image

Bidik Olimpiade, Olahraga Pencak Silat Jelajah Arab Saudi

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter | Editor: Dedi Hermawan | 7 January 2019

SPORTKU.COM

Olahraga asli Indonesia, pencak silat, bakal dipertandingkan di Olimpiade 2020, yang berlangsung di Jepang pada Juli mendatang.

Olahraga pencak silat baru-baru ini dipromosikan pada perhelatan Festival Janadriyah ke-33 di Riyadh, Arab Saudi, dan tampil di beberapa pertunjukkan seperti Pencak Silat Saman, Pancak Silat Pagar Nusa dan Pencak Silat Reog Ponorogo.

Penampilan perdana Tim Pencak Silat Reog Ponorogo dan pertunjukan seni budaya lainnya di acara tersebut sukses menghipnotis para pengunjung festival yang sebagian besar datang dari kawasan Timur Tengah. Mereka sungguh terhibur sejak persiapan hingga berakhirnya atraksi tersebut.

Delegasi Tim Pencak Silat Reog difasilitasi oleh BLU Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora, sementara Pencak Silat Pagar Nusa dan Saman difasilitasi oleh Kedeputian Bidang Pembudayaan Olahraga-Kemenpora dan FORMI. Promosi olahraga silat ke masyarakat internasional ini juga menjadi bagian dari upaya agar cabang olahraga tersebut bisa dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020.

Dikutip dari Republika, Plt Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga Kemenpora RI, Sandi Suwardi Hasan mengatakan, "Kami sengaja mempromosikan pencak silat, karena sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa cabang olahraga ini harus dijadikan andalan Indonesia untuk mendongkrak prestasi di Olimpiade."

Baca Juga :
Festival Pencak Silat 2018 Digelar Di London

Ia menambahkan, sebelumnya olahraga pencak silat sudah lebih dulu dipromosikan di Jepang, hal itu bertujuan agar pencak silat dapat dipertandingkan sebagai eskhibisi di ajang olahraga internasional musim panas. "Khusus di Arab Saudi, organisasi pencak silatnya sudah ada, bahkan kita dengar pasukan militer Arab juga dilatih oleh pesilat Indonesia. Tentu ini bisa dikembangkan," lanjutnya.

Sandi yang juga mendampingi Delegasi Tim Pencak Silat Reog Ponorogo, mengungkapkan pencak silat masih perlu dipromosikan dan dibentuk organisasinya di banyak negara agar mendapat dukungan untuk bisa dipertandingkan di Olimpiade. Karena itu, Kemenpora dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) giat berkoordinasi dengan Kementerian Luar agar mendorong pengembangan pencak silat di luar negeri.

"Kemenpora menyiapkan 1.000 pelatih dari IPSI untuk disebar ke berbagai negara. Kemenpora juga merencanakan Kejuaraan Dunia Silat digelar di Belanda. Ada permintaan khusus dari Menteri Pemuda dan Olahraga, bahwa pencak silat di Arab harus bisa lebih kuat," pungkas Sandi yang datang ke KBRI Riyadh bersama Tim LPDUK Kemenpora dan jajaran pejabat Kemenpora lainnya.

Baca Juga :
Indonesia Mendominasi, Pencak Silat Terancam Gagal ke Olimpiade?

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Twitter | Editor: Dedi Hermawan | 7 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company