image

KTM Siap Caplok Ducati

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 4 January 2019

SPORTKU.COM

Kabar tentang penjualan merek Ducati oleh induk perusahaan mereka Volkswagen AG terus bergulir.

Heboh tentang Ducati muncul pada tahun 2012 lalu saat dijual ke Audi. Mulai saat itu, Audi menjadi pemilik resmi Ducati. Meski pada dasarnya juga masih berada di bawah kepemilikan Volkswagen Group.

Kini muncul kabar mengejutkan jika ternyata Ducati tengah dalam rencana untuk dijual oleh VW Group. Berita terbaru menyebutkan jika KTM siap untuk menjadi pembeli Ducati. Sebelum KTM, Ducati juga dikabarkan dalam negosiasi Harley-Davidson, Royal-Enfield, Bajaj, Hero Motocorp, dan Suzuki juga katanya tertarik mencaplok.

Bahkan keseriusan KTM untuk membeli merek Ducati juga telah dibeberkan oleh Stefan Pierer yang menjabat sebagai CEO. Pierer telah menyatakan minatnya untuk memiliki perusahaan sepeda motor asal Italia itu. Sejalan dengan keinginannya menjadikan KTM sebagai merek sepeda motor terbesar ketiga di dunia pada tahun 2020, di belakang Honda dan Yamaha.

Dengan penjualan lebih dari 265 ribu unit sepeda motor setiap tahunnya, sekarang KTM telah menjadi salah satu merek yang mempertahankan pertumbuhan. Di pasar AS misalnya, KTM adalah satu-satunya merek yang menunjukkan pertumbuhan penjualan hingga 30%.

Baca Juga
Perusahaan Serat Karbon Rusia Gabung WSBK

Pertumbuhan KTM memang menjadi salah satu rekor terbaik di bawah manajemen Pierer. Lalu apa artinya semua ini bagi Ducati? Tentu saja KTM bisa menjadi rumah bagi Ducati dalam memahami bisnis sepeda motor dan menancapkan strategi barunya dengan merek Austria itu. Juga bisa saling transfer teknologi. Apalagi keduanya sama-sama tampil di Kejuaraan Dunia MotoGP.

"Ducati adalah Ferrari dari industri sepeda motor. Tentu saja, memiliki merek seperti itu di grup kami akan menarik. Ini bukan masalah harga, tetapi tentang topik. Kapan semua orang menyadari situasi mereka sekarang," ungkap Pierer.

Pierer juga merujuk pada peta baru industri sepeda motor yang tidak lagi berpihak pada pasar barat. Tapi sebaliknya, kini pasar telah beralih ke kawasan Asia seperti di India, Cina, dan beberapa negara di Asia Tenggara termasuk negara Indonesia yang menjadi salah satu pasar terbesar sepeda motor di dunia.

Namun hingga kini, rencana penjualan Ducati oleh VW Group masih ditahan oleh Audi. Audi terus berupaya untuk mempertahankan merek Ducati di bawah kendali penuhnya. Sementara itu, penjualan Ducati dikabarkan bisa mendatangkan uang segar untuk grup VW sekitar 1,5 miliar euro atau setara Rp23,8 triliun. Nilai yang sangat tinggi, mengingat, Audi membeli Ducati dengan nilai 860 juta euro, atau setara 13,6 triliun.

Jika KTM beli Ducati, keduanya bisa saling transfer teknologi

ktm-siap-caplok-ducati-12453cb765a1069.jpg

Baca Juga
Stoner Kagumi Sosok Rossi, Sudah Tua Tapi Masih Kompetitif
Doohan: Lorenzo Punya Cara Untuk Kalahkan Marquez

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 4 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Polygon Kampanyekan Safety Cycling

Polygon Kampanyekan Safety Cycling

BUSINESS & TECHNOLOGY
Applecoast Siapkan Wearpack Terbaru

Applecoast Siapkan Wearpack Terbaru

BIKE SHOP
Polygon Dukung Kawasan Bersepeda

Polygon Dukung Kawasan Bersepeda

BUSINESS & TECHNOLOGY
Pendirian Lembaga Pembuat Lintasan

Pendirian Lembaga Pembuat Lintasan

BUSINESS & TECHNOLOGY

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company