image

Ini Letak Perbedaan Mobil Formula E Gen 1 dan Gen 2

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : FIA Formula E | Editor: Andi Wahyudi | 3 January 2019

SPORTKU.COM

Kejuaraan FIA Formula E telah memasuki musim kelima. Seperti apa perbedaan mobil baru generasi kedua dengan yang sebelumnya?

Banyak hal baru di musim anyar balapan mobil listrik pertama yang disahkan oleh FIA. Selain tim, format baru, sistem kualifikasi grup, dan beberapa regulasi mengalami perubahan, metamorfosa mobil generasi kedua juga tak kalah menarik untuk disimak.

CEO Formula E sebelumnya, Alejandro Agag pernah mengatakan, bahwa kompetisi mobil listrik ini bertujuan untuk menjadi beda. Maka, sayap depan pada mobil generasi pertama memberikan tampilan yang berlainan dengan mobil balap lain di luar sana.

"Saya rasa ini adalah tambahan baru yang bagus untuk mobil kami dan menekankan fakta bahwa inilah kejuaraan modern, berpikiran maju yang mengambil pendekatan berbeda dibanding kejuaraan balap lainnya," kata Agag.

Pada musim 2017/2018 untuk biaya keseluruhan mobil diperlukan biaya sekira Rp7,8 M. Namun, tim rata-rata dapat menghemat hampir Rp4,9 M dikarenakan mereka hanya membutuhkan dua mobil tiap balapan, dari yang sebelumnya empat.

Berbeda dengan mobil 2018/2019, dengan adanya peningkatan teknologi dan keterlibatan manufaktur yang menyiratkan bahwa balapan mobil listrik akan menghadapi musim terbesarnya, transformasi mobil yang diberi nama Gen2 ini memiliki kemampuan untuk menempuh jarak satu balapan penuh. Sehingga pebalap tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk menukar mobilnya pada pertengahan balapan.

Beberapa waktu lalu Presiden FIA, Jean Todt pernah mengatakan, mobil Gen2 banyak menyimpan kejutan, "Kami ingin memberikan kejutan manis. Mobil musim kelima akan mengejutkan dengan sejumlah teknologi baru dan unsur keselamatan pada mobil. Bagi saya Formula E adalah kategori visioner dalam dunia balap," ucap Todt.

Berikut adalah pemaparan mengenai perubahan mobil Formula E Gen2 yang digunakan oleh seluruh pebalap pada musim kejuaraan 2018/2019.

Baca Juga :
Fakta Musim Kelima Formula E

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : FIA Formula E | Editor: Andi Wahyudi | 3 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

5 Fakta Baru di TTI

5 Fakta Baru di TTI

CIRCUIT
Safety Car McLaren British GT

Safety Car McLaren British GT

SPORTCAR
Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

CIRCUIT
Mobil Balap Baru Toyota

Mobil Balap Baru Toyota

SPORTCAR

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company