image

Lewat Mural, Pelaku Olahraga Dunia Diabadikan

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : BBC | Editor: Andi Wahyudi | 29 December 2018

SPORTKU.COM

Inilah sederet foto mural para pelaku olahraga, mulai dari pelatih sampai atlet dari berbagai macam disiplin olahraga.

Para pelaku olahraga, baik atlet maupun pelatih kerap menjadi inspirasi banyak orang. Atas dasar itulah, mereka pun dikenang dalam mural atau lukisan wajah diri mereka di tembok atau dinding yang bahkan bukan di negara mereka sendiri.

Jurgen Klopp misalnya, pelatih asal Jerman yang kini menukangi Liverpool menjadi salah satu pelaku olahraga yang menjadi mural di kota Liverpool, tepatnya di Jamaica Street. Tak heran, di tangan mantan pelatih Borrusia Dortmun tersebut, The Reds menjelma sebagai salah satu tim yang dicalonkan untuk menjadi juara Liga Primer Inggris di musim ini.

Jurgen Klopp (BBC)
pelaku-olahraga-dunia-diabadikan-3286034a80f4b57.jpg

Neymar, pesepakbola Brasil yang kini membela PSG menjadi salah satu mural terbesar di New Orleans, Amerika Serikat. Gambar dirinya terpampang dalam tembok seluas 10.000 kaki. Mural ini dibuat dalam rangka menyambut Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia pertengahan tahun ini.

Neymar (BBC)
pelaku-olahraga-dunia-diabadikan-6355762f4ea37b0.jpg

Sementara di tempat Neymar berkarir, di Prancis terdapat mural dari legenda tinju dunia, Muhammad Ali yang dikenang sebagai petinju terbaik sepanjang masa. Dalam mural tersebut ia berhasil mengalahkan tokoh fiksi terkuat, Ryu dari seri video game Street Fighter.

Muhammad Ali (BBC)
pelaku-olahraga-dunia-diabadikan-897687fbfcb2b8a.jpg

Baca juga
Daftar Pertarungan ONE Championship Jakarta

Kembali ke Inggris, wajah Claudio Ranierri dan Claudio Ranieri dan dua anak aushnya di Leicester City Kasper Schmeichel dan Shinji Okazaki menjadi bahan mural dalam mengenang kontribusi ketiganya ketika bahu membahu membawa Leicester City Juara Liga Primer Inggris pada musim 2015/2016 silam.

Claudio Ranieri (BBC)
pelaku-olahraga-dunia-diabadikan-68671e7dbc63a23.jpg

Selain atlet sepakbola, LeBron James yang merupakan atlet basket pun menjadi bahan mural. Bahkan dalam mural dirinya itu ditulis The King of LA atau raja dari Los Angeles. Tak heran, ia memang menjadi idola bagi warga LA, terutama bagi penggemar Los Angeles Lakers.

LeBron James (BBC)
pelaku-olahraga-dunia-diabadikan-181331e12d1061c.jpg

Jika sebelumnya mural didominasi pria, Ronda Rousey pun mendapatkan kehormatan sebagai salah satu atlet wanita yang menjadi mural. Tak heran, atlet MMA itu memiliki prestasi yang gemilang sehingga menjadi salah satu atlet yang memiliki banyak idola.

Ronda Rousey (BBC)
pelaku-olahraga-dunia-diabadikan-53256240f6ad6c1.jpg

Mantan sprinter terbaik di dunia yang telah pensiun pada tahun 2017 lalu, Usain Bolt pun menjadi salah satu tokoh olahraga yang dibuatkan mural. Bahkan, mural tersebut dibuat di London, tempat di mana ia sukses meraih medali emas Olimpiade serta tempat ia menutup karir sebagai atlet atletik.

Usain Bolt (BBC)
pelaku-olahraga-dunia-diabadikan-28828bd37d3734f.jpg

Di Argentina, banyak yang menganggap bahwa Diego Maradona selevel dengan dewa. Tak heran ia sering menjadi bahan mural, bahkan patung untuk dirinya pun sudah dibangun. Namun dari sekian banyak mural, yang epik adalah ketika dirinya disandingkan dengan Lionel Messi menyamai lukisan Michelangelo di mana Maradona sebagai dewa dan Messi sebagai Adam.

Diego Maradona dan Lionel Messi (BBC)
pelaku-olahraga-dunia-diabadikan-1689563f2b20b4b.jpg


Baca juga

Sebastien Ogier Lontarkan Protes Kepada Penyelenggara WRC

 

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : BBC | Editor: Andi Wahyudi | 29 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company