekatnya, seperti Rio SB dan Zharfan Rahmadi. Fitra yang berada di bawah naungan Honda Bandung Center, akhirnya berhasil mengamankan titel tersebut dari serbuan pebalap Honda Racing Indonesia (Rio SB) dan Banteng Motorsport (Zharfan Rahmadi).

2. Kejurnas ITCC 1.600 Max
Tahun ini persaingan di ajang Kejurnas ITCC 1.600 Max semakin seru dengan serangan balik yang dilancarkan oleh Honda Racing Indonesia. Alvin Bahar, pebalap dengan predikat tujuh kali Juara Nasional ITCC, sukses memperlambat Juara Nasional Haridarma selaku pebalap Toyota Team Indonesia. Sejatinya, tahun ini Toyota Team Indonesia harus mengakui kehebatan development yang dilakukan oleh Koh Iman dan Alvin Bahar dalam kejurnas tersebut.

3. ETCC 2000 Pro
Perseteruan antar pebalap di kejuaraan mobil Eropa ini bisa dikatakan sangat sengit. Pasalnya, dari seri pertama hingga seri terakhir yang berlangsung di BSD, Tangerang, masing-masing pebalap masih berpeluang untuk bisa Juara Nasional. Namun ketajaman waktu serta racikan strategi yang dilakukan oleh Andre Timothy selaku tuner Alta Racing yang menangani mobil BMW E36 milik Aldio Oekon, berhasil menghantarkan putera Donny M Oekon tersebut. Di musim pertamanya Aldio di kelas Pro, ia mampu membuktikan bisa menjadi yang terbaik di kejuaraan ETCC 2000 Pro.

4. ETCC 3000
Selain ETCC 2000 Pro yang menyajikan pertarungan sengit, kelas lainnya yang juga berlangsung ketat adalah ETCC 3000 pro. Kejuaraan yang digagas salah satunya oleh Andre Dumais ini, mengadu mobil-mobil lansiran Eropa dengan spesifikasi yang begitu hebat. Di tahun ini, pebalap Fastron Jakarta Ban Racing Team, sukses mengakhiri puasa gelarnya. Kerja keras selama bertahun-tahun, akhirnya berakhir manis. Ia mengalahkan poin pebalap lainnya seperti Ahmad Fadillah Alam, Setiawan Santoso, dan Benny Santoso.

Selain kemenangan tersebut, di tahun ini, gelaran tersebut juga memberikan warna baru. Suguhan ini adalah balapan malam hari, di mana pertunjukan ini adalah sebuah hal baru yang dibuat oleh Sirkuit Sentul dan ABM Enterprise. Suguhan baru ini, merupakan kado ulang tahun untuk sirkuit tercinta masyarakat Indonesia ini saat menginjak usianya yang ke-25 tahun.

Selanjutnya, di tahun ini pula, ISSOM kembali menyelenggarakan balapan jalan raya. Ini merupakan tahun kedua di mana BSD menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap ini. Animo peserta saat mengikuti keduanya, yakni balapan malam dan street race BSD, begitu tinggi. Beberapa pebalap rela hijrah dari balapan satu ke balapan lain guna merasakan sensasi balapan malam dan balapan di sirkuit jalan raya.

Baca Juga :
Aksi Pebalap Bangkitkan Adrenalin Balap Touring

 

Baca Juga :
Honda Raih Penghargaan dari ISSOM

 

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : SPORTKU | Editor: Andi Wahyudi | 28 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company