image Jacques Barron dan Lucas Barron

Penderita Down Syndrome Bikin Sejarah di Rally Dakar 2019

Text : Suhartono | Photo / Video : Marca, The Japan Times | 7 January 2019

uploads/news/2019/01/penderita-down-syndrome-ikutan-24816d796af33e1.jpg

Penderita Down Syndrome Ikutan Dakar

penderita-down-syndrome-bikin-844034b8a08aa06

 

Sambutan hangat datang dari ASO
ASO yang menjadi penyelenggara Rally Dakar pun menyambut hangat kedatangan ayah dan anak tersebut, dalam hal ini Jacques dan Lucas untuk berpartisipasi. Lucas tak hanya hadir sebagai peserta, namun juga membuktikan jika kendala fisik yang bisa mengahalangi siapapun untuk meraih prestasi di tingkat dunia.

"Tanggapan ASO ketika saya mengatakan kepada mereka bahwa co-pilot saya adalah Lucas yang menderita down syndrome, adalah seolah-olah saya mengatakan kepada mereka bahwa co-pilot saya akan menjadi berambut merah dan ini bisa menjadi masalah untuk dijalankan," kata Jacques.

Kemudian pihak ASO memeriksa kondisi Lucas dan menyatakan bahwa dia sehat secara fisik dan rentang perhatiannya cukup. "Bahkan, hambatan terbesar adalah masalah administrasi, karena sebuah badan di Peru yang memberikan izin mengemudi mengtakan keikutsertaan mereka membahayakan. Namun, FIA memberinya lisensi pengawalan khusus sehingga Lucas dapat ikutan Dakar."

Secara fisik, Lucas juga telah mempersiapkan dengan matang dan seksama. Sebelumnya, Lucas telah melakukan banyak olahraga karena memang fisik menjadi salah satu modal penting untuk sukses menaklukkan setiap rintangan Dakar. "Saya berlatih setiap hari, berlari, bermain sepak bola, melakukan wakeboarding dan gym," jelas Lucas.

Menambah kekuatan fisik, Lucas dan sang ayah juga mengendarai quad bike di bukit pasir. "Saya tahu bahaya Dakar waktu saya di sepeda motor. Tapi mari kita pergi dengan mudah, saya tidak pernah merusak kendaraan saya dan kami tahu medan ini dengan baik, kami akan berhati - hati," tuutp Jacques yang ternyata mengidolakan Cyril Despres.

Baca Juga
Lorenzo, Ducati, dan Jejak Buruknya

Text : Suhartono | Photo / Video : Marca, The Japan Times | 7 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company