image Real Madrid menjuarai Liga Champions 2018 Prancis menjadi raja dunia Transfer Ronaldo ke Juventus di musim panas 2018

Kaleidoskop Sepak Bola Dunia, 2018 Milik Luka Modric

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 28 December 2018

uploads/news/2018/12/2018-milik-luka-modric-5305725b813bc77.jpeg

2018 Milik Luka Modric

2018-tahun-modric-8510913874e635a
2018-tahun-modric-655744267a9065c
2018-tahun-modric-953889145c0d580
SPORTKU.COM

Tahun 2018 segera berakhir, tentu tidak ada salahnya jika mengingat apa yang sudah terjadi di sepak bola dunia sepanjang tahun.

Berbagai kejadian di sepak bola dunia terjadi sepanjang tahun 2018. Yang paling terekam dalam ingatan tentu saja pesta sepak bola terbesar, Piala Dunia yang dihelat di Rusia. Di ajang empat tahunan itu, juara bertahan Jerman merasakan aib terbesar karena tersisih di fase grup setelah dipermalukan Korea Selatan. 

Berikutnya Real Madrid yang sukses mencatat hattrick juara Liga Champions untuk ketiga kalinya. Dari bursa transfer, semua pasti sepakat bahwa hengkangnya Cristiano Ronaldo ke Juventus di musim panas 2018 lalu paling menyedot perhatian. 

Untuk lebih lengkap, berikut SPORTKU himpun catatan penting yang terjadi di sepak bola dunia. 

Hattrick Juara Real Madrid di Eropa

Real Madrid mencatatkan sejarah di pentas Liga Champions Eropa setelah mengalahkan Liverpool di final dengan skor 3-1. Dua gol Gareth Bale dan Karim Benzema hanya dibalas sebiji gol lewat kaki Sadio Mane sehingga Los Blancos kembali menasbihkan diri sebagai Raja Eropa.

Pada pertandingan tersebut, yang paling diingat pastinya dua kesalahan konyol dari kiper The Reds, Loris Karius. Bagaimana tidak, dua kesalahan tersebut membuat dua kali pula gawangnya kebobolan. 

Piala Dunia 2018, Milik Prancis

Ajang empat tahunan ini pastinya sangat ditunggu pecinta sepak bola seluruh dunia. Banyak momen tidak terduga dan sangat penting terjadi di Rusia. Seperti kekalahan Jerman dari Meksiko dan Korea Selatan.

Kemudian tersingkirnya Lionel Messi bersama timnas Argentina di babak 16 besar oleh Prancis. Sampai performa tim kuda hitam, Kroasia yang tidak terhentikan hingga babak final. Meski di laga pamungkas, Prancis dengan skuat bertabur bintang mampu mengatasi perlawanan Kroasia dengan skor 4-2. 

Catatan cukup menarik terjadi pada laga ini karena Kylian Mbappe (19 tahun) jadi pemain termuda ketiga sepanjang sejarah yang berlaga di final Piala Dunia. Catatan ini sebelumnya pernah diraih Pele (17 tahun) bersama Brasil pada 1958 dan Giuseppe Bergomi (18 tahun) saat Piala Dunia 1982.

Baca Juga :
Knalpot MotoGP Bantu Dongkrak Performa

Transfer Ronaldo ke Juventus

Setelah sembilan musim membela Real Madrid, secara mengejutkan Ronaldo memutuskan hengkang menuju Serie A. Juventus merupakan klub yang dituju CR7 sebagai pelabuhan anyarnya. Uang sebesar Rp1,8 triliun diberikan Si Nyonya Tua kepada Madrid sebagai mahar transfer.

Jumlah yang sangat besar pastinya mengingat Ronaldo sudah berusia 33 tahun. Akan tetapi, faktor usia bukan jadi persoalan karena dengan datangnya Ronaldo, Juventus sudah merasakan berbagai keuntungan, seperti nilai saham meningkat, kemudian penjualan jersey yang sangat menguntungkan dan tetek bengek lainnya. Juve menang banyak!

2018 Tahunnya Modric

Di tahun 2018 ini, kita tidak bisa melepaskan nama yang satu ini, yakni Luka Modric. Gelandang mungil bertinggi badan 172cm ini sukses menyabet penghargaan FIFA Best Player 2018 setelah mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Mohamed Salah.

Performa Modric selama Piala Dunia berlangsung menjadi indikator utama dirinya menyabet penghargaan tersebut. Secara spartan, Modric bisa memimpin rekan-rekannya menjadi tim yang sangat ditakuti di Rusia lalu. 

Belum lagi, bersama klub dia meraih tiga gelar Liga Champions secara beruntun. Makin lengkap saja, setelah pada 3 Desember, Modric kembali menjadi yang terbaik dalam penghargaan Ballon d’Or 2018. 

Lagi-lagi dirinya mengalahkan Ronaldo yang duduk di tempat kedua dan Antoine Griezmann. Fakta menarik di sini, Modric merupakan pemain pertama dalam kurun waktu 10 tahun terakhir yang menghentikan dominasi Messi-Ronaldo. Seperti diketahui, sejak 2008, nama Messi dan Ronaldo selalu bergantian meraih Ballon d’Or. 

Trofi lainnya yang didapat mantan pemain Tottenham Hostpur tersebut adalah Piala Dunia Klub 2018 bersama Real Madrid yang berlangsung Sabtu (22/12) lalu. 

Modric ketika mendapat gelar Ballon d'Or 2018

2018-tahun-modric-7605315ab617206.jpg

Data Fakta:

  • Didier Deschamps sebagai orang ketiga setelah Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer yang mampu merebut gelar Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.
  • Final Piala Dunia 2018 menjadi final dengan gol terbanyak (6 gol) sejak Piala Dunia 1966. Hanya Piala Dunia 1958 yang memiliki jumlah gol terbanyak, yakni 7 gol.
  • Kesuksesan Modric meraih Ballon d’Or membuat dalam 11 tahun terakhir peraih Ballon d’Or selalu dari LaLiga.
  • Modric jadi pemain Kroasia pertama yang mendapatkan gelar Ballon d’Or.
  • Modric sukses menghentikan dominasi Ronaldo-Messi dalam 10 tahun terakhir.
  • Real Madrid jadi tim pertama dalam sejarah yang berhasil meraih gelar Liga Champions tiga kali berturut-turut dan membuatnya menjadi yang terbanyak dalam sejarah (13 gelar).
  • Real Madrid tim terbanyak peraih gelar Piala Dunia Klub dengan torehan 4 gelar.

 

Baca Juga :
Natal Kelabu Bagi Manchester City

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 28 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Presiden Jokowi Beri Apresiasi Timnas

Presiden Jokowi Beri Apresiasi Timnas

FOOTBALL
Sarri: Kepa Tetap Pilihan Utama

Sarri: Kepa Tetap Pilihan Utama

FOOTBALL
Solari: Kami Kalah Terhormat!

Solari: Kami Kalah Terhormat!

FOOTBALL
Hajar Madrid, Valverde Merasa Aneh

Hajar Madrid, Valverde Merasa Aneh

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company