image

Apa yang Diharapkan Chelsea dari Christian Pulisic?

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Berbagai Sumber | Editor: Andi Wahyudi | 6 January 2019

SPORTKU.COM

Chelsea suskes merekrut Christian Pulisic. Lantas apa yang mereka harapkan dari winger berkebangsaan Amerika Serikat tersebut?

Borussia Dortmund telah mengonfirmasi bahwa winger andalan mereka, Christian Pulisic resmi bergabung bersama kesebelasan kontestan Liga Primer Inggris, Chelsea.

Dortmund setuju dengan biaya transfer sebesar 64 juta euro atau sekitar Rp1 triliun yang disodorkan Chelsea. Besarnya biaya transfer ini menjadikan pemain berusia Pulisic sebagai pemain termahal ketiga yang pernah direkrut oleh The Blues, bahkan jumlah tersebut dua kali lipat dari biaya transfer yang dikeluarkan Chelsea untuk memboyong Eden Hazard dari Lille seharga 34 juta euro tahun 2012 silam.

Tak hanya itu, Pulisic pun kini tercatat sebagai pesepakbola asal Amerika Serikat termahal sepanjang masa mengalahkan rekor John Brooks yang dibeli oleh Wolfsburg dari Herta Berlin seharga 20 juta euro atau sekitar Rp324 miliar pada tahun 2017 silam.

Meski harga beli yang terbilang mahal, mengingat kontrak Pulisic bersama Dortmund hanya sisa satu tahun setengah lagi, namun tak ada yang mengkritisi Chelsea membeli pemain yang baru berusia 20 tahun tersebut.

Pertama, angka sebesar itu nampaknya sudah menjadi nominal yang wajar dalam bursa transfer saat ini mengingat harga pemain-pemain lain banyak yang lebih besar dari dirinya. Dan yang kedua, Pulisic pantas dihargai sebesar itu.

Alasannya sederhana, Pulisic merupakan pemain hebat. Meski masih belia, ia sudah menjadi andalan bagi Dortmund. Tercatat dirinya sudah tampil sebanyak 115 pertandingan dan mampu mencetak 15 gol sejauh ini.

Selain itu, pemain yang mendapatkan julukan “Messi dari Amerika” itu telah mampu menyumbangkan sembilan gol dari 23 caps bersama Timnas Amerika. Bahkan ia merusak banyak rekor bagi negaranya dengan tercatat sebagai pemain paling muda yang mampu sumbangkan gol bagi Amerika sekaligus sebagai kapten termuda timnas negara super power tersebut.

Mengingat usianya masih muda, bahkan ia tercatat baru menjajal sepakbola profesional di awal tahun 2016 silam, tak heran bila dirinya digadang-gadang menjadi pesepakbola pertama asal Amerika Serikat yang menjadi superstar dunia sejajar dengan pemain macam Neymar, Kylian Mbappe, Antoine Griezmann di masa depan.

Di luar itu semua, ada satu hal yang Chelsea harapkan dari Pulisic. Kehadirannya di Chelsea yang bakal dimulai pada musim 2019/2020 diharapkan bisa memperluas market klub sampai ke Amerika Serikat.

Baca juga
Fakta Reli Dakar 2019

Christian Pulisic (The Liverpool Offside)
christian-pulisic-british-gq--46013ffb1898aca.jpg

Di negara tersebut, sepakbola memang masih dianggap sebagai olahraga yang minoritas. Meski demikian, pertumbuhan cabang olahraga ini menjadi yang semakin cepat melesat ketimbang olahraga lainnya.

Terbukti dengan meningkatnya pamor Major League Soccer (MLS) yang merupakan Liga Utama Amerika Serikat yang kini tumbuh sebagai franchise yang memiliki daya tawar yang luar biasa sehingga mampu menyedot banyak pemain bintang, salah satunya adalah Zlatan Ibrahimovic untuk bermain di kompetisi tersebut.

Saat ini, Pulisic yang menyandang sebagai kapten Timnas Amerika Serikat itu menjadi tumpuan harapan mengingat prestasi negara tersebut belakangan menurun usai gagal tampil di Piala Dunia 2018 silam. Ia diharapkan mampu membawa pamor sepak bola di Amerika Serikat semakin meningkat dan menginspirasi pemain muda lain agar bisa menorehkan prestasi yang sama dengannya.

Adanya Pulisic di klub tersebut akan dimanfaatkan Chelsea untuk bisa menumbuhkan basis penggemar di negara tersebut di mana muara dari itu semua adalah meningkatnya pundi-pundi keuangan klub berbasis Kota London tersebut.

Belakangan Chelsea yang dahulu dikenal sebagai klub yang jor-joran dalam mengeluarkan uang untuk membeli pemain itu kini perlahan mulai mengubah statusnya sebagai klub yang juga mengincar keuntungan.

Di awal Januari 2019 lalu, Chelsea mengumumkan bahwa mereka baru saja meraih rekor pendapatan tertinggi di sepanjang sejarah klub dengan meraih pendapatan sebesar 443,4 juta poundsterling atau sekitar Rp8,1 Triliun.

Namun di luar itu semua, tentunya, Pulisic diharapkan bisa sebagai pengganti sepadan dua winger andalan Chelsea, Willian dan Pedro yang sudah dikategorikan sebagai pemain tua. Kehadiran pemain yang identik dengan nomor punggung 22 itu bisa menjadi pionir peremajaan yang tengah digaungkan oleh klub yang bermarkas di Stamford Brigde tersebut.

Data Fakta:

  • Christian Pulisic (20 tahun) telah membuat banyak rekor, seperti: pemain asing termuda yang mencetak gol di Bundesliga, pemain termuda yang mencetak dua gol dalam satu laga Bundesliga, pencetak gol termuda di timnas senior Amerika Serikat, pencetak gol termuda asal Amerika Serikat di Liga Champions, dan pemenang gelar mayor di Eropa pertama asal Amerika Serikat.

Baca juga
Srikandi Terbaik Dari Negeri Matador

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Berbagai Sumber | Editor: Andi Wahyudi | 6 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company