image

Lewis Hamilton Berulang Tahun ke-34, Ini Catatan Prestasinya

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Mercedes AMG F1 | Editor: Andi Wahyudi | 8 January 2019

SPORTKU.COM

Lewis Hamilton baru saja merayakan ulang tahun yang ke-34. Apa saja prestasi yang sudah pernah diraihnya selama balapan di F1?

Pebalap F1 pertama yang berkulit gelap itu lahir di Stevenage, Inggris pada 7 Januari 1985. Warna hitam di tubuhnya merupakan warisan dari sang Ayah Anthony Hamilton yang menikahi seorang wanita bernama Carmen Brenda Larbalestier. Kedua orang tua Hamilton kemudian berpisah ketika usianya masih dua tahun, dan membuat Hamilton harus tinggal bersama Ibu dan kedua saudara tirinya.

Kendati jauh dari Anthony, tapi Hamilton justru pertama kali diperkenalkan ke dunia balap oleh sang Ayah saat umurnya delapan tahun. Anthony memiliki peran yang sangat besar dan penting dalam karier balapnya. Sejak masih berprofesi pada ajang gokart, Anthony selalu berada di samping Hamilton. "Saya masih berusaha keras untuk membalas jasa ayah. Uang tak akan mampu membalasnya," ujar Hamilton.

Pada tahun 2007, dia memutuskan untuk tinggal di Swiss, dan melakoni debutnya di ajang F1 pada Grand Prix Australia bersama Fernando Alonso di tim McLaren. Kala itu, Hamilton berhasil finish di urutan keempat babak kualifikasi, dan mendapati podium pertamanya di peringkat ketiga pada balapan yang sebenarnya.

Masih di musim yang sama, pada GP Kanada Hamilton meraih pole position dan kemenangan pertamanya di F1. Setahun berikutnya Hamilton mengklaim juara dunia perdana di akhir putaran pada kejuaraan Brasil. Kemenangan ini diperoleh melalui adegan dramatis karena dia hanya unggul satu poin atas rival terdekatnya Felipe Massa.

Hamilton ketika itu juga mencetak rekor pebalap termuda yang berhasil meraih gelar juara dunia F1, serta pebalap berkulit hitam pertama yang meraih titel bergengsi tersebut, dan ia juga menjadi pebalap Inggris yang memenangkan kejuaraan dunia pertama sejak dibukukan sebelumnya oleh Damon Hill pada tahun 1996.

Baca Juga :
Duo Ferrari Dampingi Verstappen di Podium, Hamilton Juara Umum!

Kini, Hamilton telah sukses meraih titel juara dunia kelimanya di musim 2018, dan menyaingi Juan Manuel Fangio. Hamilton pun bercita-cita ingin menyamai rekor legenda F1 Michael Schumacher dengan tujuh gelar juara dunia.

"Saya masih ingin meraih sesuatu, masih banyak yang menjadi target saya di depan," kata Hamilton. "Michael (Schumacher) masih yang terbaik dalam jumlah kemenangan yang diraihnya, jadi dia tetaplah yang terbaik sampai saat ini. "Sementara (Juan Manuel) Fangio menurut saya adalah seorang godfather dalam sudut pandang pebalap," tambahnya.

Selain itu, pada akhir musim 2018 Hamilton juga tercatat sebagai satu-satunya pebalap F1 yang meraih poin tertinggi selama balapan satu musim, yakni 408 poin. Sebelumnya, rekor tertinggi sempat diklaim oleh pebalap Ferrari Sebastian Vettel pada tahun 2013 yang meraih total poin sebanyak 397.

Data Fakta Lewis Hamilton:

Lahir : Inggris, 7 Januari 1985
Balapan pertama : GP Australia 2007
Balapan terakhir : GP Abu Dhabi 2018
Podium pertama : 3, GP Australia 2007
Pole Position pertama : GP Kanada 2007
Menang pertama : GP Kanada 2007
Juara Dunia pertama : 2008
Penghargaan : Pebalap termuda yang meraih gelar juara dunia F1 pada tahun 2008, ketika usianya menginjak 23 tahun.
Tim Balap F1 : McLaren (2007-2012), Mercedes AMG Petronas (2013-sekarang)
Total Grand Prix : 229 kali
Rekan Setim : Fernando Alonso (2007), Heikki Kovalainen (2008-2009), Jenson Button (2010-2012), Nico Rosberg (2013-2016), Valtteri Bottas (2017-2019)
Total Kemenangan : 73 kali
Total Pole Position : 83 kali
Lap Tercepat : 41 kali
Total Podium : 134 kali
Gagal Finis : 26 kali
Juara Dunia F1 : 5 kali (2008, 2014, 2015, 2017, 2018)
Total Poin : 3.018

Baca Juga :
Ross Brawn Puji Gaya Membalap Lewis Hamilton

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Mercedes AMG F1 | Editor: Andi Wahyudi | 8 January 2019

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

5 Fakta Baru di TTI

5 Fakta Baru di TTI

CIRCUIT
Safety Car McLaren British GT

Safety Car McLaren British GT

SPORTCAR
Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

Bridgestone Tetap Eksis di Motorsport

CIRCUIT
Mobil Balap Baru Toyota

Mobil Balap Baru Toyota

SPORTCAR

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company