image

Scuderia Ferrari Copot Maurizio Arrivabene

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : XPB Images | 7 January 2019

SPORTKU.COM

Kabar mengejutkan datang dari Scuderia Ferrari. Kepala tim mereka, Maurizio Arrivabene dikabarkan dicopot dan digantikan orang lain.

Kegagalan Scuderia Ferrari dalam meraih gelar Juara Dunia Formula 1 2018, menjadi momok yang paling menakutkan. Bukan hanya ditahun 2018, tetapi sejarah mencatat sudah lima tahun berturut-turut tim yang berbasis di Maranello, Italia tersebut, harus tunduk dan menyerahkan mahkota tertinggi tersebut kepada rival abadi mereka, Mercedes AMG F1. Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, menjadi 'pencuri' gelar yang mereka persembahkan untuk skuat Silver Arrow.

Meskipun kabar tersebut sempat ditepis oleh pihak Ferrari, namun kabar tersebut rupanya telah bocor dan sumber orang dalam menyebutkan bahwa pergantian Maurizio Arrivabene dengan Mattia Binotto memang terjadi. Terlebih, dalam informasi yang disampaikan, pergantian tersebut telah disetujui oleh Presiden Ferrari, John Elkann. Bahkan, ia menilai bahwa Mattia Binotto merupakan orang yang tepat untuk memimpin Tim Kuda Jingkrak di tahun ini.

Alasan yang dikemukakan oleh sumber tersebut kepada autosport, juga mengatakan bahwa salah satu faktor yang melandasi pencopotan tersebut karena kesalahan yang dilakukan manajemen sehingga mahkota kemenangan di tahun lalu justru menjadi milik Mercedes. Adapun salah satu kesalahan yang disoroti adalah kesalahan penggunaan ban saat kualifikasi Grand Prix Jepang, beberapa waktu lalu.

Baca Juga :
Deretan Rekan Setim Michael Schumacher di F1

 

Rumor lain juga ikut berseliweran dengan mengatakan hubungan antara Maurizio Arrivabene dan Mattia Binotto memang tidak harmonis. Terlebih untuk pengambilan kesepakatan tentang arah dan pendekatan tim. Namun, pria kelahiran Brescia tersebut sempat menepis kabar mengenai renggangnya hubungan di antara mereka. "Rumor tentang (hubungan saya retak dengan) Mattia adalah berita palsu, (itu) dibuat untuk menciptakan ketidakstabilan dalam tim," ujar Arrivabene seperti dilansir autosport.

Sementara itu, mengenai pengganti siapa yang akan menduduki jabatan Chief Technical Officer setelah pengangkatan Mattia Binotto sebagai kepala tim masih belum jelas. Begitu pun dengan Maurizio Arrivabene, posisi apa yang akan diembannya setelah dicopot sebagai kepala tim juga masih belum dikabarkan secara resmi.

Mattia Binotto sendiri pertama kali bergabung bersama Scuderia Ferrari sejak tahun 1995, di mana pertama kali ia menjabat sebagai test engine engineer dan kemudian melakukan peran yang sama untuk tim balap dari tahun 1997 - 2003. Setelah itu, ia menjabat sebagai race engineer dan chief engineer, dia menjadi kepala mesin dan KERS untuk tahun 2009. Kemudian, di tahun 2014 ia menggantikan posisi James Allison yang hijrah ke Mercedes AMG F1 untuk duduk di kursi Chief Operating Officer.

Baca Juga :
Kembali ke Formula 1 Bukan Perkara Mudah Bagi Robert Kubica

 

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : XPB Images | 7 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company