image Karamoko Dembele debut bersama Celtic (Kickoff) Karamoko Dembele ketika pemanasan dengan pemain Timnas Skotlandia U-16 (CGTN) Karamoko Dembele ketika pemanasan dengan pemain Celtic U-20 (The 18)

Mengenal Karamoko Dembele, Bocah 15 Tahun yang Mendapatkan Kontrak Profesional di Celtic

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Berbagai Sumber | Editor: Andi Wahyudi | 31 December 2018

uploads/news/2018/12/mengenal-karamoko-dembele-wonderkids-46177d575700412.jpg

Mengenal Karamoko Dembele, Wonderkids Celtic

karamoko-dembele-the-sun--45606ada6f2a7d3
karamoko-dembele-the-sun--436810a4f0e85f7
karamoko-dembele-the-sun--67004086cba542d
SPORTKU.COM

Mengenal Karamoko Dembele bocah ajaib berusia 15 tahun yang mendapatkan kontrak profesional dari Celtic.

Klub raksasa asal Skotlandia, Celtic membuat gebrakan jelang pembukaan bursa transfer musim dingin. Manajemen klub berjuluk The Hoops itu memberikan kontrak sebagai pesepakbola profesional kepada bocah berusia 15 tahun, Karamoko Dembele.

Dembele yang memiliki nama panggilan Kaddy itu mendapatkan kontrak dengan durasi selama tiga musim bersama klub asal Glasgow tersebut. Dengan demikian, ia akan berada di klub tersebut sampai tahun 2021 atau di saat usianya mencapai umur 18 tahun.

"Kontrak ini sangat berarti buat saya, untuk membuat karier profesional di Celtic. Saya datang ke sini ketika masih sangat muda. Setelah semua hal yang saya dan keluarga lalui bersama, kontrak ini sangat baik dan membuat mereka bangga," ucap Dembele seperti dikutip dari The Guardian.

Dengan diberikannya kontrak profesional tersebut, Dembele pun mengaku semakin termotivasi untuk bisa menembus skuat utama Celtic yang dihuni oleh pemain yang lebih senior dan juga kaya akan pengalaman.

"Tujuan saya adalah bermain untuk tim utama. Begitu saya bisa, saya akan mencoba masuk ke tim utama, 100 persen. Di tim cadangan, di setiap sesi latihan dan setiap pertandingan – saya selalu ingin membuktikan diri kepada manajer bahwa saya bisa bermain di tim utama," ungkapnya.

Tak heran bila Celtic mengambil ancang-ancang dengan memberikan kontrak profesional kepada Dembele meski usianya baru 15 tahun— yang menjadi sebuah hal yang tak lazim mengingat pemain muda biasanya baru akan diberikan kontrak profesional di usia 17 tahun—lantaran wonderkids yang mereka miliki itu menjadi incaran tim besar Eropa lainnya.

Sebelumnya, Dembele sempat mengejutkan publik sepak bola setelah dipromosikan ke tim Celtic U-20 di usianya yang baru mencapai 13 tahun pada Oktober 2016 silam di mana ia bermain dengan pesepakbola yang usianya rata-rata tujuh tahun di atasnya.

Keputusan mempromosikan Dembele dari U-13 ke U-20 sendiri sebelumnya lantaran banyak pemain yang berada di U-20 itu dipanggil Timnas Skolandia. Namun penampilan pemain kelahiran London, Inggris itu dapat dikatakan tak buruk, bahkan membuat decak kagum lantaran kemampuannya sebagai pemain yang sudah matang jauh dari pemain seusianya.

Karamoko Dembele ketika pemanasan dengan pemain Timnas Skotlandia U-16 (CGTN)
karamoko-dembele-the-sun--436810a4f0e85f7.jpg

Baca juga
Respiro, Pakaian Resmi Tim MotoGP

Dembele dikenal memiliki kecepatan luar biasa dalam mendrible bola dan memiliki ketajaman yang luar biasa di depan gawang. Aksinya pertama kali diketahui banyak pihak ketika ia menjadi pemain terbaik di ajang pembinaan usia dini St Kevin's Boys Academy Cup U-13 yang diikuti oleh tim-tim sepakbola terbaik di Eropa, termasuk Barcelona yang dikenal memiliki akademi klub sepakbola terbaik di dunia.

Meski memiliki leluhur dari Pantai Gading dan memiliki kekerabatan dengan legenda sepakbola negara tersebut seperti Yaya Toure dan Kolo Toure, Dembele memilih membela Skotlandia, tepatnya di tim U-16 pada 19 Oktober 2016 lalu dengan mengikuti ajang Victory Shield 2016.

Namun usai mengikuti turnamen, Dembele justu memilih pindah untuk bermain bagi Timnas Inggris U-15. Dembele menjalani pertandingan melawan Turki dan memberikan kontribusi dengan mencetak assist dalam kemenangan 5-2 di tahun 2016.

Di masa lalu, ada sosok yang mirip dengan Dembele, yakni pemain asal Amerika Serikat Freddy Adu yang sudah mendapatkan kontrak profesional di usia 14 tahun bersama DC United. Ia bahkan digadang-gadang akan menjadi penerus Pele oleh Pele sendiri.

Sempat menjajal karir di Eropa bersama Benfica dan Monaco. Namun di usianya yang kini 29 tahun ia hanya bermain di Las Vegas Lights yang bermain di Divisi Kedua Liga Amerika Serikat.

Dembele sendiri mengaku bahwa dirinya mendapatkan tekanan yang luar biasa mengingat usianya masih muda namun telah mendapatkan popularitas yang tinggi dan membuatnya terlena serta bisa berdampak buruk bagi perkembangan karirnya di masa depan.

Meski demikian, Dembele yakin bahwa ia bisa melewati hal tersebut mengingat ia didukung penuh oleh keluarga dan rekan-rekannya.

“Saudaraku Siriki, yang bermain untuk Peterborough United, pertama kali mengajari saya cara bermain sepakbola. Saya tidak selalu tertarik dengan sepakbola tetapi dia membawa saya dan dia membantu saya. Dia membantu saya dalam semua hal yang saya lakukan. Jika saya memiliki permainan yang buruk, dia akan berbicara dengan saya dan dia akan berkata: "Jangan menyerah, jaga moral Anda tetap tinggi," ungkapnya.

Karamoko Dembele ketika pemanasan dengan pemain Celtic U-20 (The 18)
karamoko-dembele-the-sun--67004086cba542d.png

Data Fakta:

  • Karamoko Dembele memiliki saudara bernama Siriki Dembele yang kini bermain di Peterborough United yang berkompetisi di League One atau setara dengan Divisi Ketiga Liga Inggris.
  • Karamoko Dembele bergabung bersama Celtic sejak berusia 10 tahun di 2013 silam.

 

Baca juga
Barcelona Bantah Tudingan 'Mencuri' Rabiot

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Berbagai Sumber | Editor: Andi Wahyudi | 31 December 2018

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Ferguson Kembali Tangani Man. United

Ferguson Kembali Tangani Man. United

FOOTBALL
Melihat Sepak Terjang Joko Driyono

Melihat Sepak Terjang Joko Driyono

FOOTBALL
Penyebab Buruknya Penampilan Chelsea

Penyebab Buruknya Penampilan Chelsea

FOOTBALL
Jokdri Tak Terkait Pengaturan Skor

Jokdri Tak Terkait Pengaturan Skor

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company