image

Kasihan Hazard!

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 30 December 2018

SPORTKU.COM

Jika ada satu pemain Chelsea yang punya tugas sangat berat di musim ini, pemain tersebut adalah Eden Hazard.

Di musim ini, bersama Maurizio Sarri sebagai pelatih, peran Hazard terlihat begitu vital. Bagaimana tidak, baik atau buruknya performa The Blues terkadang tergantung performa dari Hazard di atas lapangan.

Pemain yang berposisi natural sebagai winger ini bahkan menjadi top skor sementara Chelsea dengan torehan 12 gol dari 22 penampilan. Lebih tajam dibanding striker sebenarnya Alvaro Morata (7 gol) dan Olivier Giroud (5 gol).

Dalam beberapa laga terakhir, Sarri sebagai pelatih punya kebiasaan memainkan Hazard di sektor ujung tombak dengan peran seorang false nine (striker palsu). Hal tersebut dilakukan oleh Sarri karena sudah jengah dengan mandulnya barisan striker The Blues musim ini.

Tidak hanya mencetak gol, Hazard pun sukses memberikan sembilan assists. Bisa dibilang setengah gol Chelsea musim ini merupakan andil besar dari seorang Hazard.

Tanpa bermaksud mengecilkan pemain lain, namun Hazard memang sangat dominan. Dikutip dari Squawka, Hazard merupakan pemain yang paling dominan di Premier League dari 19 laga yang sudah berjalan.

Dari catatan yang ada, Hazard merupakan pemain yang paling sering dilanggar (59 kali), kemudian pemain terbanyak yang berhasil melakukan dribbel (52 kali), dan yang terakhir,ia jadi yang paling banyak menciptakan peluang (50 kali).

Dari torehan tersebut, sudah jelas bahwa Hazard merupakan pemain yang paling sibuk di kubu Chelsea sejauh ini dengan peran yang sangat penting bagi tim asuhan Sarri. Hal ini pastinya akan menimbulkan dua mata pisau bagi Chelsea, di satu sisi pastinya seluruh penggemar Chelsea senang melihat Hazard tampil luar biasa musim ini.

Baca Juga:
Soal Hazard, Sarri: Perpanjang Kontrak Atau Pergi!

Akan tetapi di sisi lain, ketergantungan terhadap Hazard yang begitu tinggi bisa menjadi bumerang. Seandainya Hazard bermain buruk, atau dikawal ketat pemain lawan, maka Chelsea akan mati kutu.

Peran false nine yang saat ini dimainkannya memang membuat Hazard bisa bergerak bebas dan mungkin saja mencetak banyak gol. Namun, hal tersebut sebenarnya 'menyiksa' Hazard yang secara postur bisa dibilang cukup mungil.

Menghadapi bek di Premier League yang tinggi besar pasti sangat menyulitkan bagi pemain berpaspor Belgia itu. Contoh nyata ketika Chelsea dipermalukan Leicester City di Stamford Bridge 22 Desember lalu.

Di pertandingan tersebut, Leicester dengan cerdik menumpuk pemain di lini belakang, yang membuat Hazard tidak bisa bergerak leluasa untuk menciptakan peluang. Bahkan pada laga itu, Hazard harus kehilangan bola sebanyak tiga kali, karena rapatnya pertahanan The Foxes.

Dan yang terbaru saat mereka mengalahkan Watford 2-1 tengah pekan lalu. Di pertandingan tersebut Hazard lagi-lagi menjadi pemain yang sangat aktif bergerak mencari ruang.

Berdasarkan catatan Whoscored, Hazard melakukan sentuhan sebanyak 80 kali dengan bola. Catatan tersebut bahkan mengalahkan N'Golo Kante (66 kali) dan jauh meninggalkan Pedro Rodriguez sebagai pemain depan yang hanya melakukan 38 sentuhan.

Hazard saat ini memang sangat diandalkan oleh Chelsea menjadi juru gedor di depan. Sayangnya, hal tersebut juga membuatnya seakan bekerja seorang diri, patut diingat posisi terbaik Hazard adalah winger kiri, bukan seorang target man di depan.

Meski sebagai false nine bukan posisi baru bagi Hazard, karena ketika era Antonio Conte hal ini pernah dilakukannya. Tepatnya ketika Chelsea dibekap Manchester City dan bermain imbang kontra Barcelona di Liga Champions.

"Sejujurnya saya tidak suka bermain sebagai false nine. Itu bukan kualitas saya sebenarnya. Jika harus memilih, saya lebih menyukai bermain seperti biasa, di sektor sayap. Tapi semuanya tergantung pelatih, yang jelas, di sayap saya merasa lebih nyaman," jelas Hazard ketika itu.

Sayangnya, dengan mandulnya dua striker The Blues, mau tidak mau, Hazard dipaksa menjalankan posisi tersebut. Tidak ada yang salah memang, karena selagi memberikan kontribusi maksimal, pasti semua penggemar Chelsea akan merasa puas.

Tetapi, perlu diingat, hal ini bisa menjadi masalah untuk Chelsea jika lawan sudah membaca dengan baik skema dari Maurizio Sarri. Jika hal ini terjadi, maka penggemar Chelsea harus siap melihat Hazard bermain bak seorang manekin yang hanya berdiam di dalam kotak penalti lawan tanpa memberikan kontribusi nyata.

Aksi Hazard saat mencetak gol ke gawang Watford

eden-hazard-571318fd61b182b.jpg

Data Fakta:

  • Hazard menjadi pemain tertajam Chelsea musim ini dengan torehan 12 gol.
  • Selain mencetak gol, Hazard merupakan pemberi assists terbanyak, 9 assist.
  • Hazard pemain paling dominan di Premier League musim ini
  • Di musim ini, jika Hazard mencetak gol maka kemungkinan Chelsea memenangi pertandingan sangat besar

 

Baca Juga:
Natal Kelabu Bagi Manchester City

Baca Juga:
Kaleidoskop Sepak Bola Dunia, 2018 Milik Luka Modric

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 30 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company