image Aksi pebalap di etape 14 Giro d'Italia

Grand Tour, Balap Sepeda Terbesar dan Terberat di Dunia

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Berbagai Sumber | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: berbagai sumber | 28 December 2018

uploads/news/2018/12/grand-tour-157990df764b6d5.jpg

Grand Tour, Arena Pembuktian Pebalap

giro-d-italia-2018-209514c5a98738e
SPORTKU.COM

Dalam dunia olahraga balap sepeda terdapat istilah Grand Tour (tour besar).

Grand Tour (GT) merupakan tour yang paling penting dan paling bergengsi karena menjadi ajang pembuktian bagi pebalap dan tim terkuat di dunia. Menjadi juara di ajang ini akan menjadi gengsi tersendiri bagi pebalap dan tim.

Tour ini sebut besar karena merupakan tour balap sepeda yang terlama dan terberat di dunia. Tour ini berlangsung selama sekitar tiga minggu dan yang terbagi dalam puluhan etape serta menempuh jarak hingga ribuan km.

Dengan lamanya waktu dan beratnya medan yang dilalui oleh para pebalap, Grand Tour memiliki status tersendiri. Tour ini memberikan poin tertinggi, diantara tour lainnya, bagi para pemenang dan pesertanya.

Grand Tour ditujukan kepada 3 buah tour balap sepeda di Eropa, yakni Giro d'Italia (Tour Italia), Tour de France (Tour Prancis) dan Vuelta a Espana (Tour Spanyol). Ketiga tour ini memang tour yang ikonik di dunia, mengingat telah digelar sekitar 1 abad. Penyelenggaraan Giro 2018 misalnya, merupakan edisi yang ke-101.

Dalam kalender balap sepeda UCI, GT termasuk dalam rangkaian tour dunia (UCI WorldTour) di setiap musim balapan.

Giro d'Italia
Giro d'Italia atau yang biasa disebut dengan Giro menjadi tour pertama dalam agenda GT setiap tahunnya.

Biasa digelar pada bulan Mei hingga Juni, Giro diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 1909 oleh sebuah harian olahraga di Italia, La Gazzetta dello Sport, dan ditujukan sebagai ajang untuk memperkenalkan sekaligus penjualan harian tersebut.

Penyelenggaraan Giro sempat terhenti saat terjadi perang dunia. Namun dilanjutkan kembali setelah masa kelam itu berakhir.

Rute yang ditempuh di Giro pada umumnya di wilayah Italia. Namun, pada beberapa edisi sebelumnya, Giro pernah merambah negara lain di luar Italia. Pada Giro 2018 misalnya, Big Start (lokasi start hari pertama tour) dilakukan di Yerusalem, Israel. Sedangkan untuk finish selalu berlangsung di Roma, Italia.

Di Giro terdapat sejumlah jersey yang dianggap “sakral” dan yang paling bergengsi adalah Maglia Rosa (jersey berwarna merah muda) yang dikenakan oleh pebalap yang memiliki waktu tercepat atau calon juara umum. Karena sifat perhitungan waktu yang berupa akumulasi, pemakai Maglia Rosa bisa berganti dalam setiap etape.

Selain Maglia Rosa, di Giro juga terdapat jersey ikonik lainnya, diantaranya Maglia Azzura (jersey biru - untuk pebalap tercepat di medan tanjakan), Maglia Ciclamino (jersey merah marun- untuk sprinter tercepat) dan Maglia Bianca (jersey putih untuk pebalap muda terbaik).

Bila Giro d'Italia ditujukan untuk pebalap putra, maka untuk pebalap putri juga terdapat event Giro Rosa. Event ini juga menjadi salah satu tour dunia balap sepeda yang juga memiliki gengsi tertinggi.

Baca juga:
EROPA DOMINASI TIM MTB DUNIA

Tour de France
GT berikutnya adalah tour balap sepeda yang paling populer di dunia, yaitu Tour de France.

Digelar pada bulan Juli setiap tahunnya, Tour de France diselenggarakan pertama kali pada tahun 1903. Seperti Giro, tour ini juga diinisiasi oleh surat kabar di Prancis, L'Auto, dengan juaranya waktu itu adalah Maurice Garin.

Tour terbesar di Prancis ini biasanya dimulai di wilayah Prancis atau bahkan di luar Prancis. Tapi, sesuai dengan tradisi, race ini akan berakhir di Champs-Élysées di Ibukota Prancis, Paris. Tour yang juga biasa dikenal Le Tour ini menempuh sejumlah kawasan yang menjadi langganan dengan medan yang berat, yaitu rangkaian pegunungan Pyrenees dan Alpen.

Tour memiliki beberapa jersey yang istimewa di kalangan pebalap dan tim, diantaranya jersey kuning (untuk pebalap tercepat), jersey hijau (untuk pebalap dengan poin terbaik), jersey polkadot (pebalap tanjakan terbaik atau raja tanjakan) dan jersey putih (untuk pebalap muda terbaik).

Vuelta a Espana
Sebagai GT terkahir di setiap musim balapan, tour besar di spanyol ini digelar pertama kalinya pada 1935, yang dimenangkan oleh pesepeda Belgia Gustaaf Deloor. Tour ini digelar setiap tahun yang biasanya pada Agustus – September (sejak 1995).

Sesuai dengan namanya, tour ini berlangsung di wilayah Spanyol dengan melintasi jajaran pegunungan Pyrenees yang menantang dan berakhir di Madrid ibukota Spanyol.

Jersey merah menjadi jersey ikonik Vuelta. Jersey tersebut menandakan pebalap tercepat atau juara. Selain itu, ada pula jersey hijau (kategoto poin), polkadot biru (pendaki terbaik] dan putih (kombinasi). Untuk edisi tahun 2019, jersey putih akan diganti, menjadi kategori pebalap muda terbaik.

Ketiga tour di atas menjadi tour yang paling disorot, terutama Tour de France, karena menempuh yang mencapai ribuan kilometer, durasi yang panjang dan sejauh ini kerap memunculkan kontroversi.

 

Data Fakta:

  • Peserta grand tour adalah pebalap profesional yang tergabung dalam tim berstatus "WorldTour (WT)" dan tim kontinental profesional yang bersifat undangan.
  • Tour de France merupakan tour tertua di GT, dengan pertama kali gelar pada tahun 1903.
  • Seluruh pemenang Musim 2018 berasal dari Inggris.

 

Baca juga:
NATAL KELABU BAGI MANCHESTER CITY

Kawasan Lagos de Covadonga yang memiliki medan berat (Tim de Waele/TDWSport.com)

vuelta-a-espana-2018-37628d83d646ba2.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Berbagai Sumber | Editor: Andi Wahyudi | Media Source : berbagai sumber | 28 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company