image

FIFPro dan UEFA Minta Pertandingan Dihentikan Jika Ada Tindakan Rasis

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | 29 December 2018

SPORTKU.COM

Persatuan Pesepakbola Seluruh Dunia (FIFPro) dan UEFA, mengutuk keras tindakan rasisme yang baru saja menimpa Kalidou Koulibaly.

Perlakuan rasis yang diterima Koulibaly didapat kala membela Napoli saat berhadapan dengan tuan rumah Inter Milan pada Kamis (27/12) dini hari WIB. Dalam pertandingan tersebut, suporter Inter terus menirukan suara monyet ketika Koulibaly menguasai bola hampir di sepanjang laga.

Akibat hal tersebut, penampilan Koulibaly jadi tidak maksimal dan alhasil dirinya diusir wasit akibat menerima kartu kuning kedua di 10 menit jelang laga berakhir. Setelah pertandingan, Carlo Ancelotti pun mengungkapkan kekesalannya terhadap wasit yang memimpin laga.

Pasalnya, Ancelotti mengaku sudah meminta wasit untuk menghentikan pertandingan namun tidak digubris. "Saya benar-benar marah karena kami sudah meminta tiga kali agar pertandingan dihentikan sementara. Apa yang menimpa Koulibaly jelas sangat buruk untuk sepak bola Italia," jelas Ancelotti dikutip BBC.

Baca Juga :
Messi Sebut Dembele Pemain Fenomenal

Dan kini, UEFA serta FIFPro buka suara terkait kasus rasisme yang menimpa Koulibaly. Secara tegas, dua organisasi itu mengutuk dan meminta kepada wasit untuk menghentikan laga jika ada kasus serupa terjadi.

"FIFPro dan UEFA sangat prihatin dengan insiden rasis yang tidak dapat diterima dan apa yang terjadi di lapangan sebagai kegagalan untuk menghormati aksi anti rasisme sebagai langkah yang sudah diatur dengan jelas," bunyi pernyataan resmi UEFA dan FIFPro.

"Jika wasit mengetahui adanya tindakan rasis yang serius maka harus diberitahu oleh wasit keempat sehingga langkah pertama pertandingan harus dihenikan dan membuat pengumuman di stadion agar suporter berhenti berlaku rasis. Jika masih terjadi, maka wasit harus menghentikan laga untuk jangka waktu tertentu dan meminta tim masuk ke ruang ganti. Langkah terakhir jika masih terjadi maka wasit benar-benar menghentikan pertandingan dengan bantuan delegasi UEFA serta keputusan para ofisial".

Koulibaly usai menerima kartu merah dari wasit

rasis-koulibaly-2500058d4652353.jpgBaca Juga :
Suporter Rasis, Inter Milan Dihukum

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | 29 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company